Sebanyak 456 item atau buku ditemukan
Dalam bukunya, Dialog Antaragama dalam Terang Filsafat Proses Alfred North
Whitehead, ia menulis: "Yang buruk (evil) perlu dipandang sebagai satu sisi dari
proses penjadian yang (harus) dilakukan oleh satu satuan aktual", hlm. 78. Yang
buruk, sejauh pemahaman saya terhadap pemikiran Whitehead bukanlah
sesuatu yang niscaya, namun sebuah kemungkinan yang terbuka dalam proses
prehensi. Sebuah tindakan ekslusi dari satu entitas aktual tidak secara niscaya ...
Philosophical studies on the existence of God; collected articles.
Makin besar persatuan, makin besar perbedaan, maka makin imanen Yang Ilahi
dalam dunia, makin transenden juga Yang Ilahi terhadap dunia. III. Penciptaan 1.
Asal usul paham penciptaan Bagaimana hubungan Allah dengan alam semesta
secara lebih terinci? Menurut iman kepercayaan agama-agama samawi, Allah
menciptakan alam semesta. Artinya, Allah mengadakannya dari ketiadaannya.
Adalah menarik bahwa filsafat sendiri tidak pernah sampai ke paham penciptaan
.
... melupakan yang batiniah dan inti dari ibadat itu. Anthony de Mello, SJ pernah
memperingatkan umat yang beribadat. Setiap kali guru siap untuk melakukan
ibadat malam, kucing asrama mengeong-ngeong sehingga mengganggu orang
yang sedang berdoa. Maka, sang guru menyuruh supaya kucing itu diikat
selama ibadat malam.Lama sesudah guru meninggal, kucing itu masih tetap
diikat selama ibadat malam. Setelah kucing itu mati, dibawalah kucing baru ke
asrama, untuk ...
Sebagai sebuah konstitusi pastoral, isi dokumen ini mempunyai corak dan
maksud yang berbeda bila dibandingkan dengan sebuah konstitusi dogmatis.
Sebuah konstitusi dogmatis lebih memuat hal-hal yang diimani, sedang sebuah
konstitusi pastoral lebih memuat hal-hal yang dihayati atau dijalankan. 3. Dilihat
dari isinya, Gaudium et Spes mempunyai kemiripan dengan dokumen- dokumen
lain yang memuat ajaran sosial gereja. Karena itu, isinya memuat banyak hal
yang terkait ...
kajian kritis buku-buku pelajaran sekolah di Indonesia
Mengapa agama begitu penting? Mengapa terjadi bahwa tahun dua puluhan
semasa penjajahan masyarakat madani berkembang, dan mengapa sekarang
ini masyarakat madani tersebut terlantar? Perjuangan nasional dan politik saja
tidak memberikan banyak koherensi kepada cerita, dan peristiwa akan menjadi
bertautan - serta ideologi nasional akan menjadi jauh lebih jelas -jika seluruhnya
ditempatkan dalam sejarah gagasan. Termasuk di sini timbulnya golongan
menengah; ...
Kebenaran menjadi milik penguasa, akibatnya perbedaan pendapat bukan saja
dianggap sebagai tindakan kriminal atau subversi yang harus ditindak oleh
negara. Upaya pencarian tata kelola kekuasaan yang dapat membendung
kelaliman pemegang kekuasaan, sejalan dengan mulai tumbuhnya nilai-nilai
kehidupan yang lebih menghargai hak-hak individu, kesetaraan serta
pengakuan O R terhadap hak-hak asasi manusia. Pada dasarnya
perkembangan peradaban Demokrasi ...
menimbang negara hukum dan ruang publik dalam teori diskursus Jurgen Habermas
On deliberative democracy in Indonesia.
Melalui rancangan itulah hak-hak asasi manusia diinstitutionalisasikan secara
legal, dan dalam rancangan itu kedaulatan rakyat sekaligus memperoleh bentuk
legalnya. Jalan pikiran Habermas dapat dijelaskan sebagai berikut: Dalam
proses penyusunan konstitusi harus selalu sudah diandaikan bahwa setiap
orang memiliki otonomi privat atau kebebasan bertindak yang bersifat subjektif.
Dari situ dapat disimpulkan menurut prinsip moral bahwa setiap orang adalah
subjek dari ...
Nicklaus menjawab, "Lubang-lubangnya telah diberi nomor!" Tika saja
kepemimpinan itu begitu mudah (keadaan pertandingan saya I menyedihkan;
saya adalah orang terakhir yang harus menggunakan Kata "mudah" dan "golf"
dalam kalimat yang sama!). Sayangnya, tidak ada urutan langkah yang dapat
kita ikuti dalam mengembangkan kepemimpinan kita. Tetapi setelah berpuluh-
puluh tahun mempelajari — dengan menulis dan berbicara tentang
kepemimpinan, mencoba untuk ...
Suatu Teori tentang Kepemimpinan dengan Visi Dalam bab ini dan beberapa
bab berikutnya saya memaparkan suatu teori tentang kepemimpinan.
Kendatipun secara khusus berfokus pada kepemimpinan kepala sekolah, saya
yakin bahwa teori ini berlaku bagi pendidik mana pun yang berupaya
mengamalkan kepemimpinan. Perlu dicatat bahwa saya memberikan suatu
paparan ideal tentang kepemimpinan — Weber menyebutnya tipe ideal (
Eiscnstadt, 1968). Barangkali tidak ...