Sebanyak 118 item atau buku ditemukan

Problem kontemporer manajemen masjid

analisis dan opsi solusi

On contemporary problems of mosque management in Indonesia.

On contemporary problems of mosque management in Indonesia.

Buku Panduan Penyusunan Skripsi

Skripsi merupakan karya ilmiah yang dipersyaratkan bagi mahasiswa yang akan memperoleh gelar sarjana pada bidang ilmu yang menjadi konsentrasi belajarnya di STAI Al-Azhary Cianjur. Juga merupakan media komunikasi ilmiah lewat tulisan ilmiah. Oleh sebab itu sangat diperlukan bagi mahasiswa terhadap penguasaan hakikat ilmu, prosedur penelitian dan penulisan ilmiah sebagai alat komunikasi ilmiah melalui tulisan skripsi agar terpenuhinya kaidah ilmiah. Proses penyelesaian skripsi harus mengikuti kaidah dan struktur penulisan skripsi yang telah disepakati di STAI Al-Azhary Cianjur, dalam prakteknya mahasiswa dibimbing oleh para pembimbing skripsi agar tidak terlepas dari ciri khas yang dibuat dalam panduan. [Skripsi, panduan, penyusunan, al azhar, cianjur, deepublish]

Skripsi merupakan karya ilmiah yang dipersyaratkan bagi mahasiswa yang akan memperoleh gelar sarjana pada bidang ilmu yang menjadi konsentrasi belajarnya di STAI Al-Azhary Cianjur.

Pendekatan Humanis dalam Pengembangan Kurikulum

bahwa kelompok A mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mencakup alquran
Hadis, Akidah Akhlak, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam bila diaplikasikan
kepada pendekatan humanis menunjukkan adanya satu kesatuan yang utuh
dalam materi pelajaran Pendidikan Agama ... kompetensi inti keterampilan
diintegrasikan dengan nilai-nilai kajian keislaman yang merujuk pada ilmu-ilmu
alam seperti membahas tentang kejadian alam semesta dikaitkan dengan Q.S al
-Fatihah.

TEOLOGI PENDIDIKAN : Upaya Mencerdaskan OTak & Qalbu

Secara etimologi Teologi adalah ilmu pengetahuan tentang Tuhan. Sementara dalam Islam kata padanan dari teologi ini adalah tauhid atau kalam. Masyarakat dikampung-kampung lebih mengenal ilmu ini dengan Kajian Sifat 20. Sementara jika di kaitkan dengan pendidikan, sebagaimana pendidikan itu sendiri adalah bimbingan atau pimpinan yang dilakukan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama maka dapatlah kita pahami bahwa Teologi Pendidikan adalah ‘usaha yang dilakukan oleh manusia dengan berfikir secara benar dan sungguh-sungguh untuk ma’rifatullah (mengenal Allah) dengan menyelaraskan keinginan Allah SWT dengan keinginannya atau sebaliknya keinginan manusia dengan keinginan Tuhannya (mencapai Ridha); dalam seluruh realitas aspek kehidupan sebagai rasa tanggung jawab sebagai seorang hamba‘. Manusia harus berteologi sehingga terjalinlah hubungan mesra dengan Tuhan, selalu merasa diawasi dalam setiap gerak geriknya dan melakukan setiap (aktivitas) dengan kehati-hatian; apakah ini telah sesuai dengan kehendak Tuhan?. Teologi pendidikan mengamanatkan misi “sebuah upaya untuk menyelaraskan masyiatullah dan masyiatul-’ibad”. Jika ditelusuri secara mendalam, ternyata dari konsep masyiah itulah lahirnya ruh atau inti dari pendidikan Islam.

Hakikat Pendidikan Islam Pendidikan Islam pendidikan yang kamal (sempurna),
menyatukan ilmu, iman dan amal, untuk kebaikan dunia dan akhirat yang kekal.
Jangan sampai salah pilih, kalau hendak merasakan hidup yang shahih.
Kehidupan yang seimbang antara yang pergi dengan yang datang. Pendidikan
Islam datang dari Allah, sebagai pengobat kehidupan yang dilanda gundah
sebab perpayung pada al-Qur'an dan Sunnah. Ajarkanlah pendidikan Islam
yang tinggi, tak ...

Arsitektur, Urbanitas, dan Pendidikan Budaya Berkota

dari Surabaya menuju Bandung

Buku ini ditulis dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa semakin berkembangnya masalah sosial di perkotaan, yang mengindikasikan semakin melemahnya modal sosial dalam masyarakat perkotaan. Jika dikaitkan dengan konteks kota dan budaya hidup kekotaan (urbanitas), penyebab kemiskinan modal sosial masyarakat kota dapat ditelaah dari dua sisi. Pertama, ketidaksiapan tataan sistem ruang dan spasial kota. Kedua, adanya ketidaksiapan dan ketidaktahuan masyarakat tentang esensi budaya berkota (urban being). [Penerbit Deepublish, Deepublish, Sosial Pendidikan, Prof. Dr. M. Syaom Barliana, M.Pd., M.T., I.A.I.]

... pengaruh dan hegemonibaik sosial, politik, ekonomi, budaya, maupun agama. ... Sarekat Islam (SI) dan Partai Komunis Indonesia (PKI)-dua partai besar ...

PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PESANTREN

Pelajar dan Santri dalam ERA IT dan Cyber Culture

Pendidikan karakter yang mempunyai basis di pesantren mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam sejarah pendidikan nasional. Di era ini bangsa Indonesia meningkatkan komitmen menjadikan pendidikan sebagai sarana untuk menuju terwujudnya bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berkarakter-religius dan berdaya saing tinggi melalui pemanfaatan IT. Komitmen itu ditunjukkan di antaranya melalui beberapa kebijakan pemerintah untuk merealisasikan amanat Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 yang telah diamandemen mengamanatkan di antaranya, bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan dan pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.

Pelajar dan Santri dalam ERA IT dan Cyber Culture Abdulloh Hamid, M.Pd. Rijal
Mumazziq Z ... keemasan Hindu-Budha yang berlangsung antara abad ke-4
hingga 16 Masehi; (2) pendidikan pada masa kerajaan-kerajaan Islam antara
abad ...

Perpindahan Panas:Teori, Soal dan Penyelesaian

Buku ini memberikan pandangan yang tertentu yang menuntun mahasiswa dapat untuk dimengerti. Pertama bahwa penddapat sekali belajar tidak dapat dilupakan. Kami percaya bahwa mahasiswa dapat berkembang percaya diri pada kemampuannya untuk menemukan maksud dari penyelesaian masalah. Untuk menemukan penyelesaian masalah. Dilengkapi dengan contoh penyelesaian masalah. Mahasiswa yang mempelajari dapat lebih mudah menyelesaiakan masalah. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Perpindahan Panas,

... III PENUTUP Diakhir pemberian materi pada modul ini, mahasiswa dapat
menjelaskan aplikasi perpindahan panas pada alat-alat penukar panas
khususnya mesin, dan diberikan ... EVALUASI KOMPETENSI AKHIR SESI
PEMBELAJARAN.

Pemanfaatan Candi Bahal sebagai Media Pembelajaran Alam Terbuka dalam Proses Belajar Mengajar

Candi Bahal I, II, dan III Padang Lawas, Sumatera Utara, yang diperkirakan dibangun pada abad ke-11, memiliki potensi yang sangat besar sekaligus penting untuk dijadikan sebagai media pembelajaran alam terbuka bagi peserta didik. Karena tidak terikat ruang kelas, belajar di alam terbuka memiliki kelebihan tersendiri, khususnya demi mendekatkan peserta didik dengan kekayaan budaya lokal. Candi Bahal sebagai ciptaan manusia adalah sim bolisasi fisik atas nilai-nilai kepercayaan manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa, apalagi candi ini oleh Pemerintah Republik Indonesia telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kebudayaan Pariwisata Nomor PM.88/PW.007/MKP/2011 tanggal 17 Oktober 2010. CandiBahal I, II dan III sebagai media pembelajaran alam terbuka juga mengandung nilai religi, toleransi hidup beragama, seni arsitektur, rekreasi, sejarah dan nilai kebhinekaan. Konsep media pembelajaran alam terbuka memang belum dikenal luas di Sumatera Utara, utamanya oleh guru-guru dan peserta didik. Padahal, model pembelajaran inovatif perlu kerap diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan daya serap peserta didik terhadap ilmu. Dengan konsep belajar di luar ruang kelas, maka proses belajar akan lebih interaktif, konkret, dan kontekstual, karena peserta didik secara langsung dapat melihat ataupun menyentuh bangunan bersejarah dan bahkan dapat berfoto di lokasi bangunan bersejarah dimaksud. Selain itu dengan melihat langsung objek-objek bangunan bersejarah menjadi aspek penting dalam penyediaan lingkungan belajar yang baru. Hal ini merupakan perwujudan dari Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah berbunyi; Kompetensi Inti sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas: Inti sikap spiritual; Kompetensi Inti sikap sosial; Kompetensi Inti pengetahuan; dan Kompetensi Inti keterampilan [Pasal 3 ayat 3]. Candi Bahal I, II dan III sebagai media pembelajaran alam terbuka dapat dipergunakan oleh berbagai guru bidang studi seperti guru bidang studi PPKn, Agama, Sejarah, IPS, dan lain-lain.Guru-guru tersebut memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam mempergunakan candi sebagai medianya dalam proses belajar mengajar dengan seluruh peserta didiknya. Di masa depan, dengan semakin optimalnya candi Bahal dijadikan sebagai media pembelajaran alam terbuka, diharapkan dapat memupuk kesadaran guru, peserta didik dan masyarakat dalam melestarikan warisan budaya tersebut, karena saat ini pemeliharaan candi dimaksud masih belum optimal.

Pendahuluan SALAH satu penunjang dalam proses belajar mengajar antara
guru dan peserta didiknya adalah media pembelajaran. Media pembelajaran
memiliki peran dan fungsi penting dalam proses belajar mengajar. Pemilihan
media ...

Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah

  • ISBN 13 : 9786022623038
  • Judul : Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah
  • Pengarang : Syarifuddin Dahlan, M.Pd,  
  • Penerbit : Graha Ilmu
  • Klasifikasi : 150
  • Call Number : 150 SYA b
  • Bahasa : Indonesia
  • Tahun : 2014
  • Halaman : 137
  • Halaman : 137
  • Ketersediaan :
    2017-34073-0008
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-34073-0007
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-34073-0006
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-34073-0005
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-34073-0004
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-34073-0003
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-34073-0002
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-34073-0001
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi