Manajemen Komunikasi Massa ini mengkaji secara teoretis berbagai proses yang melingkupi media massa. Dari bahasan ini diharapkan kepada mahasiswa dan para politik tidak saja secara lebih cerdas mengklarifikasi dan memahami keberadaan media massa di tengah masyarakat, tetapi juga mengkritisnya. Perkembangan media cetak ditandai dengan muncul media cetak jarak jauh, sedangkan media elektronik antar lain ditandai dengan adanya produksi hight definition televion video yang mampu menyuguhkan gambar-gambar yang sangat tajam sesuai aslinya. Disamping itu revolusi layar monitor telah melahirkan televisi berlayar datar, tipis dan dapat dipajang di diding. Pada komunikasi massa yang paling sederhana dikemukakan oleh Bittner, yakni komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah orang. (Mass communication is messages communicated through a mass medium to a large number of people).
Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
2020-39092-0001
Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
Acara yang ditayangkan berbagai media TV swasta yang ada mudah dicerna
dan tidak sulit untuk ditiru Keberagaman informasi baik berita maupun acara
hiburan menjadi "makanan pokok" yang membuat sebagian pemirsa televisi ...
Media memiliki kekuatan gaib karena kemampuannya membuat seseorang
melihat dan mengetahui tempat-tempat yang belum pernah dikunjunginya serta
mengenal orang-orang yang belum pernah ditemuinya. Sekalipun pengaruh
gaib media mulai berkurang, namun media tetap mampu - r membantu masyarakat negara sedang berkembang mengenal kehidupan masyarakat lain
sehingga mereka memperoleh pandangan baru dalam hidupnya. Media memiliki
kekuatan ...
Komunikasi Massa bersifat terbuka artinya komunikasi massa itu ditunjukkan untuk semua orang dan tidak ditunjukkan sekelompok orang tertentu.Oleh karena itu komunikasi massa bersifat umum. Pesan komunikasi massa dapat berupa Fakta, Peristiwa, atau Opini. Kelebihan komunikasi massa dibandingkan dengan komunikasi lainnya, adalah jumlah sasaran khalayak atau komunikan yang dicapainya relative banyak dan tidak terbatas, bahkan lebih dari itu, komunikan yang banyak tersebut secara serempak pada waktu yang bersamaan memperoleh pesan yang sama.
Dr. Khomsahrial Romli, M.Si. pengaruh yang disampaikan melalui media. Masyarakat sebenarnya mendapat pengaruh besar bukan karena melihat media
sebagai alat untuk menyampaikan pesan komunikasi. Masyarakat terpengaruh
oleh para pemuka pendapat yang telah mendapatkan pesan dari komunikator
melalui media massa yang digunakan. Karena proses inilah, Lazarfeld
menyebutnya dengan istilah “two step flow ofcommunication model” (model
komunikasi dua tahap).
Anatol Rapoport, Kenneth Boulding) jg memperkembangkan ilmu jang berasal
dari matematik dan ekonomi ini, memperkenalkan konsep komunikasi didlm
pengertian konflik. Di Illinois. Charles Osgood1 memperkenalkan
Pyschologuistics ...