Sebanyak 83 item atau buku ditemukan

Bimbingan Dan Konseling Klasikal Dan Kelompok

Buku “Bimbingan dan Konseling Klasikal dan Kelompok” ini menyajikan panduan komprehensif dalam memahami, merencanakan, merancang, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan melaporkan strategi layanan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, dan konseling kelompok di sekolah. Berbasis pendekatan ilmiah dan praktik berbukti, buku ini menguraikan konsep, strategi, serta keterampilan praktis yang diperlukan untuk mendukung perkembangan pribadi, sosial-emosional, akademik, dan karier siswa. Ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, buku ini menjadi referensi penting bagi guru BK, konselor sekolah, mahasiswa, dan praktisi pendidikan yang ingin mengoptimalkan layanan bimbingan dan konseling di lingkungan pendidikan.

Buku “Bimbingan dan Konseling Klasikal dan Kelompok” ini menyajikan panduan komprehensif dalam memahami, merencanakan, merancang, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan melaporkan strategi layanan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, ...

DINAMIKA KELOMPOK Teori dan Implementasi dalam Bimbingan dan Konseling

Buku Dinamika Kelompok Teori dan Implementasi dalam Bimbingan dan Konseling ini mengenalkan tentang konsep dasar dari dinamika kelompok serta penerapannya dalam bimbingan dan konseling. Buku ini dikemas dalam bentuk yang komunikatif sehingga mudah dipahami dan diaplikasikan oleh pembaca. Dengan membaca buku ini, pembaca akan memiliki wawasan dan menguasai teori dan implikasi dinamika kelompok dalam bimbingan dan konseling. Penulis memberikan lembar kerja dan langkah – langkah strategis dalam implementasinya. Dimilikinya pemahaman yang komprehensif akan membantu pembaca ketika merancang dan mengimplementasikan kegiatan dalam setting kelompok sehingga mendukung perkembangan individu dalam berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, buku ini sesuai sebagai buku rujukan bagi mahasiswa maupun guru bimbingan dan konseling.

Buku Dinamika Kelompok Teori dan Implementasi dalam Bimbingan dan Konseling ini mengenalkan tentang konsep dasar dari dinamika kelompok serta penerapannya dalam bimbingan dan konseling.

PROFESI GURU ADALAH MISI HIDUP

Judul : PROFESI GURU ADALAH MISI HIDUP Penulis : Margarita D. I. Ottu, S.Pd.,M.Pd.K Phidolija Tamonob, S.Pd,M.Pd.K Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 168 Halaman No ISBN : 978-623-5687-31-5 “Hiduplah dalam sebuah pengabdian sebagai suatu misi hidup”. Profesi merupakan tugas yang diberikan dan diterima dalam rangka hidup di tengah-tengah masyarakat majemuk. Profesi menuntut pendidikan dan ketrampilan yang amat tinggi serta spesialisasi yang tajam, dituntut tanggungjawab dan komitmen. Guru bukanlah sekedar pekerjaan tetapi sebuah profesi mulia dan lebih dari sebuah pengabdian. Menjadi seorang guru, haruslah memiliki jiwa pengabdian, sikap-sikap yang baik harus dikembangkan karena sesungguhnya citra guru memiliki kesan sebagai satu profesi yang luhur. Tantangan guru professional untuk menghadapi abad 21 tersebut dapat dibedakan menjadi tantangan yang bersifat internal dan eksternal. Tantangan internal adalah tantangan yang dihadapi oleh masyarakat dan bangsa Indonesia, diantaranya penguatan nilai kesatuan dan pembinaan moral bangsa, pengembangan nilai-nilai demokrasi, pelaksanaan otonomi daerah, dan fenomena rendahnya mutu pendidikan. Sementara tantangan eksternal adalah tantangan guru professional dalam menghadapi abad 21 dan sebagai bagian dari masyarakat dunia di era global. Menjadi guru adalah sebuah panggilan menjadi seorang pemimpin untuk melayani dan memahami setiap penugasan istimewa. Cintailah profesi sebagai guru dan milikilah misi hidup yang terimplikasi dalam peran seorang guru sesungguhnya serta maknailah profesi guru sebagai suatu misi hidup.

Judul : PROFESI GURU ADALAH MISI HIDUP Penulis : Margarita D. I. Ottu, S.Pd.,M.Pd.K Phidolija Tamonob, S.Pd,M.Pd.K Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 168 Halaman No ISBN : 978-623-5687-31-5 “Hiduplah dalam sebuah pengabdian sebagai suatu misi ...

Profesi Keguruan

Menjadi Guru yang Religius dan Bermartabat

Profesi keguruan merupakan suatu kegiatan yang menunjukkan dan menjunjung tinggi prinsip dan asas-asas keprofesionalitasan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam mendidik dan mengajar peserta didik. Guru yang profesional merupakan produk dan hasil dari suatu pendidikan profesi guru dengan mengandalkan kualitas keilmuan yang tinggi, moralitas yang agung, serta ditunjang berbagai kapabilitas yang tidak diragukan lagi efektivitas dan efisiensinya dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran. Begitu pula sebutan guru profesional berlaku dalam seluruh aktivitas kehidupannya baik di sekolah maupun di luar sekolah seperti lingkungan dan masyarakat. Namun untuk menjadi guru yang profesional tidaklah mudah karena memerlukan pendidikan khusus yaitu pendidikan profesi guru dan proses yang berkelanjutan. Hadirnya buku ini merupakan dalam rangka membantu merealisasikan guru profesional di negeri ini. Isi buku ini seluruhnya berkaitan dan sesuai dengan kebutuhan guru profesional dan pemerhati pendidikan. Dimulai dari pembahasan tentang pemahaman arti profesi dan guru secara mendalam, kompetensi guru, hard skill dan soft skill guru, perencanaan pembelajaran, kode etik profesi guru, supervisi pendidikan, dan program sertifikasi profesi guru yang kesemuannya itu telah disesuaikan dengan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Juga ditambahkan berbagai konsep pendidikan Islam sehingga buku ini mencoba untuk menggabungkan pendidikan secara umum dengan pendidikan Islam. Ini karena guru profesional adalah guru yang memiliki intelektualitas yang bermutu, bermoral religius, dan memiliki kapabilitas (multi talented) dalam proses pendidikan. Buku ini merupakan buku rujukan utama mata kuliah Profesi Keguruan bagi mahasiswa, namun buku ini juga sangat sesuai dan berguna bagi para pendidik atau guru, pemerhati dan praktisi pendidikan, semua civitas akademika, dan bagi siapa pun yang peduli pada peningkatan kualitas pendidikan.

Profesi keguruan merupakan suatu kegiatan yang menunjukkan dan menjunjung tinggi prinsip dan asas-asas keprofesionalitasan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam mendidik dan mengajar peserta didik.

Pendekatan Studi Islam

Buku ini merupakan kajian singkat tentang studi Islam dan berbagai pendekatan-pendekatan dalam pengkajiannya. Pendekatan pengkajian tersebut meliputi pendekatan filsafat, tasawuf, hukum, antropologi, sosiologi, psikologi, sains, sejarah, ekonomi, dan pendidikan. Buku ini hadir untuk memberikan provokasi bagi para pembaca bagaimana menjadikan teori-teori dan pendekatan studi Islam tersebut dapat digunakan untuk mengkaji Islam secara utuh, tidak setengah-setengah, dan tidak hanya bersifat doktrinalnormatif. Dengan demikian, diharapkan Islam mampu merespons dan menjawab berbagai macam tantangan zaman dengan tetap berpegang teguh pada Al-Qur’an dan sunnah Nabi Muhammad saw.

Buku ini hadir untuk memberikan provokasi bagi para pembaca bagaimana menjadikan teori-teori dan pendekatan studi Islam tersebut dapat digunakan untuk mengkaji Islam secara utuh, tidak setengah-setengah, dan tidak hanya bersifat ...

METODOLOGI STUDI ISLAM

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan. Aspek-aspek sasaran studi Islam yaitu aspek keagamaan dan aspek keilmuwan. Dari sisi pengertian studi islam secara sederhana adalah usaha mendasar dan sistematis untuk mengetahui, memahami dan membahas secara mendalam seluk beluk yang berhubungan dengan agama Islam, baik ajaran maupun praktek pelaksanaannya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari sepanjang sejarah.

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan.

BUKU AJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PANDUAN KULIAH DI PERGURUAN TINGGI

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan buku ajar yang berjudul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini dapat diselesaikan dengan baik. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak yang mengharapkan adanya buku ajar ini sebagai panduan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Buku yang tengah ada dihadapan pembaca saat ini adalah kumpulan materi-materi ajar, baik itu mata kuliah Pancasila maupun mata kuliah Kewarganegaraan. Disusunnya bahan ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini diharapkan dapat menjadi opsi referensi bagi para dosen/pendidik dan mahasiswa dan civitas academica yang ada di Universitas Sembilanbelas November Kolaka pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Tak lupa pula penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Akhirnya, harapan penulis sejak lama dapat terwujud dengan hadirnya buku ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini sebagai panduan perkuliahan mata kuliah PPKn. Sebagaimana penyusunan buku ajar yang lain, penulis menyadari bahwa buku ini belumlah sempurna baik dari materi dan susunannya. Dengan lapang dada dan kerendahan hati, penyusun bersedia untuk diberi saran dan kritik yang bersifat membangun guna memperbaiki buku ini agar lebih baik lagi.

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan buku ajar yang berjudul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini dapat diselesaikan dengan baik.

Pengantar Ekonomi Mikro

Ekonomi dalam kajian keilmuan dapat dikelompokkan ke dalam ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ekonomi mikro mempelajari bagaimana perilaku tiaptiap individu dalam setiap unit ekonomi, yang dapat berperan sebagai konsumen, pekerja, investor, pemiliki tanah, ataupun perilaku dari sebuah industri. Ekonomi mikro menjelaskan how dan why sebuah pengambilan keputusan dalam tiap unit ekonomi. Contohnya, ekonomi mikro menjelaskan bagaimana seorang konsumen membuat keputusan dan pemilihan terhadap suatu produk ketika ada perubahan pada harga atau pendapatan. Ekonomi mikro juga dapat menjelaskan perilaku industri dalam menentukan jumlah tenaga kerja, kuantitas, dan harga yang terbaik. Permasalahan ekonomi mikro konvensional didasarkan pada perilaku individu-individu yang secara nyata terjadi di setiap unit ekonomi. Karena tidak adanya batasan syariah yang digunakan, maka perilaku dari setiap individu dalam unit ekonomi tersebut akan bertindak dan berperilaku sesuai dengan norma dan aturan menurut persepsinya masing-masing. Oleh karena itu, ekonomi mikro konvensional memandang bahwa memasukkan tatanan norma tertentu dalam pembahasan perilaku dalam memenuhi kebutuhan ekonominya menjadi tidak relevan. Dalam keperluan itulah, buku Pengantar Ekonomi Mikro ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan. Buku ini juga untuk memberikan pencerahan kepada para pendidik, peserta didik, pelaku pendidikan, pengelola lembaga pendidikan dan masyarakat pada umumnya, dalam rangka menciptakan generasi emas yang memiliki ilmu pengetahuan serta wawasan yang luas.

Dalam keperluan itulah, buku Pengantar Ekonomi Mikro ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan.