Sebanyak 40 item atau buku ditemukan

DINAMIKA KELOMPOK Teori dan Implementasi dalam Bimbingan dan Konseling

Buku Dinamika Kelompok Teori dan Implementasi dalam Bimbingan dan Konseling ini mengenalkan tentang konsep dasar dari dinamika kelompok serta penerapannya dalam bimbingan dan konseling. Buku ini dikemas dalam bentuk yang komunikatif sehingga mudah dipahami dan diaplikasikan oleh pembaca. Dengan membaca buku ini, pembaca akan memiliki wawasan dan menguasai teori dan implikasi dinamika kelompok dalam bimbingan dan konseling. Penulis memberikan lembar kerja dan langkah – langkah strategis dalam implementasinya. Dimilikinya pemahaman yang komprehensif akan membantu pembaca ketika merancang dan mengimplementasikan kegiatan dalam setting kelompok sehingga mendukung perkembangan individu dalam berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, buku ini sesuai sebagai buku rujukan bagi mahasiswa maupun guru bimbingan dan konseling.

Buku Dinamika Kelompok Teori dan Implementasi dalam Bimbingan dan Konseling ini mengenalkan tentang konsep dasar dari dinamika kelompok serta penerapannya dalam bimbingan dan konseling.

TTS BIMBINGAN KONSELING KELAS IX

Buku Teka-Teki Silang (TTS) pembelajaran ini berisi materi Bimbingan Konseling kelas IX tingkat SMP/MTs selama satu tahun atau 2 semester, bertujuan untuk mengasah kompetensi pengetahuan dan keterampilan dalam kedisiplinan, mematuhi tata tertib, pergaulan sehat, sopan santun, norma, mematuhi tata tertib berlalu lintas, dan membuka wawasan kemana setelah SMP. Buku ini berisi latihan soal-soal yang disajikan dalam bentuk Teka Teki Silang yang berbeda dengan buku latihan soal-soal biasanya. Buku TTS pembelajaran ini sangat menarik, sehingga akan memotivasi siswa untuk belajar lebih semangat, lebih giat, lebih menyenangkan dan lebih menantang, sebab soal-soal disajikan dalam bentuk teka-teki yang jawabannya harus diisikan sesuai dengan jumlah kotak-kotak yang tersedia.

Buku Teka-Teki Silang (TTS) pembelajaran ini berisi materi Bimbingan Konseling kelas IX tingkat SMP/MTs selama satu tahun atau 2 semester, bertujuan untuk mengasah kompetensi pengetahuan dan keterampilan dalam kedisiplinan, mematuhi tata ...

PEDOMAN PRAKTIKUM PRAKTIK BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI SOSIAL

Praktik Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling dan merupakan prasyarat bagi pemrograman mata kuliah PPL BK Mikro. Mata kuliah Praktik Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial merupakan kegiatan pemberian pengalaman latihan terstruktur kepada mahasiswa tentang cara memberikan layanan Bimbingan dan Konseling bidang Pribadi-Sosial kepada konseli. Kegiatan praktikum dilakukan di ruang laboratorium program studi Bimbingan dan Konseling. Praktik Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial sebagai kegiatan praktik mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling dimulai dengan memberikan latihan terstruktur kepada mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan menyusun instrumen need assessment. Hasil analisis data dari instrumen need assessment yang telah diperoleh dari responden digunakan sebagai dasar latihan terstruktur penyusunan Program Semester Layanan Bimbingan dan Konseling. Selanjutnya mahasiswa melakukan latihan terstruktur menyusun rencana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (RPL BK) untuk layanan bimbingan dan konseling bidang pribadi dan sosial. Berdasarkan RPL BK yang telah disusun akan digunakan sebagai dasar melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan menerapkan berbagai jenis layanan yang ada, misalnya layanan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling kelompok, konseling individu dan sebagainya

Praktik Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling dan merupakan prasyarat bagi pemrograman mata kuliah PPL BK Mikro.

Psikologi Islami Teori Dan Penelitian

Buku ini merupakan revisi dan pengembangan dari skripsi yang berjudul "Suatu Tinjauan Pemikiran An-Nabhani Tentang Kepribadian", yang telah di sahkan pada bulan Mei 2007 di Fakultas Psikologi UNISBA. Tujuan penulisan tersebut untuk mendeskripsikan pemikiran Taqiyuddin An-Nabhani tentang kepribadian, dalam upaya menempatkannya sebagai kajian ilmiah di psikologi Islami. Yaitu, menetapkan proposisi-proposisi berkaitan dengan perilaku manusia. Rancangan penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan menggunakan strategi penelitian studi perpustakaan. Meskipun demikian, dalam buku ini sudah ditambahkan penelitian psikologi Islami yang menggunakan konsepsi-konsepsi dari Taqiyuddin An-Nabhani. Taqiyuddin An-Nabhani merupakan seorang ulama dan pemikir muslim yang hidup dalam rentang waktu 1914 M - 1977 M. Pemikirannya bersifat orisinil yang merujuk pada al-Quran dan al-Hadits, memiliki uraian tentang hakekat / konsep manusia yang unik, menjelaskan perilaku manusia secara umum, menjelaskan perilaku spesifik manusia pada basis kultur dimana manusia itu hidup, menjelaskan perilaku manusia yang berdimensi vertikal (ketuhanan), hampir seluruh konsepsi-konsepsi yang digunakan dalam menjelaskan perilaku manusia memiliki definisi / penjelasan, serta sudah diterapkan di lebih dari 40 negara dan berhasil mencetak kepribadian Islam pada individu-individu, yaitu terbentuknya 'aqliyyah Islam dan nafsiyyah Islam. Buku ini diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk pengembangan psikologi Islami dan menjadi masukan bagi (kemungkinan) pengembangan kurikulum psikologi berbasis Islam.

Buku ini merupakan revisi dan pengembangan dari skripsi yang berjudul "Suatu Tinjauan Pemikiran An-Nabhani Tentang Kepribadian", yang telah di sahkan pada bulan Mei 2007 di Fakultas Psikologi UNISBA.

Senarai Penelitian Pendidikan, Hukum, dan Ekonomi di Sulawesi Tenggara

Buku ini disusun dalam kerangka peningkatan kualitas akademik mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi di IAIN Kendari. Tidak hanya sebagai pengisi waktu, buku ini diharapkan dapat lebih bermakna. Makna dalam konteks tradisi literasi bangsa yang disinyalir menempati urutan bawah dunia. Literasi atau keberaksaraan mengacu pada aktivitas membaca dan menulis. Membaca, ibarat rantai produksi adalah penyediaan bahan baku, sedangkan menulis merupakan hasil dari rangkaian produksi tersebut. Dalam konteks yang lebih besar, hasil ini akan bersinergi dari produk-produk literasi lain baik yang dihasilkan oleh penulis yang sama maupun penulis yang berbeda. Sebagai bagian dari masyarakat literasi, mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi IAIN Kendari wajib memantaskan diri untuk turut serta berperan dalam dinamikanya. Untuk itu, terhitung sejak September 2017, IAIN Kendari berinisiasi menyelenggarakan program Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Fakta. Luaran program ini adalah karya tulis ilmiah yang dapat dipresentasikan dalam seminar-seminar ilmiah baik seminar nasional maupun konferensi internasional dan dapat diterbitkan dalam media publikasi seperti buku yang berada di tangan pembaca. Dalam buku ini termuat judul karya tulis ilmiah yang membahas beragam permasalahan dari sudut pandang yang berbeda-beda. Perbedaan sudut pandang ini dapat dipahami karena perbedaan latar belakang program studi yang dijalankan. Ada yang berasal dari ilmu pendidikan, hukum dan ada pula yang berasal dari ekonomi, bisnis, serta perbankan syariah. Untuk itulah, Keberagaman yang terangkum dalam satu terbitan diharapkan memperkaya bacaan mahasiswa sehingga akan terbuka pula cakrawala pandang keilmiahannya.

Tidak hanya sebagai pengisi waktu, buku ini diharapkan dapat lebih bermakna. Makna dalam konteks tradisi literasi bangsa yang disinyalir menempati urutan bawah dunia. Literasi atau keberaksaraan mengacu pada aktivitas membaca dan menulis.