Sebanyak 1 item atau buku ditemukan

Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan

Kualitas hasil belajar program keterampilan di Madrasah Aliyah tergantung dari keberhasilan kegiatan pembelajaran yang didukung oleh berbagai komponen-komponen pendidikan. Komponen-komponen yang terdiri dari: Kurikulum, tenaga pendidikan, Sarana Prasarana, Sistem Pengelolaan, Kondisi Siswa dan Lingkungan Sosial Ekonomi sebagaimana disebutkan harus diberdayakan se-optimal mungkin dalam kegiatan pembelajaran. Dari komponen-komponen tersebut, faktor Tenaga Kependidikan, Sarana Prasarana dan sistem pengelolaan manajemen, merupakan faktor yang tidak pembelajaran. Tenaga kependidikan adalah Guru Keterampilan, Sarana Prasarana yaitu faktor pendukung pada kegiatan keterampilan berupa gedung dan peralatannya, sedangkan sistem pengelolaan manajemen adalah berupa perencanaan, persiapan mengajar, juga sistem yang mendukung program pengajaran keterampilan yaitu kurikulum, pendanaan dan dukungan baik dukungan internal maupun dukungan eksternal pada Madrasah Aliyah di Jakarta. Alasan dari ketiga faktor yang menjadi perhatian penulis untuk ditinjau dan ditelaah dengan mengembangkan variable-variabel permasalahannya adalah ketiga komponen pendidikan tersebut dapat diandalkan fungsi dan pemberdayaan terhadap komponen lainnya dalam keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan.

A. Hasil Penelitian 1. Program Studi Keterampilan Pada Madrasah Aliyah yang
ada di Madrasah Aliyah Jakarta. Sesuai dengan permohonan ijin penelitian yang
peneliti ajukan kepada Ketua Program Magister Administrasi Pendidikan untuk ...