Sebanyak 130 item atau buku ditemukan

BUKU MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM BERBASIS KEBHINNEKAAN (PSI-BK)

SEBAGAI DAYA TANGKAL RADIKALISME DI PERGURUAN TINGGI

... pendidikan dan praktek berkewarganegaraan, dan(c) perubahan dari
mengejar pertumbuhan ekonomi ke perkembangan kemanusiaan untuk
menciptakan keadilan sosial dengan senantiasa menggerus ketimpangan
dengan pemerataan.

Definisi Theologi Praktis Kristen

Kajian ini merupakan hasil penelitian penulis untuk menyelesaikan studi pada Pasca Sarjana Strata Tiga (S3) konsentrasi Pendidikan Agama Kristen pada Sekolah Tinggi Theologia Paulus (STT Paulus) Medan tahun 2014, pada judul Penelitian: Kerabian Yesus Menurut Kitab Injil salah satu temuan dalam Pendekatam Eksegesis Topikal bagi Guru Keagamaan dan Agama Kristen adalah bertambahnya satu jenis pendidikan pada cabang ilmu theologi, khususnya Theologi Praktis yakni Theologi Praktis Kristen terdiri dari tiga jenis pendidikan yakni Pendidikan Kristen, Pendidikan Keagamaan Kristen dan Pendidikan Agama Kristen (PAK). Selama ini hanya dikenal dua jenis pendidikan, dari antaranya yakni Pendidikan Keagamaan Kristen dan Pendidikan Agama Kristen (PAK). Ketiga jenis pendidikan ini dikaji berlatar belakang Kerabian Yesus memberi Amanat Agung sebelum disalibkan terdapat pada Mat. 28:19–20 sebagai sumber teoretis memberi definisi pada subcabang theologi dengan mempertimbangkan.

... dengan kata atau perintah menggunakan kata kerja operasional ranah kognitif
, afektif dan psikomotorik, materi pembelajaran, model pembelajaran,
langkahlangkah pembelajaran, alat, dan sumber belajar, serta penilaian
pembelajaran.

Statistik Deskriptif untuk Penelitian Olah Data Manual dan SPSS Versi 25

Buku ini mambahas tentang statistik deskriptif dan pengenalan SPSS 25 serat analisis statistik deskriptif menggunakan SPSS. Buku ini ditujukan bagi para pemula pengguna SPSS dan dapat dijadikan sebagai bahan panduan untuk perkuliahan statistika dasar di perguruan tinggi. penjelasan tentang statistik deskriptif juga dipaparkan secara manual menggunakan rumus dengan tujuan agar pembaca atau pengguna buku ini dapat mengetahui teknik dasar statistik deskriptif. Sedangkan pengenalan SPSS bertujuan untuk memberikan pemahaman awal tentang SPSS yang akan bermanfaat dalam pengolahan data penelitian.

Buku ini mambahas tentang statistik deskriptif dan pengenalan SPSS 25 serat analisis statistik deskriptif menggunakan SPSS.

METODE PENELITIAN KUALITATIF BIDANG PENDIDIKAN

Tujuan dibuatnya buku ajar ini adalah untuk dijadikan peganagan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Metodologi Kualitatif baik di dalam maupun di luar Universitas Negeri Jakarta. Dalam penyusun buku ajar ini terdiri dari delapan bab yaitu Bab I Pendahuluan, Bab II. Metode Penelitian Kualitatif, Bab III. Penelitian Fenomenologis , Bab IV. Penelitian Etnografi, Bab V. Penelitian Teori Dasar (Grounded Theory) Bab. VI. Penelitian Naturalistik, Bab VII. Penelitian Studi Kasus dan Bab. VIII Penelitian Tindakan.

Tujuan dibuatnya buku ajar ini adalah untuk dijadikan peganagan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Metodologi Kualitatif baik di dalam maupun di luar Universitas Negeri Jakarta.

Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan

Penelitian dalam bidang sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan memiliki puluhan tawaran metodologis. Namun demikian, tidak dapat dielakkan adanya pengaruh kuat dari pendekatan dalam penelitian kuantitaif atau kualitatif. Dalam penelitian ilmu sosial, pendekatan kuantitatif dan kualitatif sudah berkembang sekitar tahun 1960-an sehingga para pakar tidak lagi mempersoalkannya. Bahkan, terdapat kecenderungan adanya kesesuaian metodologis terhadap topik penelitian meskipun tidak dimungkiri sebagian pakar khususnya di Indonesia masih terpetak-petak dalam kubu kuantitaif dan kubu kualitatif. Sering kali pakar kuantitatif dalam bidang ilmu-ilmu sosial menjadi fanatik dan bertolak belakang dengan kubu kualitatif yang menganggap pendekatan kualitatif sebagai penelitian yang tidak obyektif, subyektif, tidak representatif, dan tidak reliable. Buku yang terdiri atas delapan bab ini akan mengajak pembaca memahami seluk beluk metodologi penelitian kualitatif dalam ranah pendidikan, sosial, kebudyaan dan keagamaan. Buku ini akan lebih jauh mengulas metode penelitian kualitatif sebagai salah satu tipe penelitian yang tidak kalah populer dan kredibel dengan tipe kuantitatif.

Penelitian dalam bidang sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan memiliki puluhan tawaran metodologis.

BELAJAR TEORI DAN PRAKTIK DALAM PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan rahmad-Nya sehingga buku ini dapat diselesaikan dengan baik. Penulisan buku yang berjudul Belajar Teori dan Praktik dalam Penelitian Tindakan Sekolah. Dalam menyelesaikan buku ini penulis melaksanakan dengan baik, tetapi menyadari bahwa tetap ada kekurangan, baik dari segi penulisan, isi materi, maupun penggunaan bahasa yang kurang tepat. Oleh karena itu, sangat mengharapkan masukan dari para pembaca berupa kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan di kemudian hari. Pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini, yaitu orang tua tercinta, Toulombowo Telaumbanua (+) dan Sa’ati Zega (+) yang telah melahirkan dan membesarkan penulis. Istri tersayang, Riliani Zega, S.Tr.Keb. dan ketiga anak putra Firest Nifataro Telaumbanua, Fincent Bualasaro Telaumbanua, dan putri Futty Nonifili Telaumbanua yang telah memberikan sumbangan dan dukungan baik secara moral, material, dan spiritual. Akhir kata penulis sampaikan. Semoga buku ini dapat diterima dengan baik dan bermanfaat bagi dunia pendidikan. Terima kasih.

A. Hasil Penelitian Sebelum melakukan tindakan penelitian, peneliti terlebih
dahulu melakukan kegiatan orientasi sebagai studi pendahuluan. Dalam
kegiatan ini mendiagnosis guru sehingga pada saat sebelum diadakannya
workshop ...

SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI

Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan Mahasiswa dalam matakuliah Sejarah Pemikiran Ekonomi. Seperti layaknya sebuah buku, maka pembahasan dimulai dengan menjelaskan tujuan yang hendak dicapai dan disertai dengan soal yang mengukur tingkat penguasaan materi setiap topik. Dengan demikian, pengguna buku ini secara mandiri dapat mengukur tingkat ketuntasan yang dicapai oleh Mahasiswa.

Tokoh-tokoh pemikir ekonomi pada masa skolastik yang terkenal yaitu, St.
Albertus magnus (1206-1280) dan Thomas Aquinas (12251274) 3.
Merkantilisme berasal dari kata "Merchant" yang berarti pedagang. Dalam
paham merkantilisme ...

Metode Penelitian Kuantitatif

Buku dengan judul Metode Penelitian Kuantitatif. Adapun tujuan dari penyusunan buku ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pegangan bagi mahasiswa terlepas apa pun jurusan yang ditempuh dan juga bagi para peneliti di lapangan. Metode Penelitian Kuantitatif ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Metode Penelitian Kuantitatif ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

METODE PENELITIAN SOSIAL TEORI DAN APLIKASI

Penelitian sosial merupakan upaya ilmiah dan sistematis yang dilakukan oleh peneliti untuk menjelaskan fenomena sosial, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.

Penelitian sosial merupakan upaya ilmiah dan sistematis yang dilakukan oleh peneliti untuk menjelaskan fenomena sosial, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.

Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis

Perguruan tinggi perlu melakukan inovasi untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik; dan salah satunya inovasi penelitian yang dilakukan oleh para dosen/staf pengajar. Tugas utama perguruan tinggi atau lembaga pendidikan tinggi (universitas/akademi/ sekolah tinggi) yakni pendidikan pengajaran, penelitian (riset ilmiah), dan pengabdian kepada masyarakat. Atas dasar inilah, buku ini dipersembahkan sebagai salah satu rujukan utama bagi para dosen/pengajar dan mahasiswa untuk bagaimana mengkonstruksi ilmu pengetahuan secara benar. Buku persembahan Prenada Media Group.

Perguruan tinggi perlu melakukan inovasi untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik; dan salah satunya inovasi penelitian yang dilakukan oleh para dosen/staf pengajar.