Sebanyak 756 item atau buku ditemukan

Pembelajaran Mekatronika Berbasis Proyek

Mekatronika adalah multidisiplin yang merupakan gabungan dari disiplin ilmu mekanika, elektronika, komputer, dan sistem kendali. Sebagai multidisiplin, mekatronika sebaiknya diajarkan dalam kerangka yang utuh. Pada kenyataannya banyak pembelajaran mekatronika yang menekankan pada aspek tertentu saja dari mekatronika. Pembelajaran mekatronika pada jurusan mesin kerap hanya menekankan pada aspek elektronika saja, sebaliknya pada jurusan elektro lebih menekankan pada aspek mekanika. Pembelajaran dengan penekanan pada aspek tertentu saja tentunya akan menyebabkan peserta didik tidak mendapat gambaran yang utuh dari mekatronika.

Saat ini mekatronika tidak hanya merupakan gabungan dari mekanik dan
elektronik, namun juga termasuk didalamnya piranti lunak dan teknologi
informasi. Mekatronika menggabungkan teknologi baru ke teknologi yang telah
ada dan ...

Pendidikan Kewarganegaraan

Perjuangan Membentuk Karakter Bangsa

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata ajar wajib dalam kurikulum pendidikan tinggi berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan Kewarganegaraan diselenggarakan dengan tujuan untuk membekali, dan memantapkan peserta didik di jenjang pendidikan tinggi formal dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga negara dengan negara, agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara. Baca dan pelajari selengkapnya dalam buku ini, dan jadilah warga negara yang baik :) |Penerbit Deepublish, Deepublish, Pendidikan Kewarganegaraanm Kewarganegaraan, Pendidikan |

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata ajar wajib dalam kurikulum pendidikan tinggi berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Perpindahan Panas:Teori, Soal dan Penyelesaian

Buku ini memberikan pandangan yang tertentu yang menuntun mahasiswa dapat untuk dimengerti. Pertama bahwa penddapat sekali belajar tidak dapat dilupakan. Kami percaya bahwa mahasiswa dapat berkembang percaya diri pada kemampuannya untuk menemukan maksud dari penyelesaian masalah. Untuk menemukan penyelesaian masalah. Dilengkapi dengan contoh penyelesaian masalah. Mahasiswa yang mempelajari dapat lebih mudah menyelesaiakan masalah. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Perpindahan Panas,

... III PENUTUP Diakhir pemberian materi pada modul ini, mahasiswa dapat
menjelaskan aplikasi perpindahan panas pada alat-alat penukar panas
khususnya mesin, dan diberikan ... EVALUASI KOMPETENSI AKHIR SESI
PEMBELAJARAN.

Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) digunakan dalam pengambilan keputusan serta bagaimana pola-pola menyelesaikan masalah dengan beberapa metode pemecahan masalah. Atas dasar itu, buku ini akan menambah pengetahuan seluruh pembaca sehingga dapat menjadi pedoman di dalam penyelesaian suatu kasus berkenaan dengan SPK dan Data Mining. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Dicky Nofriansyah, S.Kom., M.Kom.]

Sekilas Tentang Data Mining Data Mining adalah suatu istilah yang digunakan
untuk menguraikan penemuan pengetahuan di dalam database. Data Mining
adalah proses yang menggunakan teknik statistic, matematika, kecerdasan
buatan, ...

Sistem Pakar

Sistem pakar suatu cabang dari Artificial Intelligent (AI) yang cukup tua karena sistem ini mulai dikembangkan pada tahun 1960. Sistem pakar adalah program AI dengan basis pengetahuan (Knowledge Base) yang diperoleh dari pengalaman atau pengetahuan pakar atau ahli dalam memecahkan persoalan pada bidang tertentu dan didukung mesin Interensi/Inferensi Engine yang yang melakukan penalaran atau pelacakan terhadap sesuatu atau fakta-fakta dan aturan kaidah yang ada di basis pengetahuan setelah dilakukan pencarian, sehingga dicapai kesimpulan. #Herawan #Hayadi #Sistem #Pakar #Artificial #Intelligent #AI #Knowledge #Base #Universitas #Pasir #Pengaraian #RIAU #deepublish

#Herawan #Hayadi #Sistem #Pakar #Artificial #Intelligent #AI #Knowledge #Base #Universitas #Pasir #Pengaraian #RIAU #deepublish

Kiat Mudah Membuat Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Taman Kanak-Kanak

Sebelum memulai untuk membuat penelitian tindakan kelas, kita harus membangun dulu Etos Kerja atau semangat kerja. Tanda adanya Etos kerja penulisan PTK tidak akan selesai. Etos kerja itulah yang akan membuat kita sukses. Alternatif yang baik untuk peningkatan profesional guru adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal ini terjadi karena dalam PTK guru diajak untuk merumuskan masalah yang dihadapi, merumuskan langkah-langkah solusi, kemudian melakukan refleksi terhadap solusi, dan akhirnya dapat melakukan pengembangan proses pembelajaran sesuai temuan dalam PTK.

Sebelum memulai untuk membuat penelitian tindakan kelas, kita harus membangun dulu Etos Kerja atau semangat kerja.

Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing

Pengantar Manajemen Pendidikan, Praktik, Teori, dan Aplikasi

Buku ini menyajikan sebuah fakta empiris tentang dunia pendidikan saat ini terutama PAUD. Sebagai pendidik yang mengajar matakuliah PAUD penulis mencoba tuangkan dalam buku yang berjudul Profesionalisme guru PAUD menuju NTB Bersaing. Ini semua merupakan langkah maju penulis mengembangkan inspirasi dengan tuntutan menambah referensi bagi pembaca. Dalam rangka memenuhi kebutuhan di Perguruan Tinggi, penerbitan buku Profesional Guru PAUD Menuju NTB Bersaing sangat dibutuhkan, karena buku ini merupakan salah satu referensi dalam dunia pendidikan terkini. Buku ini memuat tentang konsep guru PAUD yang professional yang menarik untuk dibaca. Buku ini diharapkan sebagai pegangan atau pelengkap ilmu pendidikan terutama pada pendidikan anak usia dini khususnya di Kota Mataram. Melalui konsep dunia pendidikan Anak Usia Dini yang disajikan dalam buku ini diharapkan dapat membantu para pendidik dan pembaca yang memahami tentang pendidikan anak usia dini. Buku ini ramu oleh penulis dengan harapan bisa berguna bagi para pendidik pada anak usia dini.

Kebijakan baru tentang guru memiliki landasan yang konstitusional sehingga
guru berhak untuk menuntut hak dan kewajibannya sesuai tugas-tugas profesi
yang dibebankan kepadanya. Dua kata yang mengusik dalam kosakata guru ...

Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP

Model dan Implementasinya untuk Meningkatkan Kinerja Guru

Subkompetensi ini memiliki indikator esensial: mampu menguasai subtansi
bidang pengembangan peserta didik TK; mampu menguasai konsep dasar
pengembangan kurikulum TK; dan mampu menyesuaikan subtansi bidang
pengembangan dengan peserta didik TK. b) Menguasai konsep dasar bidang
studi sebagai metode pengembangan bidang pengembangan peserta didik TK.
Subkompetensi ini memiliki indikator esensial: mampu menguasai konsep dasar
matematika ...

Publikasi Ilmiah Guru

KEGIATAN PROFESIONAL GURU SEBAGAI PENGEMBANGAN KEPROPESIAN BERKELANJUTAN

Kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru adalah harapan semua guru yang memiliki hak untuk itu sebagai bentuk peningkatan karier and kualifisi ke-profesionalime-an. Untuk dapat menduduki pangkat dan jabatan fungsional tertentu, seorang guru harus telah melakukan kegiatan professional sebagai seorang guru. Setiap butir kegiatan professional yang dilakukan oleh guru dalam melakoni tugas dan fungsinya dalam kehidupan pembelajaran di satuan pendidikan diberikan angka kredit tertentu. Angka kredit inilah yang akan dijadikan landasan untuk pangkat dan jabatan seorang guru. Kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru diatur dalam berbagai peraturan atau perundang-undangan, salah satunya Permeneg PAN dan RB No 16, tahun 2009, tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Dalam Peraturan tersebut, kenaikan pangkat seorang guru dari jabatan guru pertama sampai pada guru Pembina, harus memiliki angka kredit dari unsur pengembangan keprofesian berkelanjutan, yaitu pengembangan diri dan publikasi ilmiah. Sedangkan pada peraturan sebelumnya, Keputusan Mennegpan Nomor 84, tahun 1993, karya tulis ilmiah guru dibutuhkan hanya dari guru Pembina, golongan ruang, IV/a. Guru mengalami kesulitan dalam memenuhi tuntutan persyaratan naik pangkat dan jabatan fungsional dari pangkat Pembina dan jabatan guru pembeina golongan ruang IV/a ke atas. Sehingga guru sebelum permenneg PAN dan RB Nomor 16 tahun 2009 tersebut, mentok pada pangkat, jabatannya dan golongan rungan Pembina, IV/a. Tetapi setelah diberlakukannya permenneg tersebut, seorang guru bila ingin naik pangkat harus telah memiliki nilai angka kredit dari pengembangan keprofesian berkelanjutan yang terdiri atas pengembangan diri, publikasi ilmiah atau karya inovatif, sejak seorang guru menjabat sebagai seorang guru pertama. Untuk guru pertama memang tidak diperlukan nilai angka kredit dari publikasi ilmiah tetapi harus memiliki nilai angka kredit dari pengembangan diri. Kegagalan guru dalam meniti karir atau naik pangkat dan jabatan fungsional guru ini mungkin disebabkan karena guru tidak mampu meraih angka kredit publikasi ilmiah atau karya tulis ilmiah. Ketidakmampuan guru dalam menyusun atau membuat karya publikasi ilmiah mungkin dikarenakan guru kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup atau memadai untuk melakukan kegiatan tersebut. Buku ini diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif referensi dari berbagai referensi yang ada. Walaupun buku ini disusun berdasarkan pada buku-buku yang berkaitan dengan pengelolaan pengembangan keprofesian berkelanjutan dan sumber-sumber lain yang dianggap relevan, ketidaksempurnaan dalam berbagai manifestasinya, pengetikan, tata letak, isi maupun pengutifan dapat terjadi diluar kemampuan penulis. Kontribusi dari para sahabat untuk pembenahan dan perbaikan buku ini sangat diharapkan. [Publikasi, Ilmiah, Guru, KEGIATAN, PROFESIONAL, GURU, SEBAGAI, PENGEMBANGAN, KEPROPESIAN, BERKELANJUTAN, setiadi]

Dalam Peraturan tersebut, kenaikan pangkat seorang guru dari jabatan guru pertama sampai pada guru Pembina, harus memiliki angka kredit dari unsur pengembangan keprofesian berkelanjutan, yaitu pengembangan diri dan publikasi ilmiah.

Ekologi Lingkungan Kawasan Karst Indonesia

Menjaga Asa Kelestarian Kawasan Karst Indonesia

Kawasan karst adalah bentanglahan yang didominasi oleh proses pelarutan batuan. Proses ini merupakan interaksi yang unik antara batuan yang mudah larut, karbondioksida dari atmosfer dan air, menciptakan suatu fenomena alam yang sangat unik dan khas. Perkembangan lorong-lorong pelarutan termasuk diaklas-diaklas yang menghubungkan bagian permukaan dengan sistem sungai bawah tanah menyebabkan kondisi kering dijumpai di bagian permukaan, sedangkan di bagian bawah permukaan kawasan karst memiliki sumberdaya air yang melimpah. Buku ini hadir sebagai media berbagi pengalaman terkait penelitian di kawasan karst yang diharapkan mampu memberikan sumbangsih dalam pengelolaan kawasan di Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya. Buku ini terwujud atas prakarsa Karst Student Forum (KSF) Fakultas Geografi UGM dan Kelompok Studi Karst Fakultas Geografi UGM. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Sosial, Prof. Dr. Sudarmadji, M.Eng.Sc.]

Pengalaman berinteraksi langsung dengan alam dan belajar mengenai alam
membantu individu memahami kemanusiaannya secara penuh (Clayton & Myers
2009). Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa pengalaman berinteraksi ...