Sebanyak 849 item atau buku ditemukan

Sosiologi Hukum

Petasan Ditinjau dari Perspektif Hukum dan Kebudayaan

Siapa sih yang tidak mengenal petasan?? dari mulai anak-anak hingga yang sudah dewasa pun pasti mengenal petasan. Bahkan ada di beberapa upacara/adat di masyarakat yang menggunakan petasan. Namun, petasan yang digunakan masih melebihi wajar. Nah, bagaimanakah hukum di Indonesia jika ukuran petasan melebihi ketentuan yang telah ditetapkan?? Buku ini membahas tentang sosiologi Hukum : Petasan Ditinjau dari Perspektif baik secata Hukum maupun Kebudayaan simak selengkapnya! [Penerbit Deepublish, Deepublish, Hukum, Budaya, Dr. Hj. Tina Asmarawati, S. H. , M. H.]

Produk hukum merupakan refleksi dari daya tarik menarik antara pihak-pihak
yang memiliki kekuasaan dan kepentingan, baik yang berkaitan dengan
kepentingan ideologis, politis ekonomi, ras maupun gender. Di dalam kenyataan
hidup ...

Etika Profesi Insinyur: Membangun Sikap Profesionalisme Sarjana Teknik

untuk memenuhi kebutuhan sebagai buku ajar, maka dalam penyusunannya buku ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama membahas tentang konsep dan teori etika yaitu: Bab 1 tentang manusia dan alam semesta, Bab 2 tentang filsafat dan etika, Bab 3 tentang etika keilmuan, Bab 4 tentang etika dalam dunia teknik dan Bab 5 tentang profesi dan profesionalisme. Adapun bagian kedua membahas tentang etika profesi insinyur, yang terdiri: Bab 6 tentang kode etik profesi, Bab 7 tentang kepentingan profesional dan publik, Bab 8 tentang hak dan kewajiban insinyur, Bab 9 tentang kompetensi dan integritas profesi insinyur dan Bab 10 tentang kode etik profesi insinyur Indonesia. Akan tetapi, walaupun sebagai buku ajar untuk mahasiswa pada Jurusan Teknik Sipil, buku ini juga tetap dapat digunakan sebagai referensi oleh mahasiswa semua jurusan, serta masyarakat pada umumnya dalam menambah pengetahuan khususnya terkait dengan etika profesi. Sedikitnya ada tiga sasaran yang ingin dicapai dalam penyusunan buku ini, yaitu: (1) membantu mahasiswa untuk memahami bahwa setiap pilihan moral membawa reaksi atau akibat bagi orang lain; (2) membantu mahasiswa untuk menilai dan menempatkan konsep-konsep seperti keadilan, martabat, kebebasan, kebajikan, kebenaran, kebaikan, dan prinsip etis lainnya; dan (3) menggugah kesadaran mahasiswa untuk tetap mengutamakan kejujuran, keahlian, dan keluhuran budi agar mereka dapat mengaplikasikan dalam hubungan antara manager, rekayasawan, pekerja/buruh, masyarakat, profesi dan pemerintah.

... yang menuntut pengemban profesi tersebut untuk terus memperbaharui
keterampilannya sesuai perkembangan ilmu ... Keanggotaan dalam profesi
memerlukan pendidikan formal yang tinggi, bukan hanya pelatihan praktis atau
belajar ...

Asesmen Autentik dalam Pembelajaran

Kebiasaan nyontek yang sepertinya sudah membudaya hanya bisa dikurangi jika kita mulai mengases siswa dengan tugas-tugas yang tidak nyontek. Sangat bijak pendapat seorang ahli yang mengatakan “if you want to change about student learning then change the methods of assessment”. Hal ini memberi pengertian bahwa kurikulum yang baik dan pembelajaran yang benar perlu didukung oleh sistim penilaian yang baik dan terencana. Dengan kata lain, model pembelajaran yang baik esensinya akan hilang jika tidak didukung oleh asesmen yang sesuai. Buku ini menawarkan beragam bentuk asesmen yang diharapkan dapat digunakan oleh para guru dan calon guru dalam melakukan asesmen bukan saja pada domain kognitif tetapi juga menyentuh pada domain afektif dan psikomotor yang sampai dewasa ini masih kurang atau belum dilaksanakan.

Proses asesmen harus merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses
pembelajaran, bukan bagian terpisah dari proses pembelajaran (a part of, not
apart from, instruction). Asesmen harus mencerminkan masalah dunia nyata (
real ...

Media dan Sumber Belajar

Buku ini merupakan buku referensi bagi pendidik dalam mempersiapkan media pembelajaran. Buku ini terdiri dari delapan bab dan satu tambahan bab yang berisikan lampiran media pembelajaran. Bab pertama adalah pengenalan media dalam belajar, bab kedua tentang manfaat, jenis, ciri, dan kedudukan media pembelajaran, bab ketiga tentang pengenalan sumber belajar, bab keempat tentang media by design, bab lima tentang posedur pemilihan media, bab enam tentang prosedur pengembangan media, bab tujuh tentang alur pengembangan media untuk implemntasi pembelajran tematik, bab delapan tentang pengembangan media lectora.

Bab pertama adalah pengenalan media dalam belajar, bab kedua tentang manfaat, jenis, ciri, dan kedudukan media pembelajaran, bab ketiga tentang pengenalan sumber belajar, bab keempat tentang media by design, bab lima tentang posedur ...

Refleksi tiga kiai

Islam and social conditions in Indonesia; collection of articles.

Mereka di antaranya adalah KH Hasyim Muzadi, Syafii Maarif, dan KH Didin
Hafidhuddin. Seperti kita tahu bahwa mereka masing-masing mewakili
organisasi masya- rakat terbesar di Indonesia. KH Hasyim Muzadi menjabat
sebagai Ketua ...

Buku Ajar Program Linier

Buku ajar ini memuat semua materi kuliah yang akan dipelajari pada perkuliahan PL. Buku Ajar ini terdiri atas 10 BAB yaitu 1) Pendahuluan, 2) Pengantar PL, 3) Arti dan Kegunaan PL, 4) Penyelesaian PL dengan Metode Grafik, 5) Penyelesaian PL dengan Metode Aljabar, 6) Metode simplek sebagai Prosedur Perhitungan, 7) Metode simplex: kasus Minimasi dan campuran, 8) Metode Dua Fase dan Dual Simplex, 9) Dualitas, serta 10). Penyelesaian PL dengan Bantuan Software QM For Windows. Pada buku ajar ini juga ada soal-soal yang harus diselesaikan setelah mahasiswa mempelajari materi, dengan tujuan untuk lebih memahami materi yang sudah dipelajari.

Buku ajar ini memuat semua materi kuliah yang akan dipelajari pada perkuliahan PL. Buku Ajar ini terdiri atas 10 BAB yaitu 1) Pendahuluan, 2) Pengantar PL, 3) Arti dan Kegunaan PL, 4) Penyelesaian PL dengan Metode Grafik, 5) Penyelesaian PL ...

Psikologi Komunikasi: Teori dan Praktik

Berbicara tentang Psikologi Komunikasi, tidak dapat dilepaskan dengan komunikasi itu sendiri. Dalam sejarah perkembangan komunikasi juga banyak melibatkan banyak tokoh Psikologi di dalamnya. Setidaknya ada 3 (tiga) orang pakar Psikologi yang juga diakui sebagai Bapak Komunikasi, yaitu Carl I. Hovland, Paul Lazarfeld dan Kurt Lewin. Meskipun demikian, komunikasi tidak menjadi bagian dalam subdisiplin keilmuan psikologi. Komunikasi menembus batas atau sekat banyak disiplin ilmu, dikarenakan komunikasi digunakan sebagai jembatan atau penghubung untuk mentransfer ide atau gagasan kepada pihak-pihak lain, sehingga dapat mengubah cara pandang seseorang terhadap sesuatu hal. Menurut Ashley M sistemontagu, Komunikasi merupakan bagian yang mendasar dalam relasi dan mengubah kepribadian seseorang. Dalam hal ini, komunikasi erat kaitannya dengan perilaku dan pengalaman kesadaran manusia, sehingga komunikasi menjadi bidang keilmuan menarik apabila dikaji dari sisi psikologi.

Berbicara tentang Psikologi Komunikasi, tidak dapat dilepaskan dengan komunikasi itu sendiri.

Khazanah Islam, Perjumpaan Kajian dengan Ilmu Sosial

Ilmu pengetahuan basis bagi peradaban. Riset-riset ilmiah sangat diperlukan guna membangun masa depan yang lebih baik. Namun ancaman serius datang dari kemalasan-kemalasan untuk menindaklanjutinya menjadi aksi yang berbuah kerja konkrit. Oleh karenanya, ilmu tidak boleh berhenti di menara gading konseptual tetapi harus mampu merubah realitas kehidupan. Kegiatan International Postgraduate Research Conference (IPRC) IAIN Manado pertama kalinya diadakan di kampus IAIN Manado. Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan pengetahuan yang mulanya lahir dari tangan-tangan kreatif akademisi agar dapat dinikmati publik secara luas. Sekaligus kesempatan dalam IPRC tersebut menjadi ajang diumumkannya Southeast Asia Academic Mobility (SEAAM).

Berdasarkan uraian di atas, maka penelitian ini menawarkan cara yang relatif
baru dalam proses pembelajaran mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar (IAD), yaitu
akan dikembangkan materi, satuan acara perkuliahan (SAP), evaluasi, serta ...

Buku Ajar Komunikasi dalam Praktek Kebidanan

Buku Ajar Komunikasi Kebidanan. Buku ini disusun untuk membantu mahasiswa Program studi DIII dan DIV Kebidanan untuk dapat memahami dan menguasai bahan perkuliahan Asuhan Komunikasi Kebidanan. Buku ini membahas tentang dalam buku ini juga disertakan rangkuman point-point penting pada setiap kegiatan belajar serta diakhir buku terdapat latihan-latihan soal, untuk membantu sejauh mana penguasaan mahasiswa terhadap materi yang sudah dipelajari sehingga siap dalam menghadapi Ujian Kompetensi Bidan Indonesia.

Dimensi Keberagaman Manusia adalah mahluk religius. Sejak zaman dahulu
nenek moyang manusiameyakini akan adanya kekuatan supranatural yang
menguasai hidup alam semesta ini. Untuk mendekatkan diri dan berkomunikasi
 ...

Desain Laboratorium Skala Mini untuk Pembelajaran Sains Terpadu

Pembelajaran sains sejatinya merupakan pembelajaran terpadu yang berkenaan dengan peristiwa yang terjadi di alam dan sekitarnya. Pembelajaran tersebut menekankan bagaimana pembelajar memahami berbagai permasalahan yang terjadi di sekitar berserta solusinya. Sebagai contoh, pembelajar menyadari adanya masalah pencemaran udara serta bahayanya, maka diharapkan pembelajar dapat memikirkan solusi untuk penanggulangan pencemaran tersebut. Pembelajar tidak hanya memerlukan teori, namun juga aktivitas nyata di laboratorium. Oleh karena itu, adanya laboratorium sangat signifikan untuk mendukung pembelajaran sains yang terarah dan terpadu. Dalam implementasinya, berbagai permasalahan yang terkait sains dapat diselesaikan dalam laboratorium. Laboratorium adalah tempat dimana seseorang melakukan riset ilmiah, pengukuran atau pelatihan ilmiah. Kebutuhan sarana laboratorium dari berbagai disiplin ilmu akan menjadi efektif apabila dilakukan secara terintegrasi. Salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang terintegrasi adalah STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). STEM memungkin-kan pembelajar untuk mempelajari konsep akademik secara tepat dengan menerapkan 4 disiplin ilmu yaitu, Sains, Teknologi, Keahlian Teknik dan Matematika.

Kurikulum merupakan suatu uraian program yang dirancang untuk diterapkan
pada sistem pembelajaran di suatu institusi pendidikan. Uraian tersebut berisi
tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai, struktur isi materi dan
pengalaman ...