Buku ini adalah sebuah pengantar metodologis dan teoritis ke analisis wacana, terutama analisis teks media. Analisis wacana adalah alternatif terhadap kebuntuan-kebuntuan dalam analisis media yang selama ini lebih didominasi oleh analisis isi konvensional dengan paradigma positivis dan konstruktivisnya. Lewat analisis wacana ini, kita akan tahu bagaimana dan mengapa pesan itu dihadirkan. dalam buku ini dikemukakan konsep-konsep penting dalam analisis wacana, tokoh-tokoh pe-mikirnya, pendekatan yang dipakai, dan dilengkapi dengan contoh penerapan analisis wacana konteks sosial-politik di Indonesia.
pengungkapan dan pengartian emosi melalui komunikasi nonverbal di masyarakat yang berbeda latar budaya : laporan penelitian hibah bersaing III/3 perguruan tinggi
Concept of emotion of Indonesian people--emosional expressions through faces in different cultural background of society; research report.
Harusnya penyelesaian ini adalah penyelesaian agama". Lebih lanjut Lembah
mengatakan Poso dirancang sebagai penyebaran agama ... Ternyata efek
domino dari dinamika pendatang menyebabkan kaum pendatang berhasil
menguasai kantong- kantong perkebunan dan ini mempunyai dampak terhadap
pembangunan rumah-rumah ibadah kaum Muslim yang menginjakkan kakinya
di tanah Poso. Jadi wajar saja terjadi ketegangan antara pendatang dengan
pribumi yang ...
Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya
Metode "analisis isi" yang menjadi kajian utama buku ini adalah "analisis isi kuantitatif" (quantitative content analysis), dipakai untuk mengukur aspek atau dimensi dari isi (dokumen) yang dilakukan secara kuantitatif. Metode analisis isi kuantitatif berupaya meminimalisasi bias subjektivitas penelitian dengan reliabilitas tinggi, dan mengutamakan ketepatan mengidentifikasi isi pernyataan, seperti penghitungan, penyebutan yang berulang dari kata atau kalimat tertentu. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia
Ketika menyusun kategori, peneliti harus memutuskan kategori hendak disusun
dalam ukuran data apa—apakah berskala nominal, ordinal, interval, ataukah
rasio. Keempat ukuran data ini mempunyai karakteristik masing-masing. (lihat
Tabel 7.1). Pilihan atas ukuran data apa yang dipakai harus mempertimbangkan
dua hal berikut. Pertama, rencana analisis statistik yang akan dipakai. Ini secara
tidak langsung juga berkaitan dengan tujuan penelitian dan hipotesis yang
dipakai ...