Walaupun Bahasa Arab salah satu bagian utama dari tradisi dunia Islam, namun tetap saja kesulitan demi kesulitan dalam belajar Bahasa Arab senantiasa mengemuka. Begitu juga dengan pesan-pesan ayat Al-Quran senantiasa yang memberikan isyarat bagaimana Bahasa Arab menjadi sebuah alat yang paralel dengan keberadaan Al-Quran itu sendiri. Inovasi pembelajaran seiring dengan kesulitan itu juga tumbuh untuk menjawab tantangan problematika tersebut. Namun semua itu belum mendapatkan hasil yang diharapkan. Ganjalan pertama, pembelajaran Bahasa Arab senantiasa dipandang sebagai bagian dari belajar agama semata-mata. Sehingga ketika belahar Bahasa Arab, angapan yang muncul adalah itu belajar agama. Buku ini menjadi bukti, bahwa dengan kerjasama dengan kesatuan tujuan akan ada hasil yang diharapkan. Sebuah mitos selalu menjadi bagian dari kehidupan kita di Indonesia bahwa "kerja tim sebuah hal yang susah". Mitos itu kemudian tidak menjadi momok dan penghalang dalam mengelola semua potensi kelas yang ada. Di tangan kita, buku ini menjadi bagian dari usaha untuk memberikan sumbangsih dengan adanya kerjasama maka selalu dapat mewujudkan capaian sesuai dengan tujuan bersama.
Belajar bahasa asing di madrasah akan berkaitan dengan program pengajaran
yang berlangsung secara formal. ... Berbicara merupakan awal dari kemampuan berbahasa sehingga untuk mengajar menulis, merupakan keterampilan yang ...