Sebanyak 130 item atau buku ditemukan

PENUNTUN PRAKTIKUM PEMROGRAMAN KOMPUTER

Pada buku “Penuntun Praktikum Pemrograman Komputer” ini digunakan software Visual Basic 6.0. untuk pemrograman komputer. Pada penuntun praktikum ini dipaparkan tentang pemrograman komputer dalam bentuk FORM-ACTIVATE, pemrograman komputer dengan TOOLBOX, FUNGSI pada VISUAL BASIC, program lompatan pada VISUAL BASIC, ikal (looping) pada VISUAL BASIC, dan variabel berindeks pada VISUAL BASIC.

Pada penuntun praktikum ini dipaparkan tentang pemrograman komputer dalam bentuk FORM-ACTIVATE, pemrograman komputer dengan TOOLBOX, FUNGSI pada VISUAL BASIC, program lompatan pada VISUAL BASIC, ikal (looping) pada VISUAL BASIC, dan ...

AKTUALISASI: Peningkatan Kualitas Media Informasi Unit Perencanaan Berbasis Daring dan Visual

Belum optimalnya kualitas media informasi Unit Perencanaan berbasis daring dan visual di IAIN Jember menjadi core issue yang diangkat pada kegiatan aktualisasi ini. Pemilihan core issue ini berdasarkan pada 3 pertimbangan utama. Pertama, Unit Perencanaan belum memiliki media daring (Website, Fanspage) sebagai media informasi yang dapat dimanfaatkan untuk penyampaian informasi, misalnya tentang profil perencanaan, struktur organisasi, notulensi kegiatan, kegiatan evaluasi anggaran, persiapan penyusuanan anggaran, review usulan anggaran, sosialisasi dan koordinasi penguatan SDM Perencanaan. Kedua, penggunaan media informasi secara visual (Poster/Banner) belum terlaksana secara maksimal untuk dimanfaatkan dalam memberikan informasi secara publik, misalnya berkaitan dengan tentang visi misi dan program kerja perencanaan tahun 2020. Ketiga, perlunya peningkatan kualitas media informasi berbasis daring guna mendukung program pemerintah dalam menghadapi revolusi industri 4.0 karena dengan pemanfaatan teknologi daring tersebut informasi tersampaikan secara efektif dan efisien.

Belum optimalnya kualitas media informasi Unit Perencanaan berbasis daring dan visual di IAIN Jember menjadi core issue yang diangkat pada kegiatan aktualisasi ini.

Administrasi Kearsipan di Era Teknologi Informasi

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, pekerjaan administrasi kearsipan semakin mudah, simpel dan aman, menggunakan aplikasi kearsipan elektronik. Untuk dapat melaksanakan pekerjaan adminitrasi kearsipan di era teknologi sekarang ini, diperlukan pengetahuan dan keterampilan dasar pengelolaan arsip secara manual menjadi dasar untuk dapat mengelola arsip secara elektronik, maka diperlukan keterampilan manajemen file, alih media arsip, dan penggunaan aplikasi kearsipan elektronik.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, pekerjaan administrasi kearsipan semakin mudah, simpel dan aman, menggunakan aplikasi kearsipan elektronik.

Memahami Istilah-istilah Ilmu Tajwid & Ilmu Qira’at

Diandra Kreatif

Wa ba'du (dan sesudahnya). Adapun judul risalah ini adalah Ta'rifat fi Isthilahat 'Ilma at-Tajwid wa al-Qira'at.Dan kami telah menghimpunnya dari beberapa kitab tajwid dan qira'at baik yang kecil maupun yang besar serta kami mengurutkannya menurut bab-bab sesuai dengan apa yang dibahas dengan maksud mempermudah mencari dan memahaminya terkhusus untuk para pembaca dan umumnya untuk siapapun yang sengaja perdalamnya.

Wa ba'du (dan sesudahnya).

Tahsin al-Qur'an Berbasis Teknologi

Modul Pegangan Guru Kelas VII MTs

Membaca al-Qur’an bagi seorang muslim dan muslimah merupakan suatu ibadah dan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupannya. Sebab sebaik-baik manusia adalah orang yang belajar al-Qur’an dan mengajarkannya. Dengan demikian orang yang terbaik menurut Nabi adalah siapa saja di antara kita yang mau belajar al-Qur’an dan mengajarkannya. Jika ada di antara kita yang belum mau belajar al-Qur’an dan tidak mau mengajarkannya berarti itu adalah orang yang belum sampai menjadi terbaik menurut Nabi. Akan tetapi realitas yang ada di masyarakat kita masih banyak orang tidak pandai baca al-Qur’an sama sekali. Masih banyak juga orang membaca al-Qur’an tidak sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada, dan lain sebagainya. Saat ini pembelajaran tahsin al-Qur’an di madrasah tsanawiyah masih manual dilakukan dan dibutuhkan pengembangan. Pembelajaran yang demikian tentunya kurang efektif lagi untuk dilakukan sesuai dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Sebab pembelajaran yang manual atau konvensional tersebut sangat membosankan bagi siswa dan banyak menghabiskan waktu atau bahasa lainnya waktu kurang akurat digunakan dalam mengajar. Oleh karena itu sangat dibutuhkan pembelajaran yang sangat menyenang-kan dan praktis untuk menunjang kualitas siswa dalam membaca al-Qur’an. Modul yang ada dihadapan anda ini merupakan modul model drill dalam pembelajaran tahsin al-Qur’an dengan pendekatan teknologi. Dengan adanya modul ini diharapkan bermanfaat bagi guru yang mengajar tahsin al-Qur’an sebagai pedoman untuk pengembangan ilmu dan pengetahun khususnya pendidikan Islam itu sendiri. Sebab dengan modul ini akan membantu guru dalam mengajar tahsin al-Qur’an dengan teknologi. Modul tahsin al-Qur’an yang ada dihadapan anda ini, tentunya masih banyak kekurangan-kekurangan ataupun sangat jauh dari kesempurnaan-kesempurnaan. Oleh karena itu kritikan dan saran-saran yang sifatnya membangun dari saudara-saudari sangat diharapkan demi kesempurnaan modul tahsin al-Qur’an ini.

Membaca al-Qur’an bagi seorang muslim dan muslimah merupakan suatu ibadah dan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupannya.

Literasi Al-Qur'an: Model Pembelajaran Tahsin-Tilawah Berbasis Talqin-Taqlid

Pembelajaran Al-Qur’an selalu menjadi fokus utama dan pertama dalam pendidikan agama Islam (PAI). Tuntutan ini mengharuskan penulis untuk mencari metode dan strategi pengajaran Al-Qur’an yang sempurna. Buku ini berisi penjelasan dari hasil penelitian yang berfokus pada bagaimana mensukseskan guru dan pebelajar secara nyata mencapai tujuan pembelajaran. Pada kasus guru, bagaimana mengarahkan siswa mereka untuk terlibat semaksimal mungkin meskipun pembelajaran dilakukan berpusat pada guru (teacher centered) dengan melakukan komunikasi secara efektif. Pada kasus siswa, buku ini akan lebih berfokus pada bagaimana motivasi belajar Al-Qur’an dan manajemen diri dapat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. Pandangan terakhir, strategi pembelajaran Al Qur’an adalah subjek yang paling penting dalam buku ini. Strategi pembelajaran akan menjadi penentu utama bagaimana siswa dapat berproses dalam meningkatkan kemampuan belajar membaca Al-Qur’an. Sejumlah tinjauan dan survei telah dilakukan untuk menemukan formulasi pembelajaran yang sesuai dengan harapan. Pada buku ini, akan dipaparkan secara jelas mengenai bagaimana strategi pembelajaran berperan penting, dan mendemonstrasikan bagaimana mendesain strategi pembelajaran Al-Qur’an yang efektif berdasarkan hasil tinjauan dan riset. Strategi pembelajaran Tahsin-Tilawah berbasis Talqin-Taqlid adalah sebuah strategi yang coba untuk kami kenalkan kepada siswa, terutama untuk mereka yang telah menginjak remaja dan dewasa seperti di Universitas. Gender sebagai isu utama dalam pembelajaran Al-Qur’an juga akan dibahas secara khusus sebagai faktor yang mempengaruhi kesuksesan belajar Al-Qur’an. Ditambah lagi bahasan mengenai integrasi teknologi dalam pembelajaran Al-Qur’an menjadikan buku ini adalah ulasan mutakhir. Diharapkan buku ini menyediakan informasi untuk pembelajaran Al-Qur’an yang sesuai dengan perkembangan teknologi di era digital. Prinsip kami adalah membelajarkan Al-Qur’an dengan tetap berpegang pada prinsip kultural “dari hati ke hati”, namun mengikuti perkembangan zaman, khususnya penggunaan teknologi informasi tepat guna.

Pembelajaran Al-Qur’an selalu menjadi fokus utama dan pertama dalam pendidikan agama Islam (PAI).

EKONOMI ISLAM PERSPEKTIF TAFSIR (Studi Tafsir Tematis Ayat-ayat Ekonomi dalam Al Qur’an)

Buku yang hadir di hadapan pembaca merupakan salah satu upaya khidmah yang dimaksud dan diharapkan dapat memberikan sumbangan khazanah keilmuan dalam bidang tafsir tematis dan membantu mahasiswa FEBI ( Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ) dalam memahami ajaran-ajaran ekonomi sesuai dengan wordview dan epesemologi al-Qur’an.

Buku yang hadir di hadapan pembaca merupakan salah satu upaya khidmah yang dimaksud dan diharapkan dapat memberikan sumbangan khazanah keilmuan dalam bidang tafsir tematis dan membantu mahasiswa FEBI ( Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ) ...

Bimbingan dan konsling anak usia dini

  • ISBN 13 : 9786024251482
  • Judul : Bimbingan dan konsling anak usia dini
  • Pengarang : Dr rifda el fiah,m.pd,  
  • Penerbit : rajawali pers
  • Klasifikasi : 371.4
  • Call Number : 371.4 DR b
  • Bahasa : Indonesia
  • Penaklikan : xiv , 360 hlm; 23cm
  • Tahun : 2017
  • Halaman : 360
  • Ketersediaan :
    2020-38754-0005
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2020-38754-0004
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2020-38754-0003
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2020-38754-0002
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2020-38754-0001
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Sumber belajar dan pusat sumber belajar. Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah

Buku berjudul Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/ Madrasah sebagai salah satu referensi utama bagi para mahasiswa calon guru, guru, ataupun dosen serta para praktisi pendidikan, khususnya untuk matakuliah pengembangan sumber belajar maupun media pembelajaran. Di samping itu, pertimbangan lainnya juga karena referensi mengenai pengembangan sumber belajar dan pusat sumber belajar di Indonesia sejauh pengamatan penulis masih sangat kurang. Untuk itu, kehadiran buku ini diharapkan dapat memberi solusi dalam mencukupi ketersediaan kebutuhan buku-buku referensi seperti itu.ÊBuku ini disajikan dengan pembahasan yang lugas dan disertai dengan pemaparan contoh serta aplikasinya di sekolah/madrasah secara perinci dengan harapan dapat memudahkan para pembaca untuk memahami berbagai pembahasan dalam buku ini. Oleh karena itu, buku ini sangat cocok untuk para pembaca, baik yang masih awam tentangpengembangan sumber belajar di sekolah/madrasah, ataupun bagi yang sudah mahir tentang topik buku ini. Cara penyajian seperti inilah yang menurut penilaian penulis masih sulit ditemui dan didapatkan dalam buku-buku referensi tentang pengelolaan sumber belajar dan perpustakaan sekolah/madrasah yang beredar di Indonesia selama ini. Semoga kehadiran buku ini dapat memberi kontribusi positif bagi upaya peningkatan mutu pendidikan dasar dan menengah, baik di sekolah maupun di madrasah, di Indonesia. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I., M.Pd.I.
Ketiga, keadaan ekonomi pada umumnya. Sumber belajar juga dipengaruhi oleh
keadaan ekonomi baik secara mikro ataupun secara makro. Keadaan ekonomi ...

Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu

Substansi isi penting buku pegangan utama dalam menyusun RPP Tematik TerpaduÑsebagai implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MIÑini membahas, antara lain: (1) Kurikulum 2013 dan desain baru rencana pembelajaran; (2) Menulis identitas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP); (3) Kompetensi inti; (4) Kompetensi dasar; (5) Mengembangkan indikator; (6) Menyusun tujuan pembelajaran; (7) Menyusun materi pembelajaran; (8) Menentukan pendekatan, model, strategi, metode, dan teknik pembelajaran; (9) Pemilihan media pembelajaran, alat dan sumber belajar, dan alat peraga; (10) Menyusun langkah-langkah pembelajaran dalam RPP Tematik Terpadu; (11) Merancang penilaian autentik; serta (12) Pengesahan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).Ê--- Penerbit Kencana Prenadamedia Group

Substansi isi penting buku pegangan utama dalam menyusun RPP Tematik TerpaduÑsebagai implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MIÑini membahas, antara lain: (1) Kurikulum 2013 dan desain baru rencana pembelajaran; (2) Menulis identitas rencana ...