Sebanyak 187 item atau buku ditemukan

Bimbingan Dan Konseling Klasikal Dan Kelompok

Buku “Bimbingan dan Konseling Klasikal dan Kelompok” ini menyajikan panduan komprehensif dalam memahami, merencanakan, merancang, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan melaporkan strategi layanan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, dan konseling kelompok di sekolah. Berbasis pendekatan ilmiah dan praktik berbukti, buku ini menguraikan konsep, strategi, serta keterampilan praktis yang diperlukan untuk mendukung perkembangan pribadi, sosial-emosional, akademik, dan karier siswa. Ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, buku ini menjadi referensi penting bagi guru BK, konselor sekolah, mahasiswa, dan praktisi pendidikan yang ingin mengoptimalkan layanan bimbingan dan konseling di lingkungan pendidikan.

Buku “Bimbingan dan Konseling Klasikal dan Kelompok” ini menyajikan panduan komprehensif dalam memahami, merencanakan, merancang, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan melaporkan strategi layanan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, ...

Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Sebagian besar para ahli pendidikan sepakat, bahwa metodologi pembelajaran memegang peranan yang sangat strategis dalam mendukung keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan. Di kalangan para pelajar pondok pesantren (santri) misalnya terkenal ungkapan: al-thariqah ahammu min al-maaddah (metode pembelajaran adalah lebih utama dari materi). Ketersediaan sarana prasarana pendidikan dan lainnya yang serba lengkap, misalnya akan kurang ada artinya jika guru yang mengajar di dalam kelas tidak menguasai metodologi pembelajaran yang baik. Seiring dengan kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi digital, khususnya teknologi informasi (information technology), dalam berbagai bentuknya, seperti internet Facebook, Instagram, YouTube, dan lainnya menyebabkan berbagai informasi dari berbagai sumber dapat dengan mudah diakses. Demikian pula tuntutan masyarakat yang semakin ingin diperlukan secara demokratis dan semakin berkembangnya berbagai temuan para ahli dalam bidang psikologi berpengaruh besar terhadap perkembangan model pembelajaran; model pembelajaran yang semula banyak berpusat pada guru (teacher centered) misalnya kini bergeser menjadi berpusat pada peserta didik (student centered). Perkembangan hal tersebut selanjutnya berpengaruh pula pada perkembangan dalam metodologi pembelajaran. Perkembangan dalam metodologi pembelajaran tersebut menjadi sangat menarik dan perlu dikuasai oleh tenaga pendidik baik pada tataran teori maupun praktik. Namun demikian, mengingat berbagai teori metodologi pembelajaran tersebut berasal daripada ahli yang memiliki budaya dan motivasi yang berbeda-beda, maka perlu diadaptasikan lebih dahulu dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan Hadis sehingga menjadi lebih sesuai ketika berbagai metode pembelajaran tersebut akan diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Buku yang saat ini berada di tangan para pembaca yang budiman akan berupaya membantu Anda memahami perkembangan berbagai macam metodologi pembelajaran yang didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam, serta contoh penerapannya dalam pembelajaran pendidikan wgama Islam. Untuk itu penulis mengajak kepada para pendidik untuk terus mengembangkan, menguasai metodologi pembelajaran sehingga pendidikan agama Islam akan lebih menarik minat peserta didik khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Selamat membaca, semoga membawa berkah. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia

Namun demikian, mengingat berbagai teori metodologi pembelajaran tersebut berasal daripada ahli yang memiliki budaya dan motivasi yang berbeda-beda, maka perlu diadaptasikan lebih dahulu dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat di ...

METODOLOGI STUDI ISLAM RAGAM PENDEKATAN DAN DASAR-DASAR PENELITIAN

Studi Islam (Islamic Studies/Dirasat Islamiyyah) menjadi disiplin ilmu yang digandrungi tidak hanya oleh peneliti muslim dan akademisi timur, namun juga para ilmuwan barat. Tidak lain karena ilmu ini terus berkembang dan selalu urgen untuk merespon isu-isu kontemporer. Kemampuan menjadi mata bidik untuk setiap permasalahan global ditentukan oleh metode studi Islam sendiri yang terus akomodatif terhadap perkembangan riset-riset terkini. Metode studi Islam bukan teknik yang stagnan, namun dinamis karena memadukan dimensi normatif dan historis, doktrin keislaman dan sains mutakhir. Buku ini merangkum sejumlah pendekatan yang lazim digunakan dalam studi Islam ditambah dengan pendekatan-pendekatan komtemporer. Kehadiran buku ini layak untuk menjadi pegangan penelitian studi Islam.

Studi Islam (Islamic Studies/Dirasat Islamiyyah) menjadi disiplin ilmu yang digandrungi tidak hanya oleh peneliti muslim dan akademisi timur, namun juga para ilmuwan barat.

Harapan Rasional Ekonomi Makro

Buku ini pada hakikatnya mengemukakan perdebatan antara beberapa pemikir ekonomi makro dengan mengangkat materi hasil-hasil penelitian dalam jangkauan beberapa negara maju dan negara berkembang di dunia. Temuan hasil-hasil penelitian yang diperdebatkan adalah dalam sajian model. Antara satu dengan yang lainnya saling mengkoreksi, tetapi dalam ranah menuju suatu penyempurnaan. Semuanya mengarahkan pikirannya tentang harapan rasional.

Buku ini pada hakikatnya mengemukakan perdebatan antara beberapa pemikir ekonomi makro dengan mengangkat materi hasil-hasil penelitian dalam jangkauan beberapa negara maju dan negara berkembang di dunia.

Digital Mindset

Menyiapkan Generasi Muda Indonesia Menghadapi Disrupsi Teknologi

Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis

Buku ini membahas hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan penelitian pendidikan. Mengawali pembahasan penelitian pendidikan sesuai dengan judul buku, pada bagian pendahuluan diuraikan tentang sejarah munculnya berpikir dengan menggunakan metode ilmiah (Scientific method), sebagai titik tolak munculnya penelitian ilmiah (research), dilanjutkan dengan uraian tentang jenis-jenis penelitian pendidikan baik penelitian dasar (pure research), penelitian terapan (applied research); penelitian kuantitatif dan kualitatif (Quantitative and qualitative research) disertai contoh penerapannya dalam bidang pendidikan dan metode penelitian campuran (Mix method), beserta model-modelnya yang merupakan metode penelitian pendidikan yang cenderung saat ini banyak digunakan oleh para peneliti dalam bidang pendidikan. Sebagai bukti bahwa begitu banyak dan kompleksnya penelitian ilmiah yang dapat dilakukan dalam bidang pendidikan, pada bagian awal pembahasan buku ini pun diuraikan tentang area atau wilayah bidang pendidikan yang dapat dikaji melalui penelitian ilmiah. Buku persembahan Prenada Media Group.

Buku ini membahas hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan penelitian pendidikan.

MODEL ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE PADA PENGELOLAAN WAKAF UANG BERBASIS WIRAUSAHA

Buku yang berjudul “Model Islamic Corporate Governance pada Pengelola Wakaf Uang Berbasis Wirausaha” ini hadir sebagai bentuk keterpanggilan dalam mengamalkan firman Allah SWT yang disebut di atas dan didedikasikan untuk perkembangan dan kemajuan praktik wakaf tunai khususnya bagi perekonomian negara Indonesia. Dengan meleburnya pemikiran-pemikiran dari para penulis dalam buku ini ke dalam diskusi para pembaca di masyarakat, kami berharap iklim wakaf tunai semakin tumbuh berkembang luas sehingga dapat berkontribusi dalam pembangunan ekonomi mikro, kecil, dan menengah bagi bangsa Indonesia ini.

Buku yang berjudul “Model Islamic Corporate Governance pada Pengelola Wakaf Uang Berbasis Wirausaha” ini hadir sebagai bentuk keterpanggilan dalam mengamalkan firman Allah SWT yang disebut di atas dan didedikasikan untuk perkembangan ...

Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data

Buku ini merupakan buku seri ke 3 yang diterbitkan oleh Magister Sains dan Doktor FEB UGM setelah buku yang pertama berjudul Filosofi dan Metodologi Penelitian, dan buku kedua yang berjudul Strategi Penelitian Bisnis. Ketiga buku ini ditulis berdasarkan konsep bawang penelitian (research onion) yang memberikan rerangka bagaimana melakukan penelitian. Menurut konsep bawang penelitian, konsep paling umum yang mendasari semua penelitan adalah fi losofi nya. Filosofi penelitian adalah fi losofi yang digunakan untuk membangun ilmu pengetahuan lewat suatu penelitian. Peneliti harus menentukan fi losofi penelitian yang akan dianutnya, seperti misalnya positivisma, post positivisma, interpretivisma, realisma, pragmatisma, empirisma, idealisma, postmodernisma dan lainnya. Buku pertama yang sudah diterbitkan membahas mengenai fi losofi -fi losofi penelitian ini. Setelah peneliti menentukan fi losofi penelitian sebagai alirannya, tahap berikutnya adalah menentukan strategi penelitiannya. Strategi-strategi penelitian dapat dikelompokkan dalam penelitian kuantitatif (misalnya survei baik survei manual maupun survei internet, studi kasus kuantitatif, eksperimen, analisis sitasi bibliometrik) dan kualitatif (misalnya studi kasus kualitatif, grounded theory, etnografi ). Buku seri ke 2 membahas mengenai strategi-strategi penelitian ini. Setelah strategi penelitian ditentukan, peneliti selanjutnya dapat mengumpulkan data dan menganalisisnya. Untuk ini, peneliti perlu memilih metoda pengumpulan data dan teknik analisis data yang paling sesuai. Buku ketiga ini memfokuskan pada pembahasan ini.

Untuk ini, peneliti perlu memilih metoda pengumpulan data dan teknik analisis data yang paling sesuai. Buku ketiga ini memfokuskan pada pembahasan ini.

Analisis Data Penelitian Menggunakan Software STATA

Buku ini disusun untuk membantu para peneliti pemula, termasuk mahasiswa sarjana dan magister yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya. Buku ini dikhususkan untuk membahas bagaimana cara menggunakan software Stata dalam melakukan analisis data penelitian, khususnya di bidang sosial dan bisnis. Buku ini diawali dengan diskusi mengenai definisi dan pengenalan pada berbagai macam data dalam penelitian, istilah yang sering digunakan dalam analisis data, dan pengantar mengenai software Stata. Susunan pembahasan selanjutnya dari buku ini mengikuti alur analisis data penelitian seperti dalam artikel-artikel di jurnal, yaitu persiapan data, penyajian statistik deskriptif, dan statistik inferensial untuk pengujian hipotesis. Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi menu dan command untuk mengoperasikan software Stata serta contoh dataset yang dapat digunakan pembaca untuk berlatih.

Buku ini dikhususkan untuk membahas bagaimana cara menggunakan software Stata dalam melakukan analisis data penelitian, khususnya di bidang sosial dan bisnis.

Metode Penelitian Hukum: Normatif dan Empiris

Pada umumnya mahasiswa akhir ini kesulitan dalam menyelesaikan skripsi maupun tesis. Meskipun sebelumnya mereka telah menerima mata kuliah Metode Penulisan dan Penelitian Hukum. Pada matakuliah tersebut sebenarnya diajarkan secara terperinci tentang menyusun skripsi atau tesis. Akan tetapi, jeda materi kuliah dengan penyusunan skripsi dan tesis relatif jauh (biasanya ada yang sampai satu tahun), maka mahasiswa “lupa”terhadap cara penyusunan skripsi atau tesis.Untuk itu, buku ini hadir sebagai salah satu upaya mempermudah mahasiswa dalam menyusun skripsi atau tesis. Buku ini memang dibuat sesederhana mungkin dengan menghindari bahasa-bahasa penelitianyang dipersepsikan sulit. Sehingga buku ini bisa dianggap buku ilmiah populer. Harapan penulis, semoga kehadiran buku Metode Penelitian Hukum: Normatif dan Empiris ini menjadi bahan ajar yang dapat membantu mahasiswa menyelesaikan tugas akhirnya. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMedia

Sehingga buku ini bisa dianggap buku ilmiah populer. Harapan penulis, semoga kehadiran buku Metode Penelitian Hukum: Normatif dan Empiris ini menjadi bahan ajar yang dapat membantu mahasiswa menyelesaikan tugas akhirnya.