Buku ini membahas hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan penelitian pendidikan. Mengawali pembahasan penelitian pendidikan sesuai dengan judul buku, pada bagian pendahuluan diuraikan tentang sejarah munculnya berpikir dengan menggunakan metode ilmiah (Scientific method), sebagai titik tolak munculnya penelitian ilmiah (research), dilanjutkan dengan uraian tentang jenis-jenis penelitian pendidikan baik penelitian dasar (pure research), penelitian terapan (applied research); penelitian kuantitatif dan kualitatif (Quantitative and qualitative research) disertai contoh penerapannya dalam bidang pendidikan dan metode penelitian campuran (Mix method), beserta model-modelnya yang merupakan metode penelitian pendidikan yang cenderung saat ini banyak digunakan oleh para peneliti dalam bidang pendidikan. Sebagai bukti bahwa begitu banyak dan kompleksnya penelitian ilmiah yang dapat dilakukan dalam bidang pendidikan, pada bagian awal pembahasan buku ini pun diuraikan tentang area atau wilayah bidang pendidikan yang dapat dikaji melalui penelitian ilmiah. Buku persembahan Prenada Media Group.
Buku ini mengupas tuntas pekerjaan seorang guru. Yang dimulai dari paradigma mengajar yang sesuai dengan abad ke-21, cara mengajar yang sesuai dengan perkembangan zaman, mengevaluasi dan menilai hasil belajar dan karya siswa.Ê --- Penerbit Kencana Prenadamedia Group
Buku ini memaparkan secara komprehensif Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mulai berlaku seiring terbitnya Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005. Bagian Pertama, menjelaskan latar pengembangan kurikulum itu sendiri. Dimulai dari dasar, landasan, desain, proses, dan prinsip serta m,odel pengembangan kurikulum. Bagian Kedua, merupakan substansi inti pembahasan, yaitu: Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebagai model manajemen kurikulum yang berlaku di Indonesia dewasa ini. Pada Bagian Ketiga, pembahasan bertumpu pada hakikat pembelajaran, yang kemudian ditutup dengan uraian tentang inovasi pendidikan di Bagian Keempat.--- Penerbit Kencana Prenadamedia Group
Misalkan untuk kehidupan yang akan datang, penggunaan komputer dan
Internet akan menjadi salah satu kebutuhan, maka dengan demikian bagaimana
cara memanfaatkan komputer dan bagaimana cara mendapatkan informasi dari
Internet sudah harus diperkenalkan kepada siswa. Demikian juga dengan
kemampuan berbahasa. Pada masa yang akan datang ketika pasar bebas
seperti persetujuan APEC mulai berlaku, maka masyarakat akan dihadapkan
kepada persaingan ...
Buku ini menghadirkan pemaparan komprehensif perencanaan baik ditinjau dari model-modelnya maupun pengembangan tiap komponen. Pada bagian awal pembahasan difokuskan kepada tentang konsep yang berkaitan dengan perencanaan dan desain pembelajaran termasuk model Desain Sistem Instruksional berorientasi Pencapaian Kompetensi (DSIPK) untuk mendukung keberhasilan KTSP. Pada bagian selanjutnya, pembahasan berpusat pada pengembangan berbagai komponen perencanaan dan desain dari mulai pengembangan analisis kebutuhan, tujuan dan kompetensi, materi dan pengalaman belajar, pengembangan media sampai pengembangan akar evaluasi pembelajaran (termasuk catatan ujian akhir nasional). --- Penerbit Kencana Prenadamedia Group
Materi pelajaran dalam kurikulum ini tidak hanya untuk dihafal dan dipahami,
akan tetapi digunakan untuk mencapai kemampuan itu. Oleh karena itulah,
seperti yang telah dikemukakan di atas, dalam proses pengembangan kurikulum
ini ...