Sebanyak 563 item atau buku ditemukan

Bimbingan Dan Konseling Klasikal Dan Kelompok

Buku “Bimbingan dan Konseling Klasikal dan Kelompok” ini menyajikan panduan komprehensif dalam memahami, merencanakan, merancang, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan melaporkan strategi layanan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, dan konseling kelompok di sekolah. Berbasis pendekatan ilmiah dan praktik berbukti, buku ini menguraikan konsep, strategi, serta keterampilan praktis yang diperlukan untuk mendukung perkembangan pribadi, sosial-emosional, akademik, dan karier siswa. Ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, buku ini menjadi referensi penting bagi guru BK, konselor sekolah, mahasiswa, dan praktisi pendidikan yang ingin mengoptimalkan layanan bimbingan dan konseling di lingkungan pendidikan.

Buku “Bimbingan dan Konseling Klasikal dan Kelompok” ini menyajikan panduan komprehensif dalam memahami, merencanakan, merancang, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan melaporkan strategi layanan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, ...

Konseling Kelompok

Buku ini bisa menjadi jembatan bagi mereka yang ingin mengetahui tentang kenseling kelompok. pembahasan dimulai dengan pengertian kelompok, termasuk keuntungan dan kekurangan yang bisa ditimbulkan dari kelompok. Setelah itu di paparkan apa yang dimaksud dengan konseling kelompok, mengapa metode ini bisa menjadi cara yang akfektif untuk banyak kasus dan masalah, bagaimana karakteristik klien dan seluruh rankaian tersebut akan di tutup dengan pembahasan tentang teori yang menjadi landasan konseling kelompok konseling untuk mereka yang menderita HIV/AIDS --- Buku persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia)

Setelah itu di paparkan apa yang dimaksud dengan konseling kelompok, mengapa metode ini bisa menjadi cara yang akfektif untuk banyak kasus dan masalah, bagaimana karakteristik klien dan seluruh rankaian tersebut akan di tutup dengan ...

DINAMIKA KELOMPOK Teori dan Implementasi dalam Bimbingan dan Konseling

Buku Dinamika Kelompok Teori dan Implementasi dalam Bimbingan dan Konseling ini mengenalkan tentang konsep dasar dari dinamika kelompok serta penerapannya dalam bimbingan dan konseling. Buku ini dikemas dalam bentuk yang komunikatif sehingga mudah dipahami dan diaplikasikan oleh pembaca. Dengan membaca buku ini, pembaca akan memiliki wawasan dan menguasai teori dan implikasi dinamika kelompok dalam bimbingan dan konseling. Penulis memberikan lembar kerja dan langkah – langkah strategis dalam implementasinya. Dimilikinya pemahaman yang komprehensif akan membantu pembaca ketika merancang dan mengimplementasikan kegiatan dalam setting kelompok sehingga mendukung perkembangan individu dalam berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, buku ini sesuai sebagai buku rujukan bagi mahasiswa maupun guru bimbingan dan konseling.

Buku Dinamika Kelompok Teori dan Implementasi dalam Bimbingan dan Konseling ini mengenalkan tentang konsep dasar dari dinamika kelompok serta penerapannya dalam bimbingan dan konseling.

MENGENAL BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM INSTITUSI PENDIDIKAN

Seperti kita ketahui Pendidikan pada saat ini dihadapkan pada berbagai permasalahan, akibatnya harapan masyarakat akan pendidikan yang berkualitas dan menghasilkan putra-putri yang cerdas dan berkarakter masih belum dapat dipenuhi oleh penyelenggara pendidikan. Program pemberian layanan bantuan kepada peserta didik merupakan upaya membantu siswa untuk mencapai perkembangannya secara optimal, melalui interaksi yang sehat dengan lingkungannya. Hal inilah yang menjadi sangat urgen tugas bimbingan konseling yang menjadi tanggung jawab bimbingan dan konselor bahkan juga guru dalam pelaksanaan bimbingan konseling.

Seperti kita ketahui Pendidikan pada saat ini dihadapkan pada berbagai permasalahan, akibatnya harapan masyarakat akan pendidikan yang berkualitas dan menghasilkan putra-putri yang cerdas dan berkarakter masih belum dapat dipenuhi oleh ...

Psikologi Konseling

Konseling merupakan bantuan profesional yang diampu konselor. Para siswa di sekolah sering mengalami problem-problem emosi yang mengganggu proses belajarnya, sehingga mereka mengalami kesulitan untuk meraih prestasi yang diidamkan. Bila siswa memperoleh pelayanan konseling yang memadai, mereka akan mampu mengatasi problem-problemnya, sehingga bisa berkembang ke arah aktualisasi diri, menjadi individu-individu yang produktif dalam mengukir masa depannya. Buku ini dihadirkan sebagai referensi para konselor sekolah (Guru Bimbingan dan Konseling) SMP, SMA, MA, SMK dan yang sederajat di Tanah Air, dalam upaya meningkatkan kompetensinya di bidang konseling. Di samping itu, buku ini juga sangat berguna sebagai bahan bacaan para akademisi dan para mahasiswa jurusan/program studi Bimbingan dan Konseling di perguruan tinggi. Kajian di dalam buku ini, menguraikan konsep dasar psikologi konseling, konsep dasar konseling, karakteristik dan kompetensi konselor profesional, karakteristik dan masalah konseli, kondisi psikologi yang menunjang proses konseling, teori-teori psikologi dalam konseling, dan teknologi dalam konseling. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

Kajian di dalam buku ini, menguraikan konsep dasar psikologi konseling, konsep dasar konseling, karakteristik dan kompetensi konselor profesional, karakteristik dan masalah konseli, kondisi psikologi yang menunjang proses konseling, teori ...

Handbook Metodologi Studi Islam

Buku yang berjudul Hand Book Metodologi Studi Islam ini adalah sebuah buku MataKuliah Metodologi Studi Islam yang mencoba mengurai berbagai sudut pandang dalam mempelajari dan memahami agama Islam. Buku ini dapat dijadikan sebagai rujukan primer oleh para mahasiswa di berbagai Perguruan Tinggi Islam (STAIN, IAIN, UIN), sebab buku ini akan secara elastis menjadi rujukan terhadap berbagai isu seputar agama Islam dan perkembangannya yang akan menghantarkan para pembaca untuk mengenal Islam yang rahmatan lil ‘alamin secara lebih mendalam. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMediaGroup

Buku yang berjudul Hand Book Metodologi Studi Islam ini adalah sebuah buku MataKuliah Metodologi Studi Islam yang mencoba mengurai berbagai sudut pandang dalam mempelajari dan memahami agama Islam.

Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Sebagian besar para ahli pendidikan sepakat, bahwa metodologi pembelajaran memegang peranan yang sangat strategis dalam mendukung keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan. Di kalangan para pelajar pondok pesantren (santri) misalnya terkenal ungkapan: al-thariqah ahammu min al-maaddah (metode pembelajaran adalah lebih utama dari materi). Ketersediaan sarana prasarana pendidikan dan lainnya yang serba lengkap, misalnya akan kurang ada artinya jika guru yang mengajar di dalam kelas tidak menguasai metodologi pembelajaran yang baik. Seiring dengan kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi digital, khususnya teknologi informasi (information technology), dalam berbagai bentuknya, seperti internet Facebook, Instagram, YouTube, dan lainnya menyebabkan berbagai informasi dari berbagai sumber dapat dengan mudah diakses. Demikian pula tuntutan masyarakat yang semakin ingin diperlukan secara demokratis dan semakin berkembangnya berbagai temuan para ahli dalam bidang psikologi berpengaruh besar terhadap perkembangan model pembelajaran; model pembelajaran yang semula banyak berpusat pada guru (teacher centered) misalnya kini bergeser menjadi berpusat pada peserta didik (student centered). Perkembangan hal tersebut selanjutnya berpengaruh pula pada perkembangan dalam metodologi pembelajaran. Perkembangan dalam metodologi pembelajaran tersebut menjadi sangat menarik dan perlu dikuasai oleh tenaga pendidik baik pada tataran teori maupun praktik. Namun demikian, mengingat berbagai teori metodologi pembelajaran tersebut berasal daripada ahli yang memiliki budaya dan motivasi yang berbeda-beda, maka perlu diadaptasikan lebih dahulu dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan Hadis sehingga menjadi lebih sesuai ketika berbagai metode pembelajaran tersebut akan diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Buku yang saat ini berada di tangan para pembaca yang budiman akan berupaya membantu Anda memahami perkembangan berbagai macam metodologi pembelajaran yang didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam, serta contoh penerapannya dalam pembelajaran pendidikan wgama Islam. Untuk itu penulis mengajak kepada para pendidik untuk terus mengembangkan, menguasai metodologi pembelajaran sehingga pendidikan agama Islam akan lebih menarik minat peserta didik khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Selamat membaca, semoga membawa berkah. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia

Namun demikian, mengingat berbagai teori metodologi pembelajaran tersebut berasal daripada ahli yang memiliki budaya dan motivasi yang berbeda-beda, maka perlu diadaptasikan lebih dahulu dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat di ...

METODOLOGI STUDI ISLAM RAGAM PENDEKATAN DAN DASAR-DASAR PENELITIAN

Studi Islam (Islamic Studies/Dirasat Islamiyyah) menjadi disiplin ilmu yang digandrungi tidak hanya oleh peneliti muslim dan akademisi timur, namun juga para ilmuwan barat. Tidak lain karena ilmu ini terus berkembang dan selalu urgen untuk merespon isu-isu kontemporer. Kemampuan menjadi mata bidik untuk setiap permasalahan global ditentukan oleh metode studi Islam sendiri yang terus akomodatif terhadap perkembangan riset-riset terkini. Metode studi Islam bukan teknik yang stagnan, namun dinamis karena memadukan dimensi normatif dan historis, doktrin keislaman dan sains mutakhir. Buku ini merangkum sejumlah pendekatan yang lazim digunakan dalam studi Islam ditambah dengan pendekatan-pendekatan komtemporer. Kehadiran buku ini layak untuk menjadi pegangan penelitian studi Islam.

Studi Islam (Islamic Studies/Dirasat Islamiyyah) menjadi disiplin ilmu yang digandrungi tidak hanya oleh peneliti muslim dan akademisi timur, namun juga para ilmuwan barat.

METODOLOGI STUDI ISLAM

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan. Aspek-aspek sasaran studi Islam yaitu aspek keagamaan dan aspek keilmuwan. Dari sisi pengertian studi islam secara sederhana adalah usaha mendasar dan sistematis untuk mengetahui, memahami dan membahas secara mendalam seluk beluk yang berhubungan dengan agama Islam, baik ajaran maupun praktek pelaksanaannya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari sepanjang sejarah.

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan.