Sebanyak 151 item atau buku ditemukan

Pengantar Manajemen

Organisasi atau perusahaan saat ini dihadapkan pada tantangan globalisasi, persaingan, perkembangan teknologi dan informasi, serta sistem sosial. Peran manajer dalam melakukan pengelolaan organisasi sangat dibutuhkan mencakup peran antar individual, informasional dan pengambilan keputusan. Manajer harus memiliki kompetensi atau keterampilan yang mendukung dalam menghadapi tantangan manajemen. Manajer harus memastikan proses manajemen dapat mencapai keunggulan bersaing secara berkelanjutan. Proses manajemen diawali dengan perencanaan yang menekankan pada penentuan visi, misi dan tujuan organisasi. Pengorganisasian perlu dilakukan agar tujuan dapat mudah tercapai dengan menerapkan stuktur, aturan formal dan pembagian tugas. Dalam rangka memastikan kesesuaian tujuan dengan pencapaian organisasi maka harus dilakukan pengawasan dan pengendalian. Proses manajemen tersebut diterapkan pada setiap fungsional manajemen, mencakup fungsi sumber daya manusia, pemasaran, keuangan, dan operasi. Buku ini berjudul “Pengantar Manajemen” menyajikan dasar pemahaman secara teoritis dan praktis dalam pengelolaan berbagai bentuk organisasi. Pembahasannya mencakup konsep dasar manajemen, arti sarana dan fungsi manajemen, perencanaan, organisasi, pemotivasian, konflik, pengendalian, dan pengambilan keputusan. Penulisan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, serta mengaitkan teori dengan praktik dalam proses manajemen organisasi atau perusahaan. Dengan demikian, buku ini bisa memberikan manfaat tambahan ilmu bagi para akademisi dan praktisi, serta sangat direkomedasikan bagi pelajar sebagai buku pedoman materi pengantar manajemen pada tingkat perguruan tinggi.

Dengan demikian, buku ini bisa memberikan manfaat tambahan ilmu bagi para akademisi dan praktisi, serta sangat direkomedasikan bagi pelajar sebagai buku pedoman materi pengantar manajemen pada tingkat perguruan tinggi.

PENGANTAR MANAJEMEN Teori Dan Aplikasi

Perkembangan manajemen tidak jauh berbeda dengan pembangunan manusia itu sendiri. Artinya pengelolaan telah berlangsung sejak manusia ada di muka bumi ini, seiring dengan perkembangan dan tuntutan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada zaman dahulu atau batu Kaman, manusia juga menggunakan keterampilan dan keahliannya membuat alat dari batu untuk mewujudkan tujuan hidupnya. Berbagai konsep dan praktik manajemen dalam konteks dunia yang kompleks, dinamis, bergejolak, dan semakin mengglobal. Diskusi menekankan pendekatan fungsional atau proses untuk studi manajemen. Materi diskusi mencakup semua fungsi manajemen. Hal ini diharapkan dapat memberikan kerangka kerja untuk menganalisis dan memahami sifat pekerjaan dan keberhasilan manajerial, serta informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja fungsi manajerial dalam masyarakat bisnis yang semakin kompetitif.

Perkembangan manajemen tidak jauh berbeda dengan pembangunan manusia itu sendiri.

PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Judul : PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I., dan M. Khotib Arifai, S.E., M.M Editor : Mukhlisin, S. Kom.I., M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 208 Halaman No ISBN : 978-623-497-242-9 Tahun Terbit : Januari 2023 SINOPSIS Buku ini sebagai proses strategi dalam penguatan manajemen pendidikan Islam proses pemanfaatan semua sumber daya melalui bantuan orang lain dan bekerjasama agar tujuan bersama bisa dicapai secara efektif, efesien, dan produktif. Sedangkan Pendidikan Islam merupakan proses transinternalisasi nilai-nilai Islam kepada peserta didik sebagai bekal untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan di dunia dan di akhirat. Buku ini membahas segala hal dan proses-proses yang berlangsung dapat benar-benar dikelola dengan baik sehingga proses pendidikan agar mencapai tujuan pendidikan Islam dapat lebih mudah terwujud. Ruang lingkup praktik manajemen pendidikan Islam meliputi manajemen kelembagaan dan program pendidikan Islam serta aspek spirit Islam melekat pada setiap aktivitas pendidikan., sentralisasi, rantai skalar, tertib, pemerataan, stabilitas dalam menjabat, inisiatif, dan semangat kelompok. Maka akan terwujud pembagian kerja, kejelasan dalam wewenang dan tanggung jawab, disiplin, kesatuan arah, lebih memprioritaskan kepentingan umum/organisasi daripada kepentingan pribadi dalam memberikan kontra prestasi.

Judul : PENGANTAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Penulis : Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I., dan M. Khotib Arifai, S.E., M.M Editor : Mukhlisin, S. Kom.I., M.Pd.I Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 208 Halaman No ISBN : 978-623-497-242-9 Tahun Terbit : ...

TINJAUAN HISTORIS HUBUNGAN JAWA-MELAYU DALAM DUNIA ARSITEKTUR MELAYU SUMATERA SELATAN SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH

Buku ini memuat tentang cara untuk mengetahui relasi arsitektur Jawa-Melayu dari masa Saylendra Jawa sampai abad 19 M di Sumatera Selatan yang dapat dimanfaatkan sebagai materi pembelajaran sejarah di sekolah menengah atas.

Ketika Palembang dalam kontrol ekonomi China, Pangeran Palembang, ... Ketika ia masuk ke Palembang orangorang di Palembang sudah memeluk Islam, ...

Ekonomi Islam SMK/MAK Kelas XII

Buku ini disusun dengan memperhatikan Struktur Kurikulum SMK berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi spektrum PMK 2018 dan jangkauan materi sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk kelompok C3 Kompetensi Keahlian. Buku ini diharapkan memiliki presisi yang baik dalam pembelajaran dan menekankan pada pembentukan aspek penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Materi pembelajaran disajikan secara praktis, disertai soal-soal berupa tugas mandiri, tugas kelompok, uji kompetensi, dan penilaian akhir semester gasal dan genap. Buku ini disusun berdasarkan Pemendikbud No 34 tahun 2018 Tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK, pada lampiran II tentang standar Isi, lampiran III tentang Standar Proses dan lampiran IV tentang Standar Penilaian. Acuan KI dan KD mengacu pada Peraturan Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan No: 464/D.D5/Kr/2018 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar. Berdasarkan hasil telaah ilmiah, buku ini sangat sistematis, bermakna, mudah dipelajari, dan mudah diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Ditinjau dari aspek isi, buku ini cukup membantu siswa dalam memperkaya dan mendalami materi. Pemakaian buku ini juga dapat menantang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran sesuai konteks di kelas masing-masing.

Buku ini disusun dengan memperhatikan Struktur Kurikulum SMK berdasarkan Kurikulum 2013 edisi revisi spektrum PMK 2018 dan jangkauan materi sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk kelompok C3 Kompetensi Keahlian.

Manajemen Pemasaran di Rumah Sakit

Buku Ajar: Pedoman Praktis S1 Administrasi Rumah Sakit

Semakin banyak jumlah rumah sakit, meningkatkan persaingan "bisnis" untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. Dengan ini, rumah sakit harus sadar untuk menerapkan manajemen pemasaran modern agar dapat mempertahankan eksistensinya, dan selalu mengikuti perkembangan yang ada. Pedoman ini mengacu kepada kurikulum yang diperlukan dalam mengajar di jenjang tinggi bidang Administrasi Rumah Sakit dan dibuat berdasarkan referensi standard, Peraturan Pemerintah, Peraturan Kementrian Kesehatan, juga referensi offline maupun online, serta pegalaman pribadi selama di rumah sakit.

Semakin banyak jumlah rumah sakit, meningkatkan persaingan "bisnis" untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya.

Manajemen Logistik Farmasi

Buku Ajar: Pedoman Praktis S1 Administrasi Rumah Sakit

Manajemen Logistik Farmasi merupakan bagian yang krusial dalam jalannya sebuah Rumah Sakit. Pembahasan di dalam buku ini dibuat sedemikian cara agar lengkap namun tetap praktis dan mudah untuk dipahami. Pedoman ini mengacu kepada kurikulum yang diperlukan dalam mengajar di jenjang tinggi bidang Administrasi Rumah Sakit dan dibuat berdasarkan referensi standard, Peraturan Pemerintah, Peraturan Kementrian Kesehatan, juga referensi offline maupun online, serta pegalaman pribadi selama di rumah sakit.

Manajemen Logistik Farmasi merupakan bagian yang krusial dalam jalannya sebuah Rumah Sakit.

BUKU MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM BERBASIS KEBHINNEKAAN (PSI-BK)

SEBAGAI DAYA TANGKAL RADIKALISME DI PERGURUAN TINGGI

... pendidikan dan praktek berkewarganegaraan, dan(c) perubahan dari
mengejar pertumbuhan ekonomi ke perkembangan kemanusiaan untuk
menciptakan keadilan sosial dengan senantiasa menggerus ketimpangan
dengan pemerataan.

Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan

Penelitian dalam bidang sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan memiliki puluhan tawaran metodologis. Namun demikian, tidak dapat dielakkan adanya pengaruh kuat dari pendekatan dalam penelitian kuantitaif atau kualitatif. Dalam penelitian ilmu sosial, pendekatan kuantitatif dan kualitatif sudah berkembang sekitar tahun 1960-an sehingga para pakar tidak lagi mempersoalkannya. Bahkan, terdapat kecenderungan adanya kesesuaian metodologis terhadap topik penelitian meskipun tidak dimungkiri sebagian pakar khususnya di Indonesia masih terpetak-petak dalam kubu kuantitaif dan kubu kualitatif. Sering kali pakar kuantitatif dalam bidang ilmu-ilmu sosial menjadi fanatik dan bertolak belakang dengan kubu kualitatif yang menganggap pendekatan kualitatif sebagai penelitian yang tidak obyektif, subyektif, tidak representatif, dan tidak reliable. Buku yang terdiri atas delapan bab ini akan mengajak pembaca memahami seluk beluk metodologi penelitian kualitatif dalam ranah pendidikan, sosial, kebudyaan dan keagamaan. Buku ini akan lebih jauh mengulas metode penelitian kualitatif sebagai salah satu tipe penelitian yang tidak kalah populer dan kredibel dengan tipe kuantitatif.

Penelitian dalam bidang sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan memiliki puluhan tawaran metodologis.