Sebanyak 5 item atau buku ditemukan

Kembali ke akar kembali ke sumber

esai-esai sastra profetik dan sufistik

... Cinta dan Pengetahuan-Nya) yang hakiki menampakkan diri. Oleh karena
punya asal-usul keilahian, maka keindahan memiliki pengaruh halus kepada
yang memilikinya, sehingga di mana saja dia berada dia akan sanggup
memasuki majelis persatuan dengan Tuhan.27 Syeikh Hamzah Fansuri
melukiskan Kekasihnya, yang "pelik menarik ingin" — untuk meminjam kata-kata
penyair Amir Hamzah — berdasar estetika cinta yang dianut para penyair sufi:
Subhanu Allah 102.

Hamzah Fansuri, risalah tasawuf dan puisi-puisinya

Literary criticism on works of Hamzah Fansuri, 16th/17th, Achinese ulama and writer, on sufism.

Wa ma khalaqtul-jinna wal-insana illa li ya'budun6 Yakni, Tiada kujadikan jin dan
manusia melainkan maka menyembah Daku yakni mengenal Daku. Lagi firman
Allah Ta'ala dalam hadis qudsi, Kuntu kanzan makhfiyyan ahbabtu an u'rafafa
khalaqtul-khalqa li'u'raf Yakni, Dahulu adalah aku8 perbendaharaan yang
terbunyi maka Kukasih bahwa akan dikenal Daku maka kujadikan makhluq9 (
supaya) mengenal Daku karena ini. Maka kata ahli tasawuf bahwasanya
mengenai Allah ...

Berburu kata, mencari Tuhan

apresiasi sajak Bambang Widiatmoko

Literary criticism on Bambang Widiatmoko's poems.

Aku pun jadi tak ragu akan nasibku Ketika kau buka jiwaku Dalam juz tiga puluh
milikku Ya Allah, betapa maha tahunya Engkau. Penghayatan akan Tauhid
melahirkan sikap tawakal. Berserah diri kepada Allah dengan memosisikan daya
upaya. Kata Rumi: bekerjalah, banting tulang dan peras keringat. Kemudian
sesudah itu, pasrahkan kepada Dzat Yang Memberi Rezeki, Yang Empunya
kekuatan luar biasa. Namun pada akhirnya penghayatan tentang Tauhid,
tentang Tuhan, ...

Sastra Sufi

sebuah antologi

Bila cinta Tuhan menyala dalam hatimu, tanpa diragukan lagi Tuhan telah cinta
kepadamu. Tak ada suara tepukan terdengar dari tangan yang bertepuk sebelah
saja Hikmah dari Tuhan adalah nasib dan pengumuman yang menjadikan kita ...