Sebanyak 64 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Hukum Islam

Buku ini terdiri dari 8 Bab yang membahas tentang: Bab 1. PENDAHULUAN, Bab 2. SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM, Bab 3. ASAS-ASAS HUKUM ISLAM, Bab 4. SEJARAH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM, Bab 5. HUKUM ISLAM DI IDONESIA, Bab 6. PERADILAN AGAMA, Bab 7. KOMPILASI HUKUM ISLAM, dan BAB 8. EKONOMI SYARI’AH.

Deskripsi Singkat Bab ini membahas tentang Ekonomi Syari‟ah, yang memuat
tentang: Pengertian Ekonomi Syariah, Tujuan Ekonomi Syariah, Prinsip-Prinsip
Ekonomi Syariah, Ciri-Ciri Ekonomi Syariah, Manfaat Ekonomi Syariah, ...

Buku Ajar Patologi Obstetri

Mencari faktor sosial-budaya yang dapat memengaruhi tumbuh-kembang dan
kesehatan umum ibu hamil. 4. Meningkatkan pengertian merencanakan
keluarga dan keluarga berencana untuk meningkatkan kesejahteraan umum
keluarga. 5. Menanamkan pengertian hubungan seksual yang sehat untuk
meningkatkan keharmonisan keluarga. 6. Menghindari PID dari infertilitas.

Keracunan Makanan Buku Ajar Ilmu Gizi

PENANGANAN Secara umum, penanganan keracunan makanan dibagi menjadi
dua tahap, yaitu upaya penyelamatan jiwa (life-savitig) dan perbaikan gejala.
Dehidrasi diatasi sambil menghentikan muntah serta diare. Pemberian cairan
rehidrasi bukan sekedar mengganti cairan yang telah/sedang hilang, tetapi juga
mengompensasi defisit elektrolit (natrium, kalium, klorida, magnesium) yang
terbawa bersama muntahan dan diare. Jika pasien diyakini telah termakan racun
tertentu ...

Langkah Kritis & Kontemporer Menulis Buku Ajar Perguruan Tinggi

Menulis diktat atau modul perkuliahan mungkin bukan hal baru bagi para intelektual kampus kita. Akan tetapi, menulis buku ajar, terutama yang berbasis penelitian, ternyata membutuhkan suatu paradigma kritis dan kontemporer sehubungan dengan upaya para intelektual kampus kita dalam membuka wawasan mahasiswanya terhadap penemuan yang berciri-ciri keindonesiaan atau penemuan yang benar-benar made in Indonesia. Buku ini dimaksudkan untuk menjawab tantangan tersebut, yakni bagaimana cara menulis buku ajar dalam paradigma kritis. Paradigma kritis yang kontemporer tersebut bertalian dengan tujuan etis di balik aktivitas menulis buku ajar, yakni agar mahasiwa kita terhindar dari praktik plagiarisme. Sebab, sudah menjadi habitus mahasiswa kita dewasa ini bahwa menulis tugas-tugas perkuliahan “harus” dilakukan dengan cara “kopas” (istilah mereka untuk copy & paste) dalam rangka mencari jalan pintas. Oleh karena itu, dibutuhkan paradigma yang kritis dan kontemporer dalam menulis buku ajar, yang dalam kaitan ini harus dimiliki para intelektual kampus kita dalam rangka menolak pemberhalaan terhadap metode dan teori Barat, yang selama ini dianggap seolah-olah benar atau seolah-olah hebat. Paradigma yang kritis dan kontemporer, yang melandasi penulisan buku ajar, juga terkait dengan fungsi buku ajar itu sendiri bagi mahasiswa, yakni dalam rangka mengenali, mengingat, dan menerapkan keilmuan yang diajarkan sang dosennya. Bertalian dengan hal itu, buku ini dapat dinilai “seirama” dengan tujuan visi Kemdikbud yang hendak membumikan teori-teori Barat menjadi termodifikasi dengan kebutuhan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bangsa Indonesia.

Dr. Wahyu Wibowo. pemikiran filsuf kontemporer, sehingga saya yakin anda
tidak akan ragu-ragu lagi untuk menulis buku ajar. agar pencerahan itu tercapai,
saya menganjurkan anda untuk membaca buku saya lainnya, yakni Tata
Permainan Bahasa Karya Tulis Ilmiah (Bumi aksara, 2010) dan Cara Cerdas
Menulis Artikel Ilmiah (Penerbit Kompas, 2011).

Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS

Kurikulum sebagai program pendidikan yang telah direncanakan secara sistematis mengemban peranan sebagai berikut: 1. Peranan Konservatif, salah satu tanggung jawab kurikulum adalah mentransmisikan dan menafsirkan warisan sosial kepada generasi muda. Dengan demikian, sekolah sebagai suatu lembaga sosial dapat mempengaruhi dan membina tingkah laku para siswa dengan nilai-nilai sosial yang ada dalam masyarakat, sejalan dengan peranan pendidikan sebagai suatu proses sosial. Karena pendidikan itu sendiri pada hakekatnya berfungsi pula menjembatani antara siswa dengan orang dewasa didalam proses pembudayaan yang semakin berkembang menjadi lebih kompleks, dan disinilah peranan kurikulum turut membantu proses tersebut. 2. Peranan Kritis/Evaluatif, kebudayaan senantiasa berubah dan sekolah tidak hanya mewariskan kebudayaan yang ada, melainkan juga menilai, memilih unsur-unsur kebudayaan yang akan diwariskan. Dalam hal ini, kurikulum turut aktif berpartisipasi dalam kontrol sosial dan menekankan pada unsur berpikir kritis. Nilai–nilai sosial yang tidak sesuai lagi dengan keadaan masa mendatang dihilangkan dan diadakan modifikasi dan perbaikan, sehingga kurikulum perlu mengadakan pilihan yang tepat atas dasar kriteria tertentu. 3. Peran Kreatif, kurikulum melakukan kegiatan-kegiatan kreatif dan konstruktif, dalam arti mencipta dan menyusun sesuatu yang baru sesuai dengan kebutuhan masa sekarang dan masa yang akan datang dalam masyarakat. Guna membantu setiap individu mengembangkan semua potensi yang ada padanya, maka kurikulum menciptakan pelajaran, pengalaman, cara berpikir, kemampuan dan keterampilan yang baru yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

A. Hakikat Sumber Belajar Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di
sekitar lingkungan kegiatan belajar yang secara fungsional dapat digunakan
untuk membantu optimalisasi hasil belajar. Optimalisasi hasil belajar ini dapat
dilihat ...

BUKU AJAR PENGANTAR HUKUM ISLAM

Dari Semenanjung Arabia hingga Indonesia

Hukum Islam merupakan bagian yang sangat penting dalam Islam. Ia berperan besar membentuk wajah Islam, sekaligus memberi kerangka dasar bagaimana bertindak sebagai seorang muslim. Ia memberikan rambu-rambu yang bervisi ideal-filosofis sekaligus praktis-teknis. Kerangka yang diberikan hukum Islam bersifat umum tapi detil, luas tapi mendasar, bagi seorang muslim dalam kapasitas sebagai pribadi dalam ruang privat, sekaligus dalam peran-perannya di ruang publik. Begitu luas dan pentingnya hukum Islam. Maka ketika kita memahaminya, kita akan mengerti sketsa besar wajah Islam. Buku ini mengantarkan pembaca untuk mendapatkan pemahaman yang mendasar, komprehensif, kokoh, dan rasional dalam bahasa yang mudah dipahami bahkan oleh pembaca awam. Berbeda dengan buku lain, pembahasan buku ini merentang dari hukum Islam baik dalam kerangka fikih klasik dan kontemporer hingga kontekstualisasi hukum Islam dalam wujudnya yang menyublim dalam spektrum hukum positif Nasional Indonesia. Buku ini merinci pokok-pokok hukum Islam; dalil dan sumber hukum Islam; sejarah pertumbuhan hukum Islam sejak pembentukan hingga era kontemporer; serta hukum Islam di Indonesia sejak masuknya Islam sampai era reformasi.

Hukum Islam merupakan bagian yang sangat penting dalam Islam.

Buku Ajar Pengantar Bisnis

Buku ajar Pengantar Bisnis ini merupakan bahan kuliah mencakup materi utama yaitu: Ruang Lingkup Bisnis; Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan; Bentuk-Bentuk Badan Usaha; Kewiraswastaan dan Perusahaan Kecil; Manajemen dan Organisasi; Pemasaran; Manajemen Produksi; Konsep Nilai Waktu dari Uang; Manajemen Keuangan Perusahaan; Manajemen Sumber Daya Manusia; Akuntansi dan Laporan Keuangan; Teknik Analisis Meramalkan Kas Perusahaan; Tanggung Jawab Sosial Suatu Bisnis; Bisnis Internasional.

Buku ajar Pengantar Bisnis ini merupakan bahan kuliah mencakup materi utama yaitu: Ruang Lingkup Bisnis; Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan; Bentuk-Bentuk Badan Usaha; Kewiraswastaan dan Perusahaan Kecil; Manajemen dan Organisasi; ...

Buku Ajar Pengantar Analisis Variabel Real

Materi dalam buku ajar ini terdiri dari 4 (empat) bab. Materi yang disajikan pada bab 1 merupakan materi dasar yang dibutuhkan untuk mempelajari materi pada bab selanjutnya, Bab 1 mencakup materi logika matematika, metode pembuktian dalam matematika, teori himpunan, dan relasi dan fungsi real. Pada bab 2, pembahasan mencakup Sifat Lapangan dari , Sifat-sifat Urutan pada, Ketaksamaan, Nilai Mutlak dan Garis Real, Garis Bilangan Real, Sifat Kelengkapan, Aplikasi Supremum dan Infimum, Selang Bersarang, dan Representasi Desimal. Pada Bab 3 akan dibahas konsep tentang Barisan dan limitnya, Barisan monoton, Subbarisan dan Teorema Bolzano-Wierstrass, Kriteria Cauchy, dan Barisan divergen. Pembahasan pada Bab 4, mencakup Definisi Limit, Kriteria barisan untuk Limit Fungsi di Satu titik, kriteria divergensi, teorema limit, prinsip apit limit fungsi di satu titik, dan perlusan konsep limit tak-hingga, limit di tak-hingga, limit tak-hingga di tak-hingga.

Materi dalam buku ajar ini terdiri dari 4 (empat) bab.

Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia

Mengkaji sastra berarti memahami hal-hal yang terdapat dalam karya sastra sehingga pembaca dapat memahami kisah dan peristiwa yang disajikan dalam karya sastra. Melalui karya sastra, pembaca dapat belajar dan memetik hikmah dari peristiwa dan cara tokoh menyelesaikan permasalahan yang dialami. Untuk dapat mengapresiasi karya sastra, pemahaman akan teori unsur pembangun karya fiksi menjadi penting dan hal ini ditawarkan dalam mata kuliah Apresiasi Prosa Indonesia.

Roman ini menceritakan adat istiadat Minangkabau pada masanya dengan
berbagai dampak negatif dan positif yang dikandungnya. Marah Rusli berusaha
mengoreksi dan memperbaiki kepincangankepincangan dalam adat seperti
kawin ...