Sebanyak 1595 item atau buku ditemukan

Etika Pemasar dan Kepuasan Konsumen dalam Pemasaran Perbankan Syariah

“Buku Etika Pemasar dan Kepuasan Konsumen dalam Pemasaran Perbankan Syariah yang ditulis oleh Inggang Perwangsa Nuralam hadir untuk melengkapi literatur yang terkait dengan etika pemasar dalam perbankan syariah. Kelebihan buku ini adalah membahas secara mendalam dan terperinci tentang konsep pemasar syariah, konsep kepuasan, serta didukung dengan data empiris sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif. Semoga buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pembaca” -Prof. Dr. Endang Siti Astuti, M.Si. Guru Besar Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) FIA UB

“Buku Etika Pemasar dan Kepuasan Konsumen dalam Pemasaran Perbankan Syariah yang ditulis oleh Inggang Perwangsa Nuralam hadir untuk melengkapi literatur yang terkait dengan etika pemasar dalam perbankan syariah.

Etika Perbankan

Studi Performa Bank Syariah dan Bank Sosial

Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bank yang mempunyai dampak sosial, memberikan performa yang semakin eksis. Hal ini ditunjukkan oleh Bank Etis (Bank Sosial dan Bank Syariah) melalui misi sosialnya yang berhasil lolos dari krisis keuangan global, dibandingkan dengan rekannya bank konvensional yang justru harus dilikuidasi atau bail out, bahkan dalam operasionalnya kedua bank etis tersebut tetap dapat menghasilkan profit dan meningkatkan asetnya. Prinsip yang terjadi adalah SRI (Socially Responsible Investment). Buku ini memperkuat beberapa ahli seperti: Adam Smith (1791) yang dikenal sebagai peletak dasar ilmu ekonomi, bahwa ekonomi secara luas dipahami sebagai ilmu pengetahuan moral. Kemudian M. Yunus (2012) dengan lembaga keuangan yang memiliki tanggung jawab mempersempit ketimpangan antara yang kaya dan yang miskin. Selanjutnya Orlizky et all (2003) dan Roland Benedikter (2011) yang menyimpulkan bahwa adanya hubungan antara performa perusahaan dengan dampak sosial dan lingkungan. Buku ini sekaligus membantah pendapat ahli seperti: Margolis dan Walsh (2003), John Maynard Keynes (1926) dan Teori Neoliberalism. Para peneliti ini dalam kajiannya skeptik dengan hubungan antara performa keuangan dan tanggung jawab sosial dan lebih mementingkan utilitas individu dibanding kelompok.

Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bank yang mempunyai dampak sosial, memberikan performa yang semakin eksis.

Organisasi dan Arsitektur Komputer

Arsitektur & Organisasi Komputer yaitu, Arsitektur Komputer mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0. Sedangkan Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional computer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.

Arsitektur & Organisasi Komputer yaitu, Arsitektur Komputer mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.

Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro

Buku yang berjudul Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro berisi teori dasar ekonomi mikro. Buku ini disusun agar mahasiswa lebih mudah dalam mempelajari mata kuliah Ekonomi Mikro. Mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar yang diajarkan pada semester pertama sehingga tidak memiliki prasyarat khusus. Buku ini terdiri dari 15 bab yang membahas topik-topik dasar ekonomi mikro secara komprehensif. Selain itu, buku ini dimulai dari konsep dasar teori ekonomi, penjelasan ilmu ekonomi dari sisi konsumen, penjelasan ilmu ekonomi dari sisi produsen serta konsep ekonomi kesejahteraan.

Buku yang berjudul Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro berisi teori dasar ekonomi mikro.

Teori Ekonomi Mikro

Dari buku ini diharapkan dapat menambah pengetahuan para pembaca, penulis, pengajar, pekerja, yang terkait dengan Teori Ekonomi Mikro. Terutama pada suatu perusahaan, lembaga nonprofit, lembaga pemerintah, serta lembaga non-pemerintah, maupun organisasi berbadan hukum lainnya. Kususnya dalam pendirian dan pengembangan lembaganya. Dalam buku ini ditulis pada PENDAHULUAN terdiri dari Definisi, Posisi dan Dasar Permasalahan Ekonomi Mikro, serta Lingkup dan Alat Analisis Ekonomi Mikro. Pada KESEIMBANGAN PASAR meliputi Permintaan dan Penawaran Pasar serta Keseimbagan Pasar. Sedangkan dalam PERMINTAAN PASAR, diuraikan mengenai Utilitas dan Ekuilibrium Konsumen. Begitu pula pada buku ini ditulis tentang DERAJAT KEPEKAAN PERMINTAAN PASAR, yang meliputi Efek Substitusi dan Pendapatan, serta Elastisitas Harga dan Pendapatan. Begitu juga ditulis tentang TEORI PRODUKSI, yang meliputi Produktivitas serta Penambahan Modal dan Kemajuan Teknologi. Tidak ketinggalan ditulis juga mengenai TEORI BIAYA, yang terdiri dari hal-hal yang terkait dengan Berbagai Macam Biaya serta Struktur Biaya. Begitu juga dalam buku ini ditulis mengenai EKUILIBRIUM USAHA, yang meliputi Persaingan Pasar Sempurna serta Keuntungan Optimal. Juga ditulis tentang PERUSAHAAN MONOPOLI, yang terdiri dari Arti Pasar Bagi Perusahaan Monopoli, serta Berbagai Kebijakan Untuk Perusahaan Monopoli. Begitu pula dalam buku ini dilengkapi dengan teori mengenai PASAR DUOPOLI DAN OLIGOPOLI, yang meliputi Pasar Duopoli serta Pasar Oligopoli. Tidak ketinggalan pula dalam buku ini diketengahkan hal-hal yang terkait dengan PENENTUAN HARGA FAKTOR PRODUKSI, yang mencakup tentang Penentuan Harga Faktor Produksi Non-Modal, serta Penentuan Harga Faktor Produksi Modal. Begitu juga yang terkait dengan PROSES OPTIMISASI, yang meliputi Optimisasi Penjualan, serta Kebijakan Harga Biaya Rata-rata dan Rintangan. Tak ketinggaln pula diketengahkan tentang EKUILIBRIUM UMUM, yang mencakup Dasar Asumsi dan Pembuktian Ekuilibrium Umum, serta Analisis Input-Output dan Programasi Linier. Untuk menutup seluruh informasi ilmiah di dalam buku ini, diketengahkan hal-hal yang bertautan dengan KESEJAHTERAAN MASYARAKAT, yang melingkupi Ekonomi Kesejahteraan serta Kriteria Kesejahteraan. Selain itu juga dilengkapi dengan TEORI KESEIMBAGAN KOPERASI, yang mencakup tentang Badan Usaha Koperasi serta Optimisasi Koperasi.

Dari buku ini diharapkan dapat menambah pengetahuan para pembaca, penulis, pengajar, pekerja, yang terkait dengan Teori Ekonomi Mikro.

Pengantar ekonomi Mikro

Ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang dari pohon ilmu yang luas dan besar maka ilmu ekonomi diberi gelar sebagai the oldest art, and the newest science. Pengetahuan yang amat besar dan luas, lmu ekonomi tidak diciptakan secara mendadak tetapi berkembang melalui suatu proses yang panjang. Ilmu ekonomi dianggap sebagai suatu disiplin ilmu baru mulai tahun 1776, yaitu sejak ditulis dan diterbitkannya buku yang fenomenal yang berjudul : The Wealth of Nation tahun 1776 karya Adam Smith. Sejak saat itu ekonomi sebagai ilmu mengalami perkembangan yang begitu pesat dari waktu ke waktu. Tahun tersebut sering dianggap sebagai tahun kelahiran ilmu ekonomi dan Adam Smith sebagai bapak ilmu ekonomi. Jadi, perhatikan bahwa bapak ilmu ekonomi adalah Adam Smith karena beliaulah yang memberikan dasar dan konsep yang jelas serta utuh dan rinci. Mengenai dari mana asal mula diperkenalkannya istilah ekonomi tidak dapat diketahui secara pasti. Yang orang ketahui bahwa istilah ekonomi ini lahir dari kata-kata bahasa Yunani yaitu oikos (Rumah tangga) dan nomos (Aturan/mengatur). Sehingga dapat disimpulkan secara harfiah bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu mengatur rumah tangga.

Ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang dari pohon ilmu yang luas dan besar maka ilmu ekonomi diberi gelar sebagai the oldest art, and the newest science.

EKONOMI MIKRO

Manusia dihadapkan pada kendala keterbatasan sumber daya sementara keinginan manusia sifatnya tidak terbatas. Untuk itu, ilmu ekonomi mikro berusaha menjawab hal tersebut. Seorang konsumen berusaha bagaimana memaksimumkan kepuasan dengan anggaran yang dimiliki, sedangkan produsen berusaha mendapatkan keuntungan maksimum dengan mengoptimumkan modal yang ada. Teori perilaku konsumen menjelaskan bagaimana seorang konsumen mencapai tujuannya memaksimumkan kepuasan dan teori produksi menjelaskan bagaimana produsen mengalokasikan sumber daya agar tercapai keuntungan maksimum. Konsumen dan produsen dipertemukan dalam mekanisme pasar, di mana terjadi permintaan oleh konsumen dan penawaran oleh produsen. Apabila permintaan dan penawaran bertemu di titik yang sama maka akan tercipta keseimbangan pasar (market equilibrium) namun apabila permintaan dan penawaran tidak bertemu di titik yang sama maka terjadi ketidakseimbangan pasar. Secara garis besar terdapat empat struktur pasar yaitu pasar persaingan sempurna, monopoli, oligopoli, dan persaingan monopolistik. Pembagian struktur pasar ini berdasarkan pada jumlah produsen dan konsumen dalam pasar. Masing-masing pasar ini memiliki karakteristik yang berbeda. Buku ajar Ekonomi Mikro ini berusaha menyajikan konsep-konsep di atas secara ringkas dan sederhana. Buku ini dilengkapi contoh-contoh soal sebagai bahan pengayaan dan latihan bagi mahasiswa.

Manusia dihadapkan pada kendala keterbatasan sumber daya sementara keinginan manusia sifatnya tidak terbatas. Untuk itu, ilmu ekonomi mikro berusaha menjawab hal tersebut.

PENGANTAR EKONOMI MIKRO (TEORI DAN PRAKTIS)

Oikos dan Nomos, tidak banyak yang mengetahui bahwa dua kata tersebut adalah asal dari kata Ekonomi. Secara harfiah gabungan dua kata tersebut dapat diartikan sebagai “manajemen rumah tangga”. Di mana suatu rumah tangga harus mampu mengatur segala sumber daya yang dimiliki untuk mencukupi kebutuhan dengan berbagai kondisi dan strategi yang akan digunakan. Perkembangan ilmu ekonomi semakin kompleks dan pesat dewasa ini. Berbagai teori ekonomi bermunculan dan salah satunya dikenal dengan Ilmu Ekonomi Mikro. Ekonomi mikro fokus mempelajari segala hal yang menjadikan keputusan individu, baik pada skala rumah tangga, perusahaan, pemerintahan, maupun produsen, agar mengalokasikan sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan. Ruang lingkup ilmu ekonomi mikro adalah untuk melihat perputaran ekonomi secara khusus dan spesifik dengan pembahasan seputar teori harga, produksi dan distribusi. Buku Pengantar Ekonomi Mikro “Teori dan Praktis” ini berisikan tentang teori, konsep dan perkembangan ekonomi, permintaan dan penawaran, produksi dan biaya, perilaku konsumen dan produsen, elastisitas, pasar, hingga studi kebijakan ekonomi. Kumpulan penulis yang merupakan praktisi akademisi ingin membuka cakrawala keilmuan pembaca pada bidang Ekonomi Mikro. Berbagai manfaat bisa didapatkan setelah memahami buku ini, diantaranya merumuskan kebijakan ekonomi; peramalan bisnis; manajemen & risiko; perilaku konsumen; pengaturan arus produk; kebijakan produksi; dan pengalokasian dana konsumen. Oleh karena itu, buku ini sangat cocok dimiliki bagi Anda sebagai pelaku bisnis, pemerintah, akademisi, pelajar, maupun rumah tangga masyarakat.

Oikos dan Nomos, tidak banyak yang mengetahui bahwa dua kata tersebut adalah asal dari kata Ekonomi.

Ekonomi Mikro

Menakar Paradigma melalui Perspektif Islam

Pembicaraan tentang ekonomi Islam tidak hanya terbatas pada soal bank syariah saja, namun harus mencakup pula ekonomi makro, ekonomi mikro, kebijakan moneter, kebijakan fiskal, pembiayaan publik hingga konsep pembangunan. Ini karena ekonomi Islam, yang bukan sebagai titik tengah antara kapitalisme dan sosialisme, mempunyai karakter yang tersendiri, meski masih terdapat kesamaan tertentu dalam mekanismenya dengan ekonomi konvensional. Ilmu ekonomi mikro merupakan salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang pembahasannya menitikberatkan pada perilaku ekonomi individu rumah tangga, perusahaan, dan pasar. Ilmu ekonomi mikro juga memberikan metode kepada seseorang atau rumah tangga perusahaan untuk mengelola sumber daya ekonomi yang dimiliki agar dimanfaatkan secara efisien sehingga mampu memperoleh keuntungan maksimum dan memberikan solusi optimum kepada perusahaan dalam mengambil kebijakan, baik yang berkaitan dengan harga maupun jumlah barang di pasar (industri) yang dimasuki. Ilmu ini juga mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. Dalam buku ini, penulis mencoba menggali konsep, variabel, dan teori-teori ekonomi yang telah diidentifikasi oleh para pemikir ekonomi muslim yang relevan dengan perilaku ekonomi modern. Buku ini juga memberikan jawaban atas berbagai pertanyaan dan konsep ekonomi Islam, seperti bagaimana konsep konsumsi yang benar menurut Islam, bagaimana konsumen membuat keputusan dan pemilihan terhadap suatu produk ketika ada perubahan pada harga atau pendapatan. Ekonomi mikro islami juga menjelaskan bagaimana sebuah keputusan diambil oleh setiap unit ekonomi dengan memasukkan batasan-batasan syariah sebagai variabel yang utama. Ekonomi mikro juga dapat menjelaskan perilaku industri dalam menentukan jumlah tenaga kerja, kuantitas, dan harga yang terbaik. Ekonomi mikro juga membahas bagaimana konsep produksi, distribusi yang benar menurut perspektif Islam, pelaku ekonomi Islam harus menghindari manipulasi, monopoli, dan mampu memahami konsep distorsi pasar. Pada garis besarnya, ekonomi islami mengidentifikasi tiga bentuk distorsi pasar, yakni rekayasa penawaran dan rekayasa permintaan, tadlis (penipuan), dan taghrir (kerancuan). Buku yang hadir di tengah-tengah para pembaca ini merupakan edisi pertama dengan 12 bab yang penulis rancang sebagai bahan ajar untuk memudahkan mahasiswa mengikuti materi yang disampaikan pada saat perkuliahan.

Ilmu ekonomi mikro merupakan salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang pembahasannya menitikberatkan pada perilaku ekonomi individu rumah tangga, perusahaan, dan pasar.

PENGANTAR EKONOMI MIKRO

Ekonomi mikro kerap kali menjadi aspek penting untuk mempelajari perilaku pada setiap produsen dan konsumen juga penentuan kuantitas faktor input, serta barang atau jasa apa saja yang kemudian akan diperjual-belikan dengan mengacu pada harga pasar. Ekonomi mikro sangat berperan dalam memprediksi hingga merancang strategi suatu perusahaan kedepannya. Ekonomi mikro akan mempermudah suatu perusahaan dalam memahami Perilaku, kemauan dan kebutuhan konsumen. Ruang Lingkup Ekonomi Mikro Dalam pola ekonomi mikro secara sederhana membentuk perilaku konsumen dan pasar di sektor individu atau perusahaan. Konsumen dan produsen sendiri merupakan individu pada setiap rumah tangga, organisasi, masyarakat, dan perusahaan. Interaksi di Pasar Faktor Produksi Dalam ekonomi mikro menurut sudut pandang penjual ditemukan bahwa produk yang memenuhi kebutuhan manusia juga membutuhkan faktor produksi dengan cara membelinya. Perilaku Penjual dan Konsumen Antara penjual dan konsumen keduanya harus memiliki sifat yang rasional, di mana penjual menginginkan keuntungan maksimal, dan pembeli menginginkan kepuasan optimal dari segi Kualitas dan Harga produk. Dalam menganalisis perlaku antara penjual dan pembeli, ada asumsi yang dapat diperhatikan yaitu aktivitas ekonomi antara penjual dan pembeli terjadi secara terbuka dan rasional, Interaksi di Pasar Barang Pasar merupakan tempat pertemuan antara permintaan dan penawaran. Pasar juga menjadi tempat dimana penjual dan pembeli dapat bertemu untuk dapat melakukan transaksi jual-beli. Dari pembahasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa ekonomi mikro dapat dijadikan dasar dalam merumuskan kebijakan perusahaan terkait harga dan upah dalam pengelolaan sumber daya. Ekonomi mikro juga mempermudah perusahaan dalam mempelajari interaksi pasar dan membentuk kebijakan perusahaan yang inovatif dan strategis berdasarkan kebijakan pemerintah. Ekonomi mikro juga berguna dalam Menyusun Prediksi, dengan adanya ekonomi mikro, perusahaan kemudian dapat menyusun strategi atau prediksi kedepannya. Kemudian tujuan analisis dari ekonomi mikro adalah lebih memfokuskan pada analisis tentang cara mengalokasikan sumber daya agar dapat dicapai kombinasi yang tepat, sedangkan tujuan analisis dari ekonomi makro adalah lebih memfokuskan pada analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara keseluruhan.

Ekonomi mikro kerap kali menjadi aspek penting untuk mempelajari perilaku pada setiap produsen dan konsumen juga penentuan kuantitas faktor input, serta barang atau jasa apa saja yang kemudian akan diperjual-belikan dengan mengacu pada ...