Sebanyak 30239 item atau buku ditemukan

Model Konseling Kontemporer, Modern, dan Postmodern

Buku Model Konseling Kontemprorer, modern, dan Post Modern ini secara khusus ditujukan kepada mahasiswa atau praktisi yang menggeluti pekerjaan bidang bimbingan dan konseling, atau pekerja sosial lainnya yang ingin memahami secara konfrehensif tentang model-model, prosedur serta tehnik yang digunakan dalam proses konseling. Buku ini menyajikan ragam model-model konseling berdasarkan historis, teoretis, dan praktis serta ditunjang dengan hasil-hasil penelitian terkini. Diawali dengan penyajian konsep dan perkembangan profesi Bimbingan dan Konseling di nusantara, selanjutnya membahas tentang model konseling Psikodinamik, Konseling behavioral, konseling kognitif behavioral, konseling Gestalt, Rasional emotif behavioral, serta diakhiri dengan bagian konseling dalam pandangan postmodern.

Buku Model Konseling Kontemprorer, modern, dan Post Modern ini secara khusus ditujukan kepada mahasiswa atau praktisi yang menggeluti pekerjaan bidang bimbingan dan konseling, atau pekerja sosial lainnya yang ingin memahami secara ...

Usaha Pemberian Layanan yang Optimal Guru BK pada Masa Pandemi Covid-19 (Antologi Esai Mahasiswa Bimbingan dan Konseling)

Antologi Esai ini disusun oleh mahasiswa praktikan berdasarkan hasil kegiatan PLP I atas bimbingan dosen pembimbing lapangan. Kegiatan PLP I ini dirancang dalam dua capaian, yaitu (1) membangun Jati diri pendidik dengan mengenal kultur sekolah, struktur organisasi sekolah dan tata kelola sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, dan kegiatan-kegiatan di sekolah. (2) Membangun jati diri pendidik dengan mengetahui praktik proses pembelajaran dan karakteristik siswa. Berdasarkan kegiatan tersebutlah mahasiswa praktikan menyusun esai sebagai respon dan kemampuan memberikan pendapat terhadap dunia pendidikan. Antologi ini diharapkan dapat menjadi motivasi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi diri dalam berlatih melatih menulis karya tulis ilmiah sebagai calon seorang pendidik.

layanan yang diberikan dari pihak sekolah, diharapkan dapat membuat siswa lebih mantap dalam menentukan pilihan karir. Dalam melakukan pemberian bimbingan karir kepada siswa kelas 12, seseorang guru tentunya menempuh berbagai macam cara ...

Program Inovatif dan Kerjasama Melalui Konseling Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan SMA Negeri 8 Surabaya

Buku ini ditulis dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan di SMAN 8 secara Inovatif, juga diharapkan ada kerjasama antara orang tua murid dan guru, untuk mencapai Inovatif ini, walaupun berbeda suku, yaitu suku Jawa, Madura dan Suku ARAB, namun dalam upaya Peningkatan Mutu Pendidikan, dimana Guru merupakan Pendidik, juga sebagai Media penghubung melalui ajaran dan pendidikan agama (Religi) yang tinggi, dan kerjasama di semua pihak yang berada di Wilayah tersebut.

Sedangkan menurut Stebbins (dalam Arthur 2005 : 179) kesuksesan karir bisa dibagi menjadi dua dimensi. Di sisi kesuksesan karir objektif menunjukkan kurang lebih indikator yang dapat diukur. Sedangkan di sisi kesuksesan karir subjektif, ...

BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR

Buku bimbingan dan konseling ini mengupas tentang bimbingan dan konseling pribadi, sosial, belajar, dan karir di sekolah dasar. Tujuannya adalah membantu mengembangkan potensi dan mendampingi perkembangan peserta didik di sekolah dasar

Buku bimbingan dan konseling ini mengupas tentang bimbingan dan konseling pribadi, sosial, belajar, dan karir di sekolah dasar. Tujuannya adalah membantu mengembangkan potensi dan mendampingi perkembangan peserta didik di sekolah dasar

Langkah Awal Sistem Konseling Pendidikan Nasional

Analisis Permendikbud No. 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Puji syukur ke hadirat Allah swt yang telah menganugerahkan rahmat, taufik, hidayah dan inayat melalui firman-firmanNya yang luar biasa sehingga penulis dapat menyelesaikan tulisan ini yang berjudul “Langkah Awal Sistem Konseling Pendidikan Nasional: Analisis Permendikbud No. 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah”. Dari judul tulisan ini, maka tentunya berisi tentang analisis terhadap kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang berkenaan dengan Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah”. Kebijakan seperti ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat profesi bimbingan dan konseling di Indonesia. Kebijakan ini berharap menjadi landasan hukum sekaligus pedoman dalam pelaksanaan BK di sekolah yang ada di seluruh Indonesia. Harapan lainnya adalah untuk menghilangkan kesalahpahaman tentang BK oleh masyarakat dan personil sekolah termasuk siswa. Walaupun demikian, setiap yang diciptakan manusia termasuk kebijakan ini, tentunya juga tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan dari kebijakan ini. Oleh karena itu, penulis berusaha memberikan masukan, ide, pendapat, pandangan dan kritikan terhadap kebijakan ini beserta kebijakan lain yang masih terkait.

Bimbingan dan konseling karir 1) 2) 3) Pengertian Proses pemberian bantuan konselor atau guru bimbingan dan konseling kepada peserta didik/ konseli untuk mengalami pertumbuhan, perkembangan, eksplorasi, aspirasi dan pengambilan ...

Puzzles Educative Bimbingan Konseling SMP Kelas IX

Puzzles Educative Bimbingan Konseling SMP Kelas IX Penulis : Fauziah, S.Pd.I Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-319-396-2 Terbit : Maret 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Dalam pelaksanaannya Bimbingan Konseling diatur dalam program-program yang sebelumnya sudah disusun oleh Guru BK. Program ini dibuat berdasarkan studi kebutuhan melalui Neend Assesmen. Neend Assesmen ini berupa angket, observasi dan wawancara yang dilakukan oleh Guru BK. Neend Assesmen ini ada yang sudah baku dan boleh dibuat sendiri oleh Guru BK. Guru BK bebas memilih Neend Assesmen mana yang akan digunakannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang ada di sekolahnya. Dalam prakteknya Bimbingan Konseling ada yang sudah di programkan ada yang secara insidental. Buku ini menyajikan materi-materi yang diberikan Guru BK berdasarkan program yang sudah direncanakan dalam satu tahun kedepannya. Buku ini mengupas tuntas dengan sajian yang menarik dan mudah dipahami. Jika ingin mengetahui lebih mendalam tentang apa saja materi Bimbingan Konseling di kelas IX maka temuilah dalam buku ini. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

B. Pengertian Karir Pekerjaan tidak serta merta merupakan karier. Kata pekerjaan (work, job, employment) menunjuk pada setiap kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa, sedangkan kata karier (career) lebih menunjuk pada pekerjaan atau ...

PEDOMAN PRAKTIKUM PRAKTIK BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI SOSIAL

Praktik Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling dan merupakan prasyarat bagi pemrograman mata kuliah PPL BK Mikro. Mata kuliah Praktik Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial merupakan kegiatan pemberian pengalaman latihan terstruktur kepada mahasiswa tentang cara memberikan layanan Bimbingan dan Konseling bidang Pribadi-Sosial kepada konseli. Kegiatan praktikum dilakukan di ruang laboratorium program studi Bimbingan dan Konseling. Praktik Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial sebagai kegiatan praktik mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling dimulai dengan memberikan latihan terstruktur kepada mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan menyusun instrumen need assessment. Hasil analisis data dari instrumen need assessment yang telah diperoleh dari responden digunakan sebagai dasar latihan terstruktur penyusunan Program Semester Layanan Bimbingan dan Konseling. Selanjutnya mahasiswa melakukan latihan terstruktur menyusun rencana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (RPL BK) untuk layanan bimbingan dan konseling bidang pribadi dan sosial. Berdasarkan RPL BK yang telah disusun akan digunakan sebagai dasar melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan menerapkan berbagai jenis layanan yang ada, misalnya layanan bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling kelompok, konseling individu dan sebagainya

Praktik Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling dan merupakan prasyarat bagi pemrograman mata kuliah PPL BK Mikro.

Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar

Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar: Suatu Pendekatan Imajinatif ialah salah satu bentuk tawaran pengajaran dan pembelajaran agar terfokus pada akuisisi alat-alat kognisi utama yang menghubUngkan imajinasi siswa dengan ilmu pengetahuan dalam kurikulum, pada satu sisi, dan meningkatkan kekuatan otak mereka secara umum. Merupakan disiplin ilmu yang akan membantu para guru kelas selaku guru pembimbing di sekolah dasar dalam memahami/mengetahui serta menganalisis kemungkinan terjadi kesalahan dalam diri anak yang berdampak pada proses belajar. Buku persembahan penerbit Prenada Media

Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar: Suatu Pendekatan Imajinatif ialah salah satu bentuk tawaran pengajaran dan pembelajaran agar terfokus pada akuisisi alat-alat kognisi utama yang menghubUngkan imajinasi siswa dengan ilmu pengetahuan ...

Konseling Komunitas

Bimbingan dan Konseling Komunitas untuk Meningkatkan Potensi Anak dan Remaja

BAB I KOMUNITAS SEKOLAH A. Definisi Bimbingan dan Konseling Komunitas 3 B. Bimbingan Konseling Komunitas Pendidikan 7 C. Konseling Komunitas Remaja ......................... 10 D. Bullying dan Kekerasan Anak ......................... 19 E. Bimbingan Konseling Komunitas Pesantren dalam Menangani Korban Trafficking ............. 22 BAB II KOMUNITAS KELUARGA A. Konseling Komunitas Perceraian .................... 35 B. Problematika Pernikahan Sirri bagi Keperempuan ..................................................... 39 C. Menggagas Kesejahteraan Komunitas ........... 44 D. Pedofilia: Jaringan Kejahatan International ... 48 E. Konseling Komunitas Mengatasi KDRT ........ 52 BAB III KOMUNITAS TRAUMATIS A. Konseling Traumatik Bencana .......................... 71 B. Konseling Komunitas Pengungsi dan Korban Krisis ..................................................................... 76 C. Memerangi Kebodohan dan Rasa Takut ......... 81 D. Pendekatan Konseling Komunitas yang Berorientasi Keadilan Sosial ............................ 85 BAB IV KOMUNITAS BERBASIS GENDER A. Memuliakan TKW: Belajar dari Hongkong ... 95 B. Mengatasi Tindak Kekerasan Pornografi dan Pornoaksi ............................................................ 98 C. Gerakan Perempuan dalam Bingkai Patriarkhi 106 BAB V KOMUNITAS MULTIKULTURAL A. Bimbingan danKonseling Komunitas Berbasis Internet ................................................................ 115 B. Bimbingan dan Konseling Komunitas Multikultural ...................................................... 119 BAB VI KOMUNITAS DI BERBAGAI SETTING A. Bimbingan Konseling Komunitas ................... 145 B. Layanan Terpadu untuk Korban Kekerasan . 160 C. Konseling Komunitas di Sekolah Berbasis Pesantren ............................................................. 168 D. Konseling Komunitas Keluarga ...................... 173 BAB VII KONSELING KARIR A. Penerapan Self-Efficacy pada Pengembangan Karier .................................................................... 179 B. Sosialisasi Perlindungan Perepmpuan dan Anak dengan Bimbingan Pribadi Sosial ................... 184 C. Perlindungan Buruh Migran ............................ 192 D. Gaya Hidup Remaja dan Dampak Karier Masa Depan ................................................................... 200

BAB I KOMUNITAS SEKOLAH A. Definisi Bimbingan dan Konseling Komunitas 3 B. Bimbingan Konseling Komunitas Pendidikan 7 C. Konseling Komunitas Remaja ......................... 10 D. Bullying dan Kekerasan Anak ......................... 19 E. ...

Bimbingan Konseling “Konsep, Teori dan Aplikasinya”

Bimbingan dan konseling sebagai ilmu dan profesi diharapkan mampu memberikan sumbangan bagi dunia pendidikan serta berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Kegiatan bimbingan dan konseling tidak dibatasi hanya di madrasah/sekolah, melainkan juga menjangkau bidang-bidang di luar sekolah yang memberikan nuansa dan corak pada penyelenggaraan pendidikan formal dan pengembangan sumber daya manusia. Guru bimbingan konseling diharapkan lebih tanggap, antisipatif, proaktif, dan responsif terhadap perkembangan peserta didik yang terjadi dalam masyarakat. Bimbingan dan konseling mempunyai peran yang sangat penting dalam pendidikan yaitu membantu setiap pribadi siswa agar berkembang secara optimal. Bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan yang berlangsung antara konselor dan klien yang bertujuan untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh klien. Konselor merupakan orang yang memberikan bimbingan sedangkan klien adalah orang yang diberi bimbingan. Pembahasan tersebut bersifat mendalam menyentuh hal-hal penting tentang diri klien (bahkan sangat penting yang boleh jadi rahasia pribadi klien). Guru BK bertanggung jawab untuk membimbing siswa sehingga dapat memiliki kepribadian yang matang dan mengenal potensi dirinya secara menyeluruh. Dengan demikian siswa diharapkan mampu membuat keputusan yang terbaik untuk dirinya, baik dalam memecahkan masalah mereka sendiri. Bimbingan dan Konseling merupakan bagian integral dari pendidikan. Setiap elemen pendidikan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan intelektual dan membentuk karakter. Sesuai dengan perumusan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa fungsi pendidikan untuk mengembangkan keterampilan dan pembentukan karakter serta peradaban dan martabat dalam konteks kehidupan intelektual bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa di untuk menjadi manusia yang beriman dan takut akan Tuhan Yang Maha Esa, mulia, sehat, berpengetahuan, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

pemahaman kondisi dan kemampuan diri, pemahaman kondisi lingkungan, perencanaan dan pengembangan karier, ... Bimbingan karir juga merupakan layanan pemenuhan kebutuhan perkembangan individu sebagai bagian integral dari program ...