Sebanyak 30239 item atau buku ditemukan

Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling

Bimbingan dan konseling yang merupakan pelayanan dan, untuk, dan oleh manusia memiliki pengertian-pengertian yang khas. Bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang ahli kepada individu dengan menggunakan berbagai prosedur, cara dan bahan agar individu tersebut mampu mandiri dalam memecahkan masalah masalah yang dihadapinya. Sedangkan konseling merupakan proses pemberian bantuan yang didasarkan pada prosedur wawancara konseling oleh seorang ahli (konselor) kepada individu (klien) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi klien. Sesuai dengan tuntutan keilmuan dan prosedur pelaksanaannya bimbingan dan konseling diselenggarakan menurut berbagai asas, yaitu asas kerahasiaan, kesukarelaan, keterbukaan, kekinian, kemandirian, kegiatan, keterpaduan, kenormatifan, keahlian, ahli tangan, dan tut wuri handayani. Asas-asas ini perlu terlaksana dengan baik demi kelancaran penyelenggaraan serta tercapainya tujuan bimbingan dan konseling yang diharapkan. Daftar Isi Bab I : Latar Belakang Bab II : Wawasan Tentang Pemahaman Penanganan dan Penyikapan Terhadap Kasus Bab III : Pengertian Bimbingan dan Konseling Bab IV : Landasan Bimbingan dan Konseling Bab V : Fungsi dan Prinsip-Prinsip Bimbingan dan Konseling Bab VI : Orientasi dan Ruang Lingkup Kerja Bimbingan dan Konseling Bab VII : Jenis Layanan dan Kegiatan Bimbingan dan Konseling Bab VIII : Bimbingan dan Konseling Sebagai Profesi Informasi Buku Judul : Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling Penulis : Prayitno ISBN : 9789790980938 Penerbit : Rineka Cipta Tahun Terbit : 2018 Berat : 0.25 kg Jenis Cover : Soft Cover Dimensi : 20 x 13.5 cm Bahasa : Bahasa Indonesia

Daftar Isi Bab I : Latar Belakang Bab II : Wawasan Tentang Pemahaman Penanganan dan Penyikapan Terhadap Kasus Bab III : Pengertian Bimbingan dan Konseling Bab IV : Landasan Bimbingan dan Konseling Bab V : Fungsi dan Prinsip-Prinsip ...

Buku Ajar Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling

Buku Ajar Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling ini disusun sebagai buku panduan komprehensif yang menjelajahi kompleksitas dan mendalamnya tentang ilmu bimbingan dan konseling. Buku ini dapat digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di bidang ilmu bimbingan konseling dan diberbagai bidang Ilmu terkait lainnya. Buku ini dapat digunakan sebagai panduan dan referensi mengajar mata kuliah ilmu dasar-dasar bimbingan dan konseling dan juga dapat menyesuaikan dengan Rencana Pembelajaran Semester tingkat Perguruan Tinggi masing-masing. Secara garis besar, buku ajar ini pembahasannya mulai dari pengantar dan kosep dasar bimbingan dan konseling, sejarah bimbingan dan konseling, landasan bimbingan dan konseling, fungsi dan pendekatan bimbingan dan konseling, prinsip-prinsip bimbingan dan konseling, jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling. Selain itu materi mengenai kualifikasi dan kompetensi konselor dan problematika dalam pelayanan bimbingan konseling juga di bahas secara mendalam. Buku ajar ini disusun secara sistematis, ditulis dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Buku Ajar Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling ini disusun sebagai buku panduan komprehensif yang menjelajahi kompleksitas dan mendalamnya tentang ilmu bimbingan dan konseling.

Pengantar Ilmu Hadits

Hadits merupakan sumber ajaran Islam kedua setelah Al-Qur'an. secara teoritis seharusnya mempelajari hadits lebih mudah dibanding mempelajari Al-Qur'an. Namun prakteknya mempelajari hadits justru lebih sulit. ilmu hadits adalah sarana dalam memahami dan mendalami hadits yang berasal dar Nabi saw, sehingga akan didapatkan satu pemahaman yang benar tentang hadits tersebut. Di dalam buku ini dibahas: 1. Pengertian Hadits,Sunnah, Khabar, Atsar dan Hadits Qudsi 2. As-Sunnah dan kedudukannya dalam Islam 3. Penulisan dan Pembukuan hadits Nabi saw 4. Ilmu Hadits; Pertumbuhan, Perkembangan dan Pengenalan akan keduanya 5. Ilmu Rijalul Hadits 6. Ilmu Al Jarh Wa Ta'dil 7.Ilmu Gharib Al Hadits 8. Ilmu Ilal Al Hadits 9. Ilmu Mukhtalaf dan Musykil Hadits 10.Ilmu Mustalah Al Hadits Buku ini diharapkan membantu bagi mereka yang ingin mengetahui ilmu hadits khususnya di kalangan mahasiswa yang mempelajari hadits dan llmu hadits.

Hadits merupakan sumber ajaran Islam kedua setelah Al-Qur'an. secara teoritis seharusnya mempelajari hadits lebih mudah dibanding mempelajari Al-Qur'an.

Menyingkap Khazanah Ilmu Hadis

Begitu pentingnya al-Quran dan Hadis, hingga umat Islam mengekspresikannya dengan berbagai bentuk sepanjang Quran. Kita seringkali mendengar orang mengatakan, “Mari kita kembali kepada Quran dan Hadis!”, “Mari kita kembali kepada Quran dan Sunnah!”, dan ungkapan-ungkapan lainnya. Shahih al-Bukhari, salah satu kompilasi riwayat-riwayat hadis yang dikumpulkan oleh Imam al-Bukhari, diekspresikan sangat vital oleh para ulama sehingga muncul ungkapan “Ashahhu al-kutub ba’da al-Qur’an shahih al-Bukhari” (kitab yang paling sahih setelah Quran adalah shahih Bukhari). Sebelum memahami apa makna yang terkandung di dalam hadis, kita perlu memahami apa yang disebut sebagai istilah-istilah dalam hadis, atau disebut ‘ilm mushthalah al-hadits. Isi ilmu ini adalah seluruh penamaan yang terkait dengan kondisi hadis, baik dari aspek sanad (jalur riwayat) sampai aspek matan (konten hadis). Di sinilah kita tahuistilah shahih, dha’if, mutawatir, dan istilah lainnya. Setelah tahu ilmu istilah, kita perlu belajar bagaimana memahami sebuah hadis, apakah hadis tersebut bisa diamalkan, apakah hadis tersebut memiliki hadis lain yang menguatkan, apakah hadis tersebut ternyata maknanya bertentangan dengan Quran, dan masih banyak pertanyaan lain terkait dengan pemahaman hadis. Maka, ilmu ini kemudian disebut sebagai kritik hadis atau pemahaman hadis. Kedua ilmu itulah yang berupaya dirangkum dalam buku ini.

Begitu pentingnya al-Quran dan Hadis, hingga umat Islam mengekspresikannya dengan berbagai bentuk sepanjang Quran.

Pendidikan Profesi Keguruan

Buku ini hadir sebagai upaya untuk memberikan kontribusi dalam pengembangan kompetensi profesional guru, yang merupakan pilar utama dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Pendidikan profesi keguruan merupakan aspek penting dalam mencetak tenaga pendidik yang tidak hanya memiliki pengetahuan akademis, tetapi juga keterampilan pedagogis, manajerial, dan kepribadian yang baik. Buku ini disusun untuk menjadi panduan bagi para calon guru, guru yang sedang mengembangkan karier, serta para akademisi dan praktisi pendidikan yang ingin mendalami aspek-aspek penting dalam profesi keguruan. Dalam buku ini terdapat tujuh belas bab yang terdiri dari: Konsep Dasar Pendidikan Profesi Keguruan, Sejarah Pendidikan Profesi Keguruan, Teori Pembelajaran dan Pengajaran, Kurikulum Pendidikan Profesi Keguruan, Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran, Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Penggunaan Teknologi dalam Pengajaran, Pengelolaan Kelas, Diversitas dalam Konteks Pendidikan, Pendidikan Inklusif, Kemahiran Berpikir Kritis dan Kreatif, Etika Profesi Keguruan, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Karakter, Pengembangan Profesional Guru, Kemitraan dengan Orang Tua dan Masyarakat, Keterampilan Komunikasi.

Pendidikan profesi keguruan merupakan aspek penting dalam mencetak tenaga pendidik yang tidak hanya memiliki pengetahuan akademis, tetapi juga keterampilan pedagogis, manajerial, dan kepribadian yang baik.

Pendidikan dan Profesi Keguruan dalam Membangun Sumber Daya Manusia (SDM)

Banyak sumber belajar (learning resources) yang dapat dijadikan bahan kajian dalam pelaksanaan pembelajaran, baik yang berupa cetakan (hard copy) maupun bukan cetakan (soft copy) yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, namun keduanya saling melengkapi. Untuk memperkaya bahan bacaan atau referensi dalam pembelajaran, penulis sajikan sebuah buku dengan judul Pendidikan dan Profesi Keguruan dalam Membangun Sumber Daya Manusia (SDM). Pendidikan dan guru ibarat dua sisi koin yang satu sama lain saling membutuhkan dan tidak dapat dipisahkan.

Untuk memperkaya bahan bacaan atau referensi dalam pembelajaran, penulis sajikan sebuah buku dengan judul Pendidikan dan Profesi Keguruan dalam Membangun Sumber Daya Manusia (SDM).

Profesi Dan Profesionalisme Guru

Materi dalam buku ini membahas tentang Kompetensi Dasar Mengajar seorang guru IPA diantaranya adalah; 1) Guru sebagai jabatan profesi, 2) Tugas dan fungsi guru, 3) Kode Etik dan Tanggungjawab Guru, 4) Menjadi Guu Profesional, 5) Sikap Profesional Guru, 6) Kualifikasi dan Kompetens Guru, 7) Profesionalisme dan Profesionalisasi Guru, 8) Profesionalitas Guru, 9) Mengajar dan Mendidik yang Efektif, 10) Guru dan Cara Mengajar yang Efektif

Materi dalam buku ini membahas tentang Kompetensi Dasar Mengajar seorang guru IPA diantaranya adalah; 1) Guru sebagai jabatan profesi, 2) Tugas dan fungsi guru, 3) Kode Etik dan Tanggungjawab Guru, 4) Menjadi Guu Profesional, 5) Sikap ...

ETIKA PROFESI (MULTI PERSPEKTIF)

Kode etik adalah bentuk peraturan tertulis, yang dibuat berlandaskan moral sehingga saat diperlukan dapat dijadikan tolak ukur untuk mengadili perbuatan yang dinilai salah dari kode etik tersebut. Tujuan dari kode etik adalah agar profesi tersebut tetap profesional dalam memberikan layanan terhadap klien atau mitranya. Dengan demikian tenaga profesional akan bertanggung jawab dan apabila melakukan pelanggaran kode etik maka citra profesinya akan rusak dan merugikan dirinya sendiri. Perlu dipahami bahwa kode etik bukanlah hal yang kaku melainkan karena perubahan zaman maka kode etik menjadi bertentangan dengan tuntutan masyarakat.

Kode etik adalah bentuk peraturan tertulis, yang dibuat berlandaskan moral sehingga saat diperlukan dapat dijadikan tolak ukur untuk mengadili perbuatan yang dinilai salah dari kode etik tersebut.

PROFESI GURU ADALAH MISI HIDUP

Judul : PROFESI GURU ADALAH MISI HIDUP Penulis : Margarita D. I. Ottu, S.Pd.,M.Pd.K Phidolija Tamonob, S.Pd,M.Pd.K Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 168 Halaman No ISBN : 978-623-5687-31-5 “Hiduplah dalam sebuah pengabdian sebagai suatu misi hidup”. Profesi merupakan tugas yang diberikan dan diterima dalam rangka hidup di tengah-tengah masyarakat majemuk. Profesi menuntut pendidikan dan ketrampilan yang amat tinggi serta spesialisasi yang tajam, dituntut tanggungjawab dan komitmen. Guru bukanlah sekedar pekerjaan tetapi sebuah profesi mulia dan lebih dari sebuah pengabdian. Menjadi seorang guru, haruslah memiliki jiwa pengabdian, sikap-sikap yang baik harus dikembangkan karena sesungguhnya citra guru memiliki kesan sebagai satu profesi yang luhur. Tantangan guru professional untuk menghadapi abad 21 tersebut dapat dibedakan menjadi tantangan yang bersifat internal dan eksternal. Tantangan internal adalah tantangan yang dihadapi oleh masyarakat dan bangsa Indonesia, diantaranya penguatan nilai kesatuan dan pembinaan moral bangsa, pengembangan nilai-nilai demokrasi, pelaksanaan otonomi daerah, dan fenomena rendahnya mutu pendidikan. Sementara tantangan eksternal adalah tantangan guru professional dalam menghadapi abad 21 dan sebagai bagian dari masyarakat dunia di era global. Menjadi guru adalah sebuah panggilan menjadi seorang pemimpin untuk melayani dan memahami setiap penugasan istimewa. Cintailah profesi sebagai guru dan milikilah misi hidup yang terimplikasi dalam peran seorang guru sesungguhnya serta maknailah profesi guru sebagai suatu misi hidup.

Judul : PROFESI GURU ADALAH MISI HIDUP Penulis : Margarita D. I. Ottu, S.Pd.,M.Pd.K Phidolija Tamonob, S.Pd,M.Pd.K Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 168 Halaman No ISBN : 978-623-5687-31-5 “Hiduplah dalam sebuah pengabdian sebagai suatu misi ...