Sebanyak 58 item atau buku ditemukan

Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam

Buku ini berawal dari paper yang penulis siapkan untuk memberi matakuliah filsafat ilmu, filsafat Islam dan filsafat pendidikan Islam, serta isu-isu kontemporer dalam pendidikan Islam di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dan Pascasarjana UIN Walisongo Semarang. Penulis sangat berterima kasih kepada Bapak Rektor UIN Walisongo Semarang atas dukungan dana untuk penulisan bahan ajar matakuliahÊ filsafat pendidikan Islam, dan juga dukungan dana untuk melakukan post doctoral research di Marmara University Istanbul Turki, dan Nagoya University Jepang, sehingga penulis dapat memperoleh buku-buku referensi yang relevan dengan bidang kajian filsafat pendidikan Islam, sehingga buku ini bisa terwujud dalam format yang lebih sistematis dan isi yang lebih berbobot dan memiliki sudut pandang yang berbeda dengan bukubuku filsafat pendidikan Islam yang sudah ada. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Fafsafah Pendidikan Islam (Falsafatut Tarbiyah al–Islamiyah). Alih bahasa
Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang. Osman Bakar. 1997. Herarki Ilmu,
Membangun Rangka Pikir Islamisasi Ilmu Menurut al-Farabi, al-Ghazali, Quth al-
Din ...

Filsafat Pendidikan Islam

Konteks Kajian Kekinian

Akhir-akhir ini muncul berbagai persoalan pendidikan yang diakibatkan dari hasil pendidikan itu sendiri yang tidak sesuai dengan harapan. Sehingga mengakibatkan banyaknya penyimpangan yang ditimbulkan. Dan semakin hari semakin meningkat setiap kasus yang terjadi. Apakah ini tanda bahwa pendidikan di Indonesia tidak berhasil? Mengapa hal ini bisa terjadi? Dan dimana letak kesalahannya? Tentunya tidak bisa meletakkan suatu kesalahan kepada sepihak saja, apalagi sampai menuduh siapa yang bersalah. Sangatlah sulit untuk mencari siapa yang bersalah, dan apa penyebabnya. Ibaratnya rantai makanan, pada dasarnya semua terlibat di dalamnya karena saling keterkaitan. Dari berbagai alternatif yang muncul akhirnya terdapat kesepakatan, yaitu diperlukannya pembahasan “Filsafat Pendidikan Islam” bagi mahasiswa perguruan tinggi, khususnya bagi mahasiswa Fakultas Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam atau jurusan yang sepadan dengan itu. Filsafat pendidikan menjadi bagian penting dalam proses pendidikan. Apabila pendidikan dapat dilaksanakan sesuai dengan nilai-nilai filosofis pendidikan, sehingga peserta didik dalam mengikuti pembelajaran tidak hanya mendapatkan ilmu pada kulitnya saja, akan tetapi dapat mengkaji secara mendalam sampai kepada akarnya. Dengan kata lain, orang belajar tidak hanya mendapatkan atau sampai pada tataran ilmu yang bersifat kognitif belaka, akan tetapi sampai kepada tataran afektif (rasa) dan tataran behavioristik (tingkah laku). Buku ini menjelaskan secara lengkap mengenai Filsafat Pendidikan Islam, baik secara ontologis, epistemologis, hingga aksiologisnya yang dibahas secara komprehensif dengan kajian kekinian dan dikaitkan dengan konteks kebangsaan di Indonesia.

Buku ini menjelaskan secara lengkap mengenai Filsafat Pendidikan Islam, baik secara ontologis, epistemologis, hingga aksiologisnya yang dibahas secara komprehensif dengan kajian kekinian dan dikaitkan dengan konteks kebangsaan di Indonesia.

TEORI DAN FILSAFAT PENDIDIKAN

Sebagai ilmu terapan, ilmu pendidikan membangun eksistensinya dengan memanfaatkan teori dan pandangan dari berbagai disiplin ilmu murni, seperti psikologi, sosiologi, dan antropologi. Pada masa penjajahan Belanda di negeri ini misalnya, Langeveld, seorang berbangsa Belanda, yang diklaim oleh berbagai pihak sebagai tokoh pendidikan, adalah seorang psikolog. Ia menulis buku teori pendidikan dengan judul Beknopte Theoretische Pedagogik. Buku ini terbit tahun 1944, dan amat luas digunakan pada masanya. Bila ditelusuri jauh ke belakang, pada awalnya, filsafat sebagai ibunya ilmu menjadi sumber utama teori dan pandangan tentang pendidikan. Para filosof Yunani kuno, seperti Socrates, Plato, dan Aristoteles, juga adalah pemikir-pemikir pendidikkan. Bahkan belakangan ini, sedang popular metode pembelajaran yang disebut metode Socrates. Dalam literatur-literatur pendidikan, hampir selalu muncul tiga teori utama, yakni teori empirisme, teori nativisme, dan teori konvergensi. Tiga teori ini masing-masing merupakan hasil kajian tiga filosof, sekaligus psikolog, bahkan ada yang berlatar belakang pendidikan dokter. John Locke sebagai pencetus teori empirisme misalnya, diposisikan sebagai filosof dan pendidik oleh berbagai pihak, karena ia berfilsafat dan mengemukakan sejumlah teori pendidikan. Namun ia pun mengenyam dan menyelesaikan pendidikan kedokteran

... makro, terdapat aturan yang mengikat, yang harus ditaati dalam
penyelenggaraan pendidikan di tataran mikro; c. dalam konteks pendidikan
nasional, ikatan pada tataran makro tersebut berupa undang-undang sistem
pendidikan nasional, ...

Filsafat Pendidikan Akhlak

Kenapa harus menamakan buku ini “filsafat”, karena isinya lebih dominan berupa essay-essay filsafat. Kenapa tidak menamakannya akhlak bukan karakater, karena istilah akhlak lebih umum yang mencakup etika, moral, adab, dan juga karakter. Selain itu, kata akhlak adalah khas nomenklatur Islam. Filsafat Pendidikan Akhlak dalam buku ini berupaya berteori secara filosofis tentang pendidikan akhlak. Buku ini juga tetap memperhatikan teori-teori terapan karena pendidikan akhlak haruslah bersifat aplikatif. Salah satu bab dari buku ini lebih banyak membahas tentang ilmu pendidikan akhlak. Walaupun buku Filsafat Pendidikan Akhlak, tidak berarti absen membahas Ilmu Pendidikan Akhlak. Ketika Ilmu Pendidikan Akhlak dikemukakan, tujuannya untuk membantu memahami Filsafat Pendidikan Akhlak.

Yang terkenal adalah tilmîdz, thâlib, dan al-muta`allim. Ilmu dalam Ensiklopedia
Alquran: Kajian Kosakata disebutkan beberapa definisi. Pertama menurut Ibn
Faris menyebut “bekas sesuatu yang dengannya dapat dibedakan sesuatu
dengan ...

Filsafat pendidikan Islam

pendekatan historis, teoritis dan praktis

Filsafat pendidikan Islam

paradigma baru pendidikan hadhari berbasis integratif-interkonektif

  • ISBN 13 : 9789797693305
  • ISBN 10 : 9797693309
  • Judul : Filsafat pendidikan Islam
  • Sub Judul : paradigma baru pendidikan hadhari berbasis integratif-interkonektif
  • Pengarang : Abd Rachman Assegaf,   Abdur Rahman Assegaf,  
  • Klasifikasi : 2x7.137
  • Call Number : 2x7.137 ABD f
  • Bahasa : id
  • Tahun : 2011
  • Halaman : 370
  • Halaman : 370
  • Google Book : http://books.google.co.id/books?id=CHs4twAACAAJ&dq=intitle:filsafat+pendidikan+islam&hl=&source=gbs_api
  • Ketersediaan :
    2022-40970-0013
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2022-40970-0012
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2022-40970-0011
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33810-0010
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33810-0009
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33810-0008
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33810-0007
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33810-0006
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33810-0005
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33810-0004
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33810-0003
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33810-0002
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33810-0001
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi