Sebanyak 21 item atau buku ditemukan

Teknik Menulis Karya Ilmiah: Dengan 8 Senjata Aplikasi Pendukung Produktivitas Riset

Buku ini ditulis untuk menjadi bahan bacaan dalam mengelola produktivitas ilmiah. Selama ini, pengelolaan publikasi ilmiah diantaranya bermasalah karena kurangnya pemanfaatan alat yang bisa mendukung untuk menuliskan laporan penelitian dan publikasi ilmiah. Sehingga buku “how to” yang ada di tangan pembaca saat ini merupakan bagian untuk mengurangi keterbatasan tersebut. Memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk digunakan sehingga membantu penyelesaian penulisan karya ilmiah. Apalagi, fasilitas yang tersedia hampir seluruhnya dengan layanan premium yang tidak berbayar. Betapa produktifitas ilmiah kita sebagai bangsa tidaklah signifikan dengan jumlah demografi kependudukan kita. Potensi besar yang mencapai 200 juta-an ternyata belum dapat dikelola menjadi angka yang menyumbang pada kemajuan ilmu pengetahuan. Salah satu hambatan selama ini karena research output dikelola secara manual. Harapan kami, dengan buku ini justru akan menjawab permasalahan yang ada selama ini. Dengan demikian, ilmuwan Indonesia dapat memacu diri untuk turut mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui karya ilmiah di jurnal-jurnal yang bereputasi. Sebuah artikel secara khusus kami tulisankan di bagian awal untuk menjadi referensi sehingga memungkinkan penggunaan instrument yang dikemukakan di bagian berikutnya dapat dimaksimalkan.

Ketentuan bahasa Inggris bukanlah ukuran satu-satunya. Jurnal internasional
dapat saja ditulis menggunakan bahasa Persatuan Bangsabangsa lainnya
seperti bahasa Arab dan bahasa Rusia. Sementara itu, masyarakat ilmuwan
Indonesia bukanlah penutur bahasa Inggris. Sehingga kemungkinan untuk salah
selalu saja terbuka. Dengan demikian sebagai pemakai bahasa asing, perlu
melakukan konsultasi dengan pakar bahasa sehingga kualitas kebahasaan
artikel yang sudah ...

Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah

Walaupun Bahasa Arab salah satu bagian utama dari tradisi dunia Islam, namun tetap saja kesulitan demi kesulitan dalam belajar Bahasa Arab senantiasa mengemuka. Begitu juga dengan pesan-pesan ayat Al-Quran senantiasa yang memberikan isyarat bagaimana Bahasa Arab menjadi sebuah alat yang paralel dengan keberadaan Al-Quran itu sendiri. Inovasi pembelajaran seiring dengan kesulitan itu juga tumbuh untuk menjawab tantangan problematika tersebut. Namun semua itu belum mendapatkan hasil yang diharapkan. Ganjalan pertama, pembelajaran Bahasa Arab senantiasa dipandang sebagai bagian dari belajar agama semata-mata. Sehingga ketika belahar Bahasa Arab, angapan yang muncul adalah itu belajar agama. Buku ini menjadi bukti, bahwa dengan kerjasama dengan kesatuan tujuan akan ada hasil yang diharapkan. Sebuah mitos selalu menjadi bagian dari kehidupan kita di Indonesia bahwa "kerja tim sebuah hal yang susah". Mitos itu kemudian tidak menjadi momok dan penghalang dalam mengelola semua potensi kelas yang ada. Di tangan kita, buku ini menjadi bagian dari usaha untuk memberikan sumbangsih dengan adanya kerjasama maka selalu dapat mewujudkan capaian sesuai dengan tujuan bersama.

Belajar bahasa asing di madrasah akan berkaitan dengan program pengajaran
yang berlangsung secara formal. ... Berbicara merupakan awal dari kemampuan
berbahasa sehingga untuk mengajar menulis, merupakan keterampilan yang ...

MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Buku “Pembelajaran Bahasa Arab” adalah sebuah pengantar dalam memahami proses belajar-mengajar bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab sebagai bagian dari aktivitas untuk lebih memahami tentang keislaman. Untuk itu, memahami bahasa Arab merupakan awal dari pemahaman ajaran Islam itu sendiri. Tidaklah akan sempurna keislaman seorang muslim tanpa pemahaman bahasa Arab. Pada titik inilah kemudian pembelajaran bahasa Arab menjadi sebuah keperluan untuk dilaksanakan.

Fakultas Agama Islam Universitas Indonesia Timur, Makassar dan Akademi
Pariwisata Fajar. Musim Panas 2003 mendapatkan ... Selama menjalani
pendidikan, mendapatkan kesempatan untuk menjadi visiting student di National
University of Singapore (2007), dan Waseda University, Jepang (2008). Dalam
rentan waktu tersebut itu ... Universitas Hasanuddin. Selanjutnya Juli sampai
Desember 2010 memulai aktivitas sebagai dosen kontrak di Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri ...

Belajar dan Pembelajaran

Manusia diciptakan dengan sungguh menakjubkan. Apabila kita mencermati tubuh manusia, coba Anda cermati tubuh Anda, sungguh luar biasa. Betapa lengkap dan canggihnya instrumen yang dibekalkan dalam tubuh manusia agar bisa belajar. Instrumen untuk menangkap informasi, untuk mengolahnya, untuk menanggapinya, untuk memberi respons. Instrumen untuk menangkap informasi yang kita miliki, sungguh kompleks, baik ragam, mekanisme, maupun fungsinya. Kita memiliki sekurangnya pancaindra, indra penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecap, dan peraba. Mari kita melakukan telaah sepintas pada kelima indra tersebut Indra penglihatan merupakan indra utama yang menolong kita mengenali dan memahami dunia sekeliling kita.

Manusia diciptakan dengan sungguh menakjubkan.

Ideologi Politik Pendidikan Kontemporer

Berbicara mengenai ideologi, makna ideologi secara definitif mengalami perkembangan dari masa ke masa. Pada awalnya, ideologi diartikan sebagai ilmu tentang ide (Destutt de Tracy) kemudian berkembang ke arah pengertian yang bercorak pejoratif dan negatif (Marx dan Marxis), di mana ideologi dipahami sebagai bentuk ilusi, kekuasaan, kesadaran palsu, dan hegemoni. Berikutnya, seorang non-Marxis, Karl Mannheim menyumbangkan pemikirannya dengan mengemukakan pengertian baru, yakni ideologi sebagai pandangan hidup, weltanschauung atau world view.

Pada pertengahan abad ke-14, di Kota Bandar Malak ramai dikunjungi para
saudagar dari Asia Barat dan Jawa (Majapahit). Melalui para saudagar dari
Jawa yang masuk memeluk agama Islam maka tersebarlah Islam ke Pulau Jawa.
Dalam ...