Sebanyak 756 item atau buku ditemukan

Mistik Ketimuran: Perjumpaan Hinduisme dengan Penghayatan Kebatinan dalam Budaya Jawa

Secara menyeluruh, budaya Jawa tidak dapat dipisahkan dri Hinduisme oleh karena lamanya periode Hindu di Pulau Jawa. Hinduisme dinilai meresap dengan mudah, yang kemudian mempengaruhi aspek kehidupan masyarakat setempat sampai saat ini. Dalam perkembangannya, penyebaran Islam, kekristenan, dan agama-agama lain yang ada di Tanah Jawa pun dibungkus oleh ajaran-ajaran terdahulu –hinduisme-, bahkan terkadang melibatkan aspek kejawen sebagai jalur perantara bagi penyebarannya. Dalam hal ini, salah satu peninggalan berharga bagi spiritual Jawa adalah seni menanggapi segala hal dengan roso. Bagi Penulis, roso inilah yang menjadi salah satu dasar dalam unsur mistik di Tanah Jawa dan akan diulas secara gamblang dalam buku ini. Melalui buku ini, pembaca akan diajak menyelami konsep Hinduisme sebagai penghubung dan analisis terkait kebatinan dan kebudayaan Jawa.

Carolus Lwanga Tindra Matutino Kinasih. Dalam masyarakat Jawa masa Islam
terbagi dalam dua penggolongan. golongan Santri dan golongan Abangan yang
juga terbagi dalam dua golongan, golongan wong cilik dan golongan priyayi.

Hukum Administrasi Negara

Buku Hukum Administrasi Negara adalah buku yang penulis siapkan merupakan buku bahan ajar dan metode pengajaran yang sebaik-baiknya untuk disajikan kepada mahasiswa sebagai peserta didik. Selain itu perkembangan teori dan pemikiran yang sangat cepat di bidang kenegaraan dan administrasi negara, menuntut bidang hukum administrasi negara juga mengalami perubahan. Tulisan yang disajikan di dalam buku ini, adalah bahan dasar untuk memperkenalkan Hukum Administrasi Negara kepada mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat memahami teori dan praktik Hukum Administrasi Negara. Penyiapan dan pengenalan dasar-dasar dan tata cara praktik hukum administrasi negara kepada mahasiswa, dipandang sangat penting sebagai persiapan untuk menjadi praktisi maupun sebagai ahli hukum lainnya.

Buku Hukum Administrasi Negara adalah buku yang penulis siapkan merupakan buku bahan ajar dan metode pengajaran yang sebaik-baiknya untuk disajikan kepada mahasiswa sebagai peserta didik.

Filsafat Kebahagiaan (Plato, Aristoteles, Al-Ghazali, Al-Farabi)

Mereka yang menikmati kebahagiaan biasanya tidak peduli lagi dengan kata-kata, dan mereka yang berteori tentang kebahagiaan seringkali malah belum menemukan kebahagiaan itu dan mengejarnya lewat teori, kata dan tulisan. Para filosof, psikolog dan ilmuwan selama berabad-abad dibuat sibuk oleh makhluk bernama kebahagiaan ini. Keberadaan buku ini menjadi bukti dari salah satu kesibukan itu. Apakah kebahagiaan itu? Kebahagiaan itu urusan „rasa‟ belaka ataukah ada parameter-parameter jasmaniahnya? Dapatkah kita mempelajarinya? Apakah kebahagiaan itu fitrah? Dapatkah kita membuat diri kita bahagia? Apakah kebahagiaan itu tergantung kita sendiri ataukah ada hubungannya dengan banyak variabel lain di luar diri? Siapa dan mengapa orang bahagia? Apa yang membuat kita bahagia? Dan mungkin masih ratusan pertanyaan lagi dapat diajukan ihwal kebahagiaan ini.

Mereka yang menikmati kebahagiaan biasanya tidak peduli lagi dengan kata-kata, dan mereka yang berteori tentang kebahagiaan seringkali malah belum menemukan kebahagiaan itu dan mengejarnya lewat teori, kata dan tulisan.

Modul Micro Teaching

Praktik mikro teaching sangat diperlukan dalam mempersiapkan calon Guru agar nantinya dapat bekerja sebagai guru secara lebih profesional. Dalam modul ini diketengahkan mengenai bagaimana merancang, membuka dan kegiatan inti dalam proses pembelajaran dan diakhiri dengan penutup, sehingga proses pembelajaran berlangsung dengan menarik sesuai standar PAIKEM.

Praktik mikro teaching sangat diperlukan dalam mempersiapkan calon Guru agar nantinya dapat bekerja sebagai guru secara lebih profesional.

Essay Writing How To Write An Essay

Essay writing how to write an essay is a combination between text explanation and workbook. The introduction of this books presents the steps of writing process to students and ends in last chapter with the examples of an essay. Its lessons, practices, and review exercises are designed to help students to write a good essay and develop their writing skill. They are given oppurtunuties to work independently, with a partner, and with a group, they also can do the exercises either in the class or as homework. Hopefully, this book can help the students to expand their knowledge about English writing. Finally, the writer would like to thank and acknowledge the following people who have this book possible. His wife Emi Nurlita S.Psi and their two daughters Ghaitsa Ramadhani Rohim and Zahra Ramadhani Rohim who had become a great inspiration for him. Special thanks belong to his late mother Sutiyem and his father Sutrisno, they would be always best parents for him. He is also grateful to all many collegues and students they had during many years of teaching. He also greatly appreciate Deepublish publisher for the book printed.

What is an outline A good writing is having a clear and logical organization that
the reader can follow the argument. Creating an outline for the essay is one way
to do this. According to Zemach and Rumisek (2003: 61), an outline is a list of the
 ...

Senarai Penelitian Pendidikan, Hukum, dan Ekonomi di Sulawesi Tenggara

Buku ini disusun dalam kerangka peningkatan kualitas akademik mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi di IAIN Kendari. Tidak hanya sebagai pengisi waktu, buku ini diharapkan dapat lebih bermakna. Makna dalam konteks tradisi literasi bangsa yang disinyalir menempati urutan bawah dunia. Literasi atau keberaksaraan mengacu pada aktivitas membaca dan menulis. Membaca, ibarat rantai produksi adalah penyediaan bahan baku, sedangkan menulis merupakan hasil dari rangkaian produksi tersebut. Dalam konteks yang lebih besar, hasil ini akan bersinergi dari produk-produk literasi lain baik yang dihasilkan oleh penulis yang sama maupun penulis yang berbeda. Sebagai bagian dari masyarakat literasi, mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi IAIN Kendari wajib memantaskan diri untuk turut serta berperan dalam dinamikanya. Untuk itu, terhitung sejak September 2017, IAIN Kendari berinisiasi menyelenggarakan program Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Fakta. Luaran program ini adalah karya tulis ilmiah yang dapat dipresentasikan dalam seminar-seminar ilmiah baik seminar nasional maupun konferensi internasional dan dapat diterbitkan dalam media publikasi seperti buku yang berada di tangan pembaca. Dalam buku ini termuat judul karya tulis ilmiah yang membahas beragam permasalahan dari sudut pandang yang berbeda-beda. Perbedaan sudut pandang ini dapat dipahami karena perbedaan latar belakang program studi yang dijalankan. Ada yang berasal dari ilmu pendidikan, hukum dan ada pula yang berasal dari ekonomi, bisnis, serta perbankan syariah. Untuk itulah, Keberagaman yang terangkum dalam satu terbitan diharapkan memperkaya bacaan mahasiswa sehingga akan terbuka pula cakrawala pandang keilmiahannya.

Tidak hanya sebagai pengisi waktu, buku ini diharapkan dapat lebih bermakna. Makna dalam konteks tradisi literasi bangsa yang disinyalir menempati urutan bawah dunia. Literasi atau keberaksaraan mengacu pada aktivitas membaca dan menulis.

Buku Ajar Pengantar Aljabar Linear

Materi dalam buku ajar ini terdiri dari 5 (lima) bab. Bab 1 mencakup materi tentang Sistem Persamaan Linear (SPL), solusi SPL, Operasi Baris Elementer (OBE), dan SPL konsisten dan tak konsisten, bab 2 mencakup materi tentang fungsi determinan, perkalian elementer bertanda, menghitung determinan suatu matriks dengan OBE, beberapa sifat-sifat determinan, dan ekspansi kofaktor. Bab 3 mencakup materi tentang Ruang Berdimensi n Euclidean, Norma dan jarak pada ruang berdimensi n Euclidean, hasil kali dalam Euclidean dan sifat-sifatnya. Bab 4 mencakup materi tentang ruang vektor real, subruang, kombinasi linear, kebebasan dan kebergantungan linear, basis dan dimensi, Ruang Baris, Ruang Kolom, dan Ruang Nul, serta rank dan nulitas. Pada bab 5 hanya memperkenalkan konsep Nilai Eigen dan Vektor Eigen sebagai pengantar dan beberapa contohnya. Buku Ajar ini dilengkapi dengan rangkuman dan soal latihan pada akhir setiap bab dan juga dilengkapi dengan soal-soal ujian kuis, UTS, dan UAS. Adapun isi dari buku ajar ini, sebagian diambil dari buku utama, Howard Anton, Chris Rorres. Elementary Linear Algebra, Applications Version 8th and 11th edition, sehingga akan sangat kompak jika mahasiswa menggunakan buku ajar ini sambil menggunakan buku utama. Kami sangat yakin bahwa mahasiswa pada jaman sekarang sangat ingin maju, sehingga mereka akan membaca dan mempelajari contoh- contoh dalam buku ajar (pengganti catatan kuliah) di rumah (kos), mengerjakan soal-soal latihannya.

Materi dalam buku ajar ini terdiri dari 5 (lima) bab.

Sosiologi Hukum

Petasan Ditinjau dari Perspektif Hukum dan Kebudayaan

Siapa sih yang tidak mengenal petasan?? dari mulai anak-anak hingga yang sudah dewasa pun pasti mengenal petasan. Bahkan ada di beberapa upacara/adat di masyarakat yang menggunakan petasan. Namun, petasan yang digunakan masih melebihi wajar. Nah, bagaimanakah hukum di Indonesia jika ukuran petasan melebihi ketentuan yang telah ditetapkan?? Buku ini membahas tentang sosiologi Hukum : Petasan Ditinjau dari Perspektif baik secata Hukum maupun Kebudayaan simak selengkapnya! [Penerbit Deepublish, Deepublish, Hukum, Budaya, Dr. Hj. Tina Asmarawati, S. H. , M. H.]

Produk hukum merupakan refleksi dari daya tarik menarik antara pihak-pihak
yang memiliki kekuasaan dan kepentingan, baik yang berkaitan dengan
kepentingan ideologis, politis ekonomi, ras maupun gender. Di dalam kenyataan
hidup ...

Etika Profesi Insinyur: Membangun Sikap Profesionalisme Sarjana Teknik

untuk memenuhi kebutuhan sebagai buku ajar, maka dalam penyusunannya buku ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama membahas tentang konsep dan teori etika yaitu: Bab 1 tentang manusia dan alam semesta, Bab 2 tentang filsafat dan etika, Bab 3 tentang etika keilmuan, Bab 4 tentang etika dalam dunia teknik dan Bab 5 tentang profesi dan profesionalisme. Adapun bagian kedua membahas tentang etika profesi insinyur, yang terdiri: Bab 6 tentang kode etik profesi, Bab 7 tentang kepentingan profesional dan publik, Bab 8 tentang hak dan kewajiban insinyur, Bab 9 tentang kompetensi dan integritas profesi insinyur dan Bab 10 tentang kode etik profesi insinyur Indonesia. Akan tetapi, walaupun sebagai buku ajar untuk mahasiswa pada Jurusan Teknik Sipil, buku ini juga tetap dapat digunakan sebagai referensi oleh mahasiswa semua jurusan, serta masyarakat pada umumnya dalam menambah pengetahuan khususnya terkait dengan etika profesi. Sedikitnya ada tiga sasaran yang ingin dicapai dalam penyusunan buku ini, yaitu: (1) membantu mahasiswa untuk memahami bahwa setiap pilihan moral membawa reaksi atau akibat bagi orang lain; (2) membantu mahasiswa untuk menilai dan menempatkan konsep-konsep seperti keadilan, martabat, kebebasan, kebajikan, kebenaran, kebaikan, dan prinsip etis lainnya; dan (3) menggugah kesadaran mahasiswa untuk tetap mengutamakan kejujuran, keahlian, dan keluhuran budi agar mereka dapat mengaplikasikan dalam hubungan antara manager, rekayasawan, pekerja/buruh, masyarakat, profesi dan pemerintah.

... yang menuntut pengemban profesi tersebut untuk terus memperbaharui
keterampilannya sesuai perkembangan ilmu ... Keanggotaan dalam profesi
memerlukan pendidikan formal yang tinggi, bukan hanya pelatihan praktis atau
belajar ...

Asesmen Autentik dalam Pembelajaran

Kebiasaan nyontek yang sepertinya sudah membudaya hanya bisa dikurangi jika kita mulai mengases siswa dengan tugas-tugas yang tidak nyontek. Sangat bijak pendapat seorang ahli yang mengatakan “if you want to change about student learning then change the methods of assessment”. Hal ini memberi pengertian bahwa kurikulum yang baik dan pembelajaran yang benar perlu didukung oleh sistim penilaian yang baik dan terencana. Dengan kata lain, model pembelajaran yang baik esensinya akan hilang jika tidak didukung oleh asesmen yang sesuai. Buku ini menawarkan beragam bentuk asesmen yang diharapkan dapat digunakan oleh para guru dan calon guru dalam melakukan asesmen bukan saja pada domain kognitif tetapi juga menyentuh pada domain afektif dan psikomotor yang sampai dewasa ini masih kurang atau belum dilaksanakan.

Proses asesmen harus merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses
pembelajaran, bukan bagian terpisah dari proses pembelajaran (a part of, not
apart from, instruction). Asesmen harus mencerminkan masalah dunia nyata (
real ...