Buku statistik ini berisikan ringkasan materi yang telah disusun ulang secara sistematis dari buku-buku statistika, statistik deskriptif, dan statistik induktif agar mahasiswa memiliki bekal dan kemampuan dalam menyajikan data secara baik dalam aktivitas ilmiah, khususnya dalam menyusun laporan penelitian atau laporan tugas akhir. Selain materi dan bahan ajar, buku ini juga dilengkapi dengan contoh soal dan penyelesaiannya agar mahasiswa mampu menangkap intisari keilmuan sesuai dengan capaian pembelajaran yang diharapkan, serta disediakan beberapa soal sebagai bahan latihan mandiri. Rangkuman materi juga disajikan pada akhir setiap bab sehingga diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mengingat kembali materi-materi yang sudah dipelajarinya.
Buku statistik ini berisikan ringkasan materi yang telah disusun ulang secara sistematis dari buku-buku statistika, statistik deskriptif, dan statistik induktif agar mahasiswa memiliki bekal dan kemampuan dalam menyajikan data secara baik ...
Buku teks ini disusun di tengah-tengah kegelisahan penulis tentang kurangnya pemahaman dasar tentang statistika udi bidang ilmu pendidikan di kampus tempat penulis bekerja. Statistika sebagai ilmu bantu dalam ilmu pendidikan berperan bagai pisau untuk menganalisis gejala perilaku belajar; menilai ada atau tidak adanya hubungan dan atau pengaruh satu gejala terhadap gejala lain; menganalisis hasil percobaan perlakuan dalam setting pembelajaran. Pemahaman tentang ilmu statistika adalah dasar bagi para calon guru, mengingat statistika juga mengajarkan tentang bagaimana pengukuran pendidikan harus memenuhi syarat korespondensi, kebenaran yang didukung bukti dari lapangan. Meskipun perangkat lunak pengolah data dan statistik banyak beredar, tetapi masih perlu diajarkan bagiamana jalannya proses perhitungan sehingga mahasiswa dapat mengetahui suatu pengujian hipotesis dapat diberlakukan. Perangkat lunak tidak memberikan kesempatan pemahaman seperti itu. Buku statistik yang lebih rigit juga ada, tetapi tidak bersifat praktis. Pendekatan buku-buku statistik hanya cocok untuk mahasiswa di jurusan matematika atau sekolah tinggi ilmu statistik. Mahasiswa di bidang pendidikan, membutuhkan buku statistik yang praktis, tetapi tidak mereduksi pemahaman proses pengujian. Buku teks Statistika Pendidikan: Step By Step ditulis untuk mengisi ruang kosong yang tidak dapat diisi oleh perangkat pengolah data dan buku statistika yang beredar. Buku ini dapat dianggap sebagai panduan praktis yang mudah dipahami oleh mahasiswa pendidikan. Sebagai bagian dari model pembelajaran berbasis kinerja (outcomes-based learning), buku ini dilengkapi dengan latihan-latihan praktis pengujian hipotesis: korelasi, komparasi, dan regresi, tiga jenis analisis inferensial yang banyak digunakan. Dengan pembelajaran berbasis kinerja melalui tugas terstruktur, dosen akan mampu mewujudkan prinsip mastery learning. Terakhir, tujuan dari penulisan buku ini dan dengan dijadikan buku teks untuk mata kuliah Statistika Pendidikan, juga akan mempermudah mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi dengan metode penelitian kuantitatif.
Buku teks Statistika Pendidikan: Step By Step ditulis untuk mengisi ruang kosong yang tidak dapat diisi oleh perangkat pengolah data dan buku statistika yang beredar.