Sebanyak 7 item atau buku ditemukan

Model Pembelajaran Bahasa Arab

  • ISBN 13 : 9786022802464
  • Judul : Model Pembelajaran Bahasa Arab
  • Pengarang : Ismail Suardi Wekke,  
  • Kategori : Arabic langauge
  • Penerbit : Deepublish
  • Klasifikasi : 492. 7
  • Call Number : 492. 7 ISM m
  • Bahasa : Indonesia
  • Penaklikan : xiv + 360 Hlm ,; 23 cm
  • Tahun : 2014
  • Halaman : 360
  • Ketersediaan :
    2022-41027-0008
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2022-41027-0007
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2022-41027-0006
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2020-38631-0005
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2020-38631-0004
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2020-38631-0003
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2020-38631-0002
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2020-38631-0001
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Bahasa Arab Bahasa Al-quran

Memahami Al-quran Berdasarkan Kaidah Bahasa Arab dan Kaidah Tafsir

Strategi dan Teknik Penulisan Skripsi

Penerbitan ini menjadi dimulai sebagai program yang dicanangkan oleh Pusat Penjaminan Mutu, untuk mendorong peningkatan standar mutu penulisan skripsi mahasiswa. Pada tahap awal, dimaksudkan untuk keseragaman penulisan, tetapi pada tahap berikutnya setelah penggunaan selama setahun pedoman ini, mahasiswa dituntut untuk meningkatkan mutu karya skripsi. Mutu yang diinginkan dalam bentuk kaedah-kaedah penulisan yang menjadi standar akademik. Dengan standar tersebut, maka karya mahasiswa dapat sejajar dengan perguruan tinggi alam skala nasional dan juga dalam wilayah pendidikan tinggi internasional. Karya ilmiah dalam konteks perguruan tinggi bukan lagi kewajiban tetapi merupakan kebutuhan. Ini bermakna bahwa tanpa aktivitas ilmiah yang salah satu dalam bentuk penelitian, maka perguruan tinggi semata-mata hanya akan menjadi menara gading di tengah masyarakat. Padahal, semestinya lembaga pendidikan tinggi, harus menjadi pionir dalam pengembangan kapasitas masyarakat melalui penelitian yang dapat memberikan sumbangsih pemikiran kepada para praktisi.

Kata-kata yang berasal dari bahasa daerah atau asing penulisannya dalam
huruf Latin mengikuti buku petunjuk Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia
yang Disempurnakan. Apabila dalam buku tersebut belum diatur penulisannya,
maka kata-kata dimaksud ditulis menurut ejaan aslinya dengan transliterasi yang
telah dibakukan kemudian dimiringkan atau italic (ketikan komputer). Cara
tersebut juga berlaku untuk penulisan kata-kata yang berasal dari bahasa Arab,
terkecuali ...

Kepemimpinan Transformatif Pendidikan Islam: Gontor, Kemodernan, dan Pembelajaran Bahasa

Gontor menjadi salah satu nama yang menjadi lambang dikenalnya Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Justru nama lokasi pondok lah yang kemudian mayshur dibandingkan nama resminya sendiri. Sebagai pelopor pendidikan Islam modern di Indonesia, Gontor memiliki tempat spesial bagi dunia pesantren. Pola yang dikembangkan dalam proses pendidikan Gontor menginspirasi lembaga pendidikan lain dalam melakukan percontohan. Pendidikan Islam modern yang dikenal saat ini dalam khazanah Indonesia tidak lepas dari Gontor yang memulai istilah dan model awal dan justru kini berkembang, serta menjadi suatu corak tersendiri bagi madrasah Indonesia. Baik pengembangan yang berlangsung secara kelembagaan dari Gontor sendiri, maupun jaringan alumni yang mendirikan pesantren dengan mengadopsi model Gontor dalam manajemen pesantren. Sampai saat ini, Gontor sudah menjangkau sampai ke wilayah Aceh, dan jaringan pesantren alumni tersebar sampai ke timur Indonesia.

Pesantren bagi pendidikan nasional, Indonesia, menjadi pilar pengembangan
pendidikan. Dimana sebagian besar ... Dengan posri yang besar tersebut,
madrasah menjadi penyangga bagi kelangsungan pendidikan nasional
sehingga berlangsung sampai saat ini. Tidak saja di pusat-pusat ... Terima kasih
kami haturkan kepada segenap warga Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (
STAIN) Sorong, baik kepada pimpinan STAIN Sorong yang saat ini dijabat DR.
Hamzah, vii M.Ag., ...

Teknik Menulis Karya Ilmiah: Dengan 8 Senjata Aplikasi Pendukung Produktivitas Riset

Buku ini ditulis untuk menjadi bahan bacaan dalam mengelola produktivitas ilmiah. Selama ini, pengelolaan publikasi ilmiah diantaranya bermasalah karena kurangnya pemanfaatan alat yang bisa mendukung untuk menuliskan laporan penelitian dan publikasi ilmiah. Sehingga buku “how to” yang ada di tangan pembaca saat ini merupakan bagian untuk mengurangi keterbatasan tersebut. Memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk digunakan sehingga membantu penyelesaian penulisan karya ilmiah. Apalagi, fasilitas yang tersedia hampir seluruhnya dengan layanan premium yang tidak berbayar. Betapa produktifitas ilmiah kita sebagai bangsa tidaklah signifikan dengan jumlah demografi kependudukan kita. Potensi besar yang mencapai 200 juta-an ternyata belum dapat dikelola menjadi angka yang menyumbang pada kemajuan ilmu pengetahuan. Salah satu hambatan selama ini karena research output dikelola secara manual. Harapan kami, dengan buku ini justru akan menjawab permasalahan yang ada selama ini. Dengan demikian, ilmuwan Indonesia dapat memacu diri untuk turut mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui karya ilmiah di jurnal-jurnal yang bereputasi. Sebuah artikel secara khusus kami tulisankan di bagian awal untuk menjadi referensi sehingga memungkinkan penggunaan instrument yang dikemukakan di bagian berikutnya dapat dimaksimalkan.

Ketentuan bahasa Inggris bukanlah ukuran satu-satunya. Jurnal internasional
dapat saja ditulis menggunakan bahasa Persatuan Bangsabangsa lainnya
seperti bahasa Arab dan bahasa Rusia. Sementara itu, masyarakat ilmuwan
Indonesia bukanlah penutur bahasa Inggris. Sehingga kemungkinan untuk salah
selalu saja terbuka. Dengan demikian sebagai pemakai bahasa asing, perlu
melakukan konsultasi dengan pakar bahasa sehingga kualitas kebahasaan
artikel yang sudah ...

Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah

Walaupun Bahasa Arab salah satu bagian utama dari tradisi dunia Islam, namun tetap saja kesulitan demi kesulitan dalam belajar Bahasa Arab senantiasa mengemuka. Begitu juga dengan pesan-pesan ayat Al-Quran senantiasa yang memberikan isyarat bagaimana Bahasa Arab menjadi sebuah alat yang paralel dengan keberadaan Al-Quran itu sendiri. Inovasi pembelajaran seiring dengan kesulitan itu juga tumbuh untuk menjawab tantangan problematika tersebut. Namun semua itu belum mendapatkan hasil yang diharapkan. Ganjalan pertama, pembelajaran Bahasa Arab senantiasa dipandang sebagai bagian dari belajar agama semata-mata. Sehingga ketika belahar Bahasa Arab, angapan yang muncul adalah itu belajar agama. Buku ini menjadi bukti, bahwa dengan kerjasama dengan kesatuan tujuan akan ada hasil yang diharapkan. Sebuah mitos selalu menjadi bagian dari kehidupan kita di Indonesia bahwa "kerja tim sebuah hal yang susah". Mitos itu kemudian tidak menjadi momok dan penghalang dalam mengelola semua potensi kelas yang ada. Di tangan kita, buku ini menjadi bagian dari usaha untuk memberikan sumbangsih dengan adanya kerjasama maka selalu dapat mewujudkan capaian sesuai dengan tujuan bersama.

Belajar bahasa asing di madrasah akan berkaitan dengan program pengajaran
yang berlangsung secara formal. ... Berbicara merupakan awal dari kemampuan
berbahasa sehingga untuk mengajar menulis, merupakan keterampilan yang ...

MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Buku “Pembelajaran Bahasa Arab” adalah sebuah pengantar dalam memahami proses belajar-mengajar bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab sebagai bagian dari aktivitas untuk lebih memahami tentang keislaman. Untuk itu, memahami bahasa Arab merupakan awal dari pemahaman ajaran Islam itu sendiri. Tidaklah akan sempurna keislaman seorang muslim tanpa pemahaman bahasa Arab. Pada titik inilah kemudian pembelajaran bahasa Arab menjadi sebuah keperluan untuk dilaksanakan.

Fakultas Agama Islam Universitas Indonesia Timur, Makassar dan Akademi
Pariwisata Fajar. Musim Panas 2003 mendapatkan ... Selama menjalani
pendidikan, mendapatkan kesempatan untuk menjadi visiting student di National
University of Singapore (2007), dan Waseda University, Jepang (2008). Dalam
rentan waktu tersebut itu ... Universitas Hasanuddin. Selanjutnya Juli sampai
Desember 2010 memulai aktivitas sebagai dosen kontrak di Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri ...