Kadang2 satu proses beladjar tidak dapat mentjapai hasil maksimal disebabkan
oleh karena ketiadaan kekuatan jang mendorong ini (tudjuan, motivasi). Dalam
hal inilah perlunja guru memasukkan motivasi didalam tjara2 mengadjarnja. B. Motivasi sebagai daja penggerak. Motivasi jang sehat perlu ditumbuhkan setjara
integral di- dalam dunia beladjar itu, jakni diambil dari dalam sistim nilai
lingkungan hidup murid itu dan ditudjukan pada pendjelasan tugas2
perkembangan murid.
Keb-njakan orang, termasuk mereka jang belum banjak bergerak dalam
lapangan penjelidikan, merasa sangat sukar menemukan masalah jang tepat
untuk diselidiki. Sebab utama dari kekurang-mampuan ini terletak dibidang
penguasaan lapangan kedjuruan. Seorang penuntut ilmu didalam pendidikan
mungkin sekali sudah dapat mengemukakan pendapat2 jang teoritis atau
spekulatif mengenai filsafat pendidikan, tetapi karena masih kurangnja
penguasaan masalah didalam ...