Sebanyak 115 item atau buku ditemukan

INOVASI TEKNOLOGI UNTUK KEMAJUAN BANGSA

Sejak berdiri tahun 1986, Program Studi Teknik Informatika (Prodi TI) UKDW telah mengalami berbagai nuansa pergumulan untuk bertumbuh semakin baik dalam memberikan pelayanan pendidikan tinggi kepada masyarakat dan bangsa Indonesia. Buku ini diterbitkan sebagai salah satu bentuk syukur kepada Tuhan dan sekaligus ingin membagikan pemikiran-pemikiran dari para penulis tentang peran Teknologi Informasi bagi bangsa Indonesia. Seluruh artikel yang dipublikasi di buku ini telah melalui tahapan pratinjau agar tetap dapat menghadirkan nuansa akademis di dalamnya. Sebagai sebuah bunga rampai, buku ini berisi berbagai topik yang pada prinsipnya berkaitan dengan peran Teknologi Informasi dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Sebagai sebuah bunga rampai, buku ini berisi berbagai topik yang pada prinsipnya berkaitan dengan peran Teknologi Informasi dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

PRINSIP-PRINSIP K3LH

Keselamatan dan kesehatan Kerja, dan Lingkungan Hidup

Keamanan di tempat kerja/praktik telah menjadi perhatian dan tuntutan masyarakat luas. Masyarakat semakin menyadari hak-hak yang seharusnya di dapatkan di tempat kerja, hak secara sosial, ekonomi, lingkungan maupun profesi/karir. Keamanan disini yang dimaksudkan adalah keamanan selama di tempat kerja (lingkungan) dan keamanan selama melakukan kerja/praktek. Namun pemahaman akan hak tersebut, belum relevan dengan penerapan proses kerja/praktik di tempat kegiatan/usaha, belum sesuai dengan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Kecelakaan kerja/praktik yang terjadi tidak dievaluasi secara tepat untuk menjadi perbaikan di manajemen praktik dan tempat kerja, hingga memenuhi standar Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH). Penerapan yang belum tepat tersebut, dapat disebabkan oleh ketidaktahuan pentingnya dan bagaimana menerapkan standar K3LH untuk terciptanya kondisi kerja dan lingkungan yang aman, nyaman dan efisien. Dunia berkembang ke arah Green Growth, bahwa pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan sosial dan keberlanjutan lingkungan tidak sekedar tujuan-tujuan yang saling melengkapi, integrasi ekonomi, sosial dan lingkungan adalah esensi untuk masa depan manusia yang sejahtera. Demi memenangkan kompetisi dalam arah perkembangan tersebut, tiap lembaga harus mengimplementasikan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (SMK3LH). SMK3LH adalah bagian integral dari tujuan dan sasaran lembaga untuk menjadi organisasi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan K3 dan secara ekonomi berlanjut. Lembaga pendidikan adalah pintu strategis untuk memasuki dunia kerja yang sesuai dengan tuntutan sosial dan lingkungan yang berkualitas. Pengembangan lembaga diklat vokasi dan keterampilan berkontribusi signifikan tidak hanya dalam mengembangkan sumberdaya manusia dan sosial, tetapi juga dalam mempromosikan keterampilan-keterampilan, pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk mewujudkan ekonomi Indonesia yang lebih layak dan terus berkembang secara sosial dan ramah lingkungan. Pelatihan dan kesadaran untuk melaksanakan K3LH sesuai masing-masing jabatan/posisi menjadi basis perbaikan berkelanjutan terhadap kinerja K3LH lembaga. Semua bagian di organisasi harus memenuhi aturan dan tatanan K3LH yang telah ditetapkan. Komitmen dan keterlibatan setiap orang adalah jaminan pencapaian yang luar biasa di kinerja K3LH.

5 Manajemen K3 5. 1 Komitmen 4.6 Tinjauan 4.6 | Tinjauan 5 Tinjauan Ulang
dan 5.6 manajemen manajemen manajemen Peningkatan Oleh 5.6.1 | Tinjauan
Pihak Manajemen 5.6.2 manajemen 5.6.3 | Umum 8.5.1 | Masukan untuk
tinjauan ...

Akuntansi Intermediate Ilustrasi Problem Dan Solusi

... buku lainnya yang pernah ditulis dan dipublikasikan secara nasional, selain
Akuntansi Interme- diate: Ilustrasi Problem dan Solusinya (Buku I), adalah Siklus
Akuntansi Perusahaan, Fenomena Audit Internal, Akuntansi Pengantar (Jilid I & II
) ...

Pengantar Sistem dan Perencanaan Transportasi

Pada dasarnya sistem transportasi merupakan suatu siklus aktivitas yang bersifat kontinyu yang melibatkan hampir seluruh aspek sehingga analisis berbagai bidang ilmu dapat menjadi dasar dalam menganalisis persoalan kompleks yang diakibatkan oleh adanya tuntutan perjalanan setiap individu. Luasnya cakupan transportasi dalam konteks keilmuan tidak berarti bahwa ilmu transportasi hanya memanfaatkan berbagai analisis yang sudah ada pada bidang ilmu lainnya. Perencanaan transportasi memiliki keterkaitan erat dengan perencanaan wilayah sebab kedua-duanya merupakan suatu medan yang menjelaskan tentang kompleksitas suatu aktivitas yang dapat menimbulkan berbagai persoalan di hampir semua sektor. Oleh karenanya, ilmu transportasi dan perencanaan wilayah (kota dan desa) ibarat mata uang yang tidak dapat dipisahkan sehingga dalam perjalanannya telah dapat melembagakan suatu disiplin ilmu tersendiri yang banyak menghasilkan ahli-ahli di bidangnya. Buku ini bertujuan memberikan pengantar pemahaman ke arah sistem transportasi yang berfungsi sebagai suatu struktur jaringan aksesibilitas bagi wilayah yang secara fungsional mencakup wilayah kota dan wilayah desa. Fungsi transportasi yang menghubungkan berbagai wilayah menggambarkan suatu kenyataan bahwa transportasi sangat perlu untuk direncanakan untuk tujuan jangka panjang. Maka untuk memahami lebih lanjut tentang siklus tersebut, dibutuhkan suatu pengantar untuk masuk ke dalam pemahaman sistem transportasi secara umum yang terdiri dari berbagai komponen-komponen. [Rudi Azis, S.T., M.Si., Asrul, S.T., Penerbit Deepublish, ilmu transportasi, sistem transportasi, perencanaan transportasi]

Maka untuk memahami lebih lanjut tentang siklus tersebut, dibutuhkan suatu pengantar untuk masuk ke dalam pemahaman sistem transportasi secara umum yang terdiri dari berbagai komponen-komponen. [Rudi Azis, S.T., M.Si., Asrul, S.T., Penerbit ...

Audit Komunikasi

Pendekatan dan metode Asesmen Sistem Informasi Komunikasi dalam Organisasi

Buku ini terbagi dalam tiga bagian utama dari sembilan bab yang menjadi substansi penting buku yang membahas perihal Audit Komunikasi ini. Bagian pertama yakni bab yang mengurai pentingnya audit komunikasi. Bagian kedua menyajikan bab-bab yang menjelaskan bagaimana audit komunikasi dilaksanakan; mengurai model dan proses audit, diagnosis organisasi, proses pengumpulan informasi, teknologi yang digunakan, perencanaan komunikasi strategis, penulisan laporan audit dan masalah etika audit komunikasi. Adapun pada bagian ketiga berisi bab yang mengurai contoh laporan audit komunikasi. -PrenadaMedia-

Sebagaimana kita ketahui bahwa komunikasi adalah suatu konsep yang di
dalamnya dipahami sebagai proses interaksi orangorang di dalam masyarakat.
Proses interaksi itu dapat berlangsung secara langsung atau dengan
menggunakan media, berlangsung antara individu satu dengan individu lain,
individu dengan kelompok, individu dengan masyarakat, individu dengan
institusional atau sebalikanya, secara vertikal, horizontal, saling silangmenyilang
, dan diagonal. Jadi di ...

Kearifan Lokal yang Terkandung Dalam Upacara Tradisional Kepercayaan Masyarakat Sakai-Riau

Buku ini merupakan hasil penelitian yang membahas tentang kearifan lokal yang terkandung dalam upacara tradisional kepercayaan masyarakat Sakai-Riau

Buku ini merupakan hasil penelitian yang membahas tentang kearifan lokal yang terkandung dalam upacara tradisional kepercayaan masyarakat Sakai-Riau

Pemanfaatan Candi Bahal sebagai Media Pembelajaran Alam Terbuka dalam Proses Belajar Mengajar

Candi Bahal I, II, dan III Padang Lawas, Sumatera Utara, yang diperkirakan dibangun pada abad ke-11, memiliki potensi yang sangat besar sekaligus penting untuk dijadikan sebagai media pembelajaran alam terbuka bagi peserta didik. Karena tidak terikat ruang kelas, belajar di alam terbuka memiliki kelebihan tersendiri, khususnya demi mendekatkan peserta didik dengan kekayaan budaya lokal. Candi Bahal sebagai ciptaan manusia adalah sim bolisasi fisik atas nilai-nilai kepercayaan manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa, apalagi candi ini oleh Pemerintah Republik Indonesia telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kebudayaan Pariwisata Nomor PM.88/PW.007/MKP/2011 tanggal 17 Oktober 2010. CandiBahal I, II dan III sebagai media pembelajaran alam terbuka juga mengandung nilai religi, toleransi hidup beragama, seni arsitektur, rekreasi, sejarah dan nilai kebhinekaan. Konsep media pembelajaran alam terbuka memang belum dikenal luas di Sumatera Utara, utamanya oleh guru-guru dan peserta didik. Padahal, model pembelajaran inovatif perlu kerap diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan daya serap peserta didik terhadap ilmu. Dengan konsep belajar di luar ruang kelas, maka proses belajar akan lebih interaktif, konkret, dan kontekstual, karena peserta didik secara langsung dapat melihat ataupun menyentuh bangunan bersejarah dan bahkan dapat berfoto di lokasi bangunan bersejarah dimaksud. Selain itu dengan melihat langsung objek-objek bangunan bersejarah menjadi aspek penting dalam penyediaan lingkungan belajar yang baru. Hal ini merupakan perwujudan dari Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah berbunyi; Kompetensi Inti sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas: Inti sikap spiritual; Kompetensi Inti sikap sosial; Kompetensi Inti pengetahuan; dan Kompetensi Inti keterampilan [Pasal 3 ayat 3]. Candi Bahal I, II dan III sebagai media pembelajaran alam terbuka dapat dipergunakan oleh berbagai guru bidang studi seperti guru bidang studi PPKn, Agama, Sejarah, IPS, dan lain-lain.Guru-guru tersebut memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam mempergunakan candi sebagai medianya dalam proses belajar mengajar dengan seluruh peserta didiknya. Di masa depan, dengan semakin optimalnya candi Bahal dijadikan sebagai media pembelajaran alam terbuka, diharapkan dapat memupuk kesadaran guru, peserta didik dan masyarakat dalam melestarikan warisan budaya tersebut, karena saat ini pemeliharaan candi dimaksud masih belum optimal.

Pendahuluan SALAH satu penunjang dalam proses belajar mengajar antara
guru dan peserta didiknya adalah media pembelajaran. Media pembelajaran
memiliki peran dan fungsi penting dalam proses belajar mengajar. Pemilihan
media ...

Ekologi Lingkungan Kawasan Karst Indonesia

Menjaga Asa Kelestarian Kawasan Karst Indonesia

Kawasan karst adalah bentanglahan yang didominasi oleh proses pelarutan batuan. Proses ini merupakan interaksi yang unik antara batuan yang mudah larut, karbondioksida dari atmosfer dan air, menciptakan suatu fenomena alam yang sangat unik dan khas. Perkembangan lorong-lorong pelarutan termasuk diaklas-diaklas yang menghubungkan bagian permukaan dengan sistem sungai bawah tanah menyebabkan kondisi kering dijumpai di bagian permukaan, sedangkan di bagian bawah permukaan kawasan karst memiliki sumberdaya air yang melimpah. Buku ini hadir sebagai media berbagi pengalaman terkait penelitian di kawasan karst yang diharapkan mampu memberikan sumbangsih dalam pengelolaan kawasan di Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya. Buku ini terwujud atas prakarsa Karst Student Forum (KSF) Fakultas Geografi UGM dan Kelompok Studi Karst Fakultas Geografi UGM. [Penerbit Deepublish, Deepublish, Sosial, Prof. Dr. Sudarmadji, M.Eng.Sc.]

Pengalaman berinteraksi langsung dengan alam dan belajar mengenai alam
membantu individu memahami kemanusiaannya secara penuh (Clayton & Myers
2009). Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa pengalaman berinteraksi ...

Manaemen Sumber Daya Manusia Lanjutan

Buku ini membahas manajemen sumber daya manusia (MSDM) dari sisi tanggung jawab perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan. Perguruan tinggi memiliki dua tujuan untuk mengembangkan SDM melalui proses pendidikan, yaitu satu, meningkatkan kualitas SDM, dan dua, meiningkatkan kuantitas SDM yang berpendidikan. Kriteria SDM yang berkualitas yaitu individu-individu yang kreatif, berdaya saing tinggi, dan produktif dalam berkarya. Hal ini berarti bahwa tugas perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas SDM juga menjadi tugas para tenaga pendidik yaitu para dosen di berbagai universitas. Buku ini juga membahas kinera dosen di perguruan tinggi baik di perguruan tinggi negeri ataupun swasta.

Insani Nur Citra Sanusi 2. Muh.Fadly Al-Faiz Sanusi c. Ayah Kandung : H.A.
Hamid Djalling (Almarhum) d. Ibu Kandung : Hj.Kareng Balang Dje`ne (
Almarhumah) 6. Riwayat Pendidikan a. SD Negeri Bontosunggu Paitana, 1971 b.
SMP Negeri ...

Riba

  • ISBN 13 : 9789792625148
  • Judul : Riba
  • Pengarang : Heru Wahyudi,M.Si,  
  • Penerbit : Graha Ilmu
  • Klasifikasi : 2X2
  • Call Number : 2X2 HER r
  • Bahasa : Indonesia
  • Penaklikan : x,83 hlm;26 cm
  • Tahun : 2015
  • Halaman : 83
  • Halaman : 83
  • Ketersediaan :
    2018-35754-0018
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2018-35754-0017
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2018-35754-0016
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2018-35754-0015
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2018-35754-0014
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2018-35754-0013
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2018-35754-0012
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2018-35754-0011
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2018-35754-0010
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2018-35754-0009
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-34070-0008
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-34070-0007
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-34070-0006
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-34070-0005
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-34070-0004
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-34070-0003
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-34070-0002
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-34070-0001
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi