Kadang2 satu proses beladjar tidak dapat mentjapai hasil maksimal disebabkan
oleh karena ketiadaan kekuatan jang mendorong ini (tudjuan, motivasi). Dalam
hal inilah perlunja guru memasukkan motivasi didalam tjara2 mengadjarnja. B. Motivasi sebagai daja penggerak. Motivasi jang sehat perlu ditumbuhkan setjara
integral di- dalam dunia beladjar itu, jakni diambil dari dalam sistim nilai
lingkungan hidup murid itu dan ditudjukan pada pendjelasan tugas2
perkembangan murid.
Orang pertama berfungsi sebagai orang yang mengajukan pertanyaan atau
pernyataan. Pertanyaan atau pernyataan itu ditanggapi oleh orang kedua yang
tepat disebut sebagai pelawak. Tanggapan si pelawak ditanggapi lagi oleh
orang pertama yang dapat disebut sebagai "kaki tangan." Pelawaklah yang
melakukan interupsi. Contoh: (a) Kakitangan : Dapatkah Anda katakan di mana
kami dapat melihat gajah? Pelawak : Gajah? Kami tidak melihat gajah di sini.
Kakitangan : Jadi ...