Sebanyak 2 item atau buku ditemukan

Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan

Kualitas hasil belajar program keterampilan di Madrasah Aliyah tergantung dari keberhasilan kegiatan pembelajaran yang didukung oleh berbagai komponen-komponen pendidikan. Komponen-komponen yang terdiri dari: Kurikulum, tenaga pendidikan, Sarana Prasarana, Sistem Pengelolaan, Kondisi Siswa dan Lingkungan Sosial Ekonomi sebagaimana disebutkan harus diberdayakan se-optimal mungkin dalam kegiatan pembelajaran. Dari komponen-komponen tersebut, faktor Tenaga Kependidikan, Sarana Prasarana dan sistem pengelolaan manajemen, merupakan faktor yang tidak pembelajaran. Tenaga kependidikan adalah Guru Keterampilan, Sarana Prasarana yaitu faktor pendukung pada kegiatan keterampilan berupa gedung dan peralatannya, sedangkan sistem pengelolaan manajemen adalah berupa perencanaan, persiapan mengajar, juga sistem yang mendukung program pengajaran keterampilan yaitu kurikulum, pendanaan dan dukungan baik dukungan internal maupun dukungan eksternal pada Madrasah Aliyah di Jakarta. Alasan dari ketiga faktor yang menjadi perhatian penulis untuk ditinjau dan ditelaah dengan mengembangkan variable-variabel permasalahannya adalah ketiga komponen pendidikan tersebut dapat diandalkan fungsi dan pemberdayaan terhadap komponen lainnya dalam keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan.

A. Hasil Penelitian 1. Program Studi Keterampilan Pada Madrasah Aliyah yang
ada di Madrasah Aliyah Jakarta. Sesuai dengan permohonan ijin penelitian yang
peneliti ajukan kepada Ketua Program Magister Administrasi Pendidikan untuk ...

Keterampilan Tata Busana di Madrasah Aliyah

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam kurikulum 2013, siswa diajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dengan dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.