Sebanyak 19 item atau buku ditemukan

Pengantar Akidah Akhlak dan Pembelajarannya

Buku ini ditulis sebagai panduan mata kuliah Aqidah Akhlak dan Pembelajarannya. Buku merangkum tiga topik besar. Materi pertama membahas Dasar-Dasar Aqidah Akhlak dan Pembelajarannya. Materi tersebut merupakan materi pembuka dimana kita tahu apa sebenarnya Aqidah Akhlak dan Pembelajarannya itu. Materi ini diintegrasi-interkoneksikan antar keilmuan yaitu keilmuan metodologi studi Islam yang merupakan dasar berbagai cabang keilmuan dalam studi Islam. Melalui pemahaman terhadap metodologi studi Islam yang kuat, maka pemahaman terhadap Aqidah Akhlak juga diharapkan pemahaman yang santun dan toleran serta tidak menimbulkan truth claim. Materi kedua adalah Pembelajaran Aqidah Akhlak dengan Pendekatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Materi ini mengajak pembaca untuk belajar bagaimana membelajarkan Aqidah Akhlak di era yang serba teknologi dan di era pengembangan penyebaran karya ilmiah secara terbuka dan mendunia. Kemudian materi yang ketiga yaitu Langkah-langkah Menulis Artikel Jurnal Aqidah Akhlak dan Pembelajarannya. Pada bagian ini terdapat step by step contoh atau panduan bagaimana menulis sebuah artikel jurnal dalam keilmuan Aqidah Akhlak dan Pembelajarannya.

... Kehendak Mutlak &Keadilan Tuhan) Memahami Tasawuf dalam Islam
Pengertian Tasawuf Dasar-dasar Tasawuf Pandangan Tentang Asal-usul
Tasawuf Sejarah Perkembangan Tasawuf Pembagian Ilmu Tasawuf Sumber-
sumber Tasawuf ...

Pendidikan Seks Perspektif Terapi Sufistik Bagi LGBT

Di awal tahun 2016 Lesbian, Gay, Bisekual dan Transgender (LGBT) kembali mencuat dikampanyekan di Indonesia semenjak artis kondang Indra Bekti dan Syaiful Jamil tertuduh melakukan kekerasan seksual sesama jenis. Tampilnya kaum LGBT, yang semula lebih dikesankan sebagai bentuk aktivitas seksual secara tertutup dan rahasia kini dipopulerkan di Indonesia. Ketertutupan perilaku seksual tersebut disebabkan kaum LGBT ditengah masyarakat masih dianggap minoritas dan kerap kali memperoleh perlakuan diskriminatif baik dalam lingkungan keluarga, agama, masyarakat serta berbagai sudut kehidupan lainnya. Sikap diskriminatif ini diterima dengan berbagai bentuk pelecehan, cemoohan, penghinaan, bahkan kekerasan dari lingkungan sekitarnya baik kekerasan yang bersifat fisik dan mental sebagai akibat mereka menjalani hidup penuh dengan perbedaan khususnya orientasi seksual yang tidak sesuai fitrah manusia pada umumnya. Stigma negatif terhadap LGBT, selanjutnya disebut Same-Seks Atraction (SSA) pada akhirnya mendorong sebagian besar dari mereka cenderung menutupi orientasi seksualnya. Seperti pada kasus seorang pria SSA yang menikahi seorang perempuan tunarungu atau tunanetra semata-mata hanya untuk menutupi orientasi seksual dirinya. Semua itu dilakukan agar tetap memperoleh status terhormat dalam kehidupan masyarakat. Namun pada akhirnya pria tersebut tetap berhubungan dengan kekasih prianya dan melakukan banyak kekerasan psikologis pada istrinya yang cacat fisik tersebut. Secara akumulatif kaum SSA dalam setiap tahunnya semakin bertambah banyak. Berdasarkan hasil survey Kementerian Kesehatan di 13 kota di Indonesia yang dilakukan semenjak tahun 2009 hingga 2013, tercatat pria yang bercinta dengan sesama jenis meningkat drastis yakni dari 7% menjadi 12,8%. Sehingga dari data tersebut kaum SSA mengalami kenaikan secara total sejumlah 83%. Dalam survei tersebut, jumlah laki-laki yang melakukan seks dengan laki-laki juga meningkat dari 5,3 % menjadi 12,4 % atau sekitar 134 persen.[4] Seiring dengan peningkatan jumlah kaum SSA serta komunitas yang menaunginya menjadikan kaum SSA semenjak level usia pelajar SMP, SMA, mahasiswa hingga kaum dewasa berani tampil secara percaya diri diberbagai media informasi. Tampilnya komunitas ini bukan sekedar menunjukan jati diri dan orientasi seks yang berbeda dengan manusia pada umumnya secara utuh. Namun tampilnya kaum SSA di tanah air secara menyeluruh ingin memperoleh kesamaan hak sebagai warga negara sekaligus menuntut pemerintah untuk mengakui sekaligus melegalkan perkawinan sesama jenis. Tuntutan tersebut disebabkan anggapan mereka bahwa orientasi seks yang berbeda menjadi bagian dari hak asasi manusia (HAM) dan tercatat lebih dari 20 negara di dunia telah mengesahkan pernikahan sejenis ini. Bahkan di negeri Paman Sam tepatnya 4 Juli 2015 menjadi perayaan kemerdekaan dan kemenangan bagi kaum SSA atas disyahkannya pernikahan sejenis. Pasalnya, 26 Juni sebelumnya Supreme Court Amerika Serikat memutuskan bahwa perkawinan sejenis telah disyahkan oleh konstitusi Amerika sebagaimana disampaikan Hakim Agung Kennedy: they ask for equal dignity in the eyes of the law, the constitution grants them that rights. Lahirnya pengesahan tersebut tentunya disambut gembira ria oleh ribuan kaum SSA.

Problematika seksual (seperti kekerasan seksual).143 Selanjutnya implementasi
pendidikan seks anak usia 0-5 tahun dapat dilakukan secara sederhana, mudah,
tanpa harus memberikan penjelasan secara teoritis dan ilmiah.

Pertama Kepada Akhir : Perjalanan Kehidupan Manusia Perspektif Islam

Buku ini kami bagi menjadi 5 Bab. Bab 1 yaitu Alam Kehidupan Manusia; yang menceritakan tentang tempat-tempat yang dilewati oleh manusia semenjak pertama diciptakan hingga kematian dan peradilan. Bab 2 yaitu Proses Kehidupan Manusia; tentang Penciptaan manusia pertama (Adam as) dan kejadian manusia setelah Adam as. Bab 3 Pernikahan; tentang pernak pernik pernikahan. Bab 4 Kehidupan Rumah Tangga; tentang tanggung jawab keluarga, kelahiran anak membawa berkah dan peran orangtua terhadap pendidikan anak. Bab 5 Penghujung Kehidupan; tentang Ketika Titipan Allah Beransur Dikembalikan dan cara Mengantar Kematian.

Tanah yang diambil oleh malaikat Izrail berasal dari tanah yang beragam dan
diambil satu genggam: a. Tinggi rendahnya, mulai dari tanah dataran tinggi dan
rendah. b. Sifatnya, dari tanah liat dan gembur. Warnanya, ada yang hitam dan ...

TEOLOGI PENDIDIKAN : Upaya Mencerdaskan OTak & Qalbu

Secara etimologi Teologi adalah ilmu pengetahuan tentang Tuhan. Sementara dalam Islam kata padanan dari teologi ini adalah tauhid atau kalam. Masyarakat dikampung-kampung lebih mengenal ilmu ini dengan Kajian Sifat 20. Sementara jika di kaitkan dengan pendidikan, sebagaimana pendidikan itu sendiri adalah bimbingan atau pimpinan yang dilakukan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama maka dapatlah kita pahami bahwa Teologi Pendidikan adalah ‘usaha yang dilakukan oleh manusia dengan berfikir secara benar dan sungguh-sungguh untuk ma’rifatullah (mengenal Allah) dengan menyelaraskan keinginan Allah SWT dengan keinginannya atau sebaliknya keinginan manusia dengan keinginan Tuhannya (mencapai Ridha); dalam seluruh realitas aspek kehidupan sebagai rasa tanggung jawab sebagai seorang hamba‘. Manusia harus berteologi sehingga terjalinlah hubungan mesra dengan Tuhan, selalu merasa diawasi dalam setiap gerak geriknya dan melakukan setiap (aktivitas) dengan kehati-hatian; apakah ini telah sesuai dengan kehendak Tuhan?. Teologi pendidikan mengamanatkan misi “sebuah upaya untuk menyelaraskan masyiatullah dan masyiatul-’ibad”. Jika ditelusuri secara mendalam, ternyata dari konsep masyiah itulah lahirnya ruh atau inti dari pendidikan Islam.

Hakikat Pendidikan Islam Pendidikan Islam pendidikan yang kamal (sempurna),
menyatukan ilmu, iman dan amal, untuk kebaikan dunia dan akhirat yang kekal.
Jangan sampai salah pilih, kalau hendak merasakan hidup yang shahih.
Kehidupan yang seimbang antara yang pergi dengan yang datang. Pendidikan
Islam datang dari Allah, sebagai pengobat kehidupan yang dilanda gundah
sebab perpayung pada al-Qur'an dan Sunnah. Ajarkanlah pendidikan Islam
yang tinggi, tak ...

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN di Perguruan Tinggi

Pertama dan utama, penulis memanjatkan puji sukur kehadirat Allah SWT, serta shalawat dan salam kepada Nabi tercinta Muhammad SAW. Dimana atas inayah-nya dan berkah Nabi-nya penulis dapat menyelesaikan buku ini meskipun dengan segala kekurangannya. Buku ini adalah buku penulis yang secara khusus bicarakan tentang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang diperkayakan dengan tulisan lain dalam bidang pendidikan. melihat isi buku, penulis memberikan nama karya dengan judul “Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Diperguruan Tinggi”. Buku ini berisi tentang bahan ajar yang akan diajarkan diperguruan tinggi dengan kajian-kajian sebagai berikut, Meberikan Pemahaman Tentang dan Hakikat isi Pancasila Sebagai Falsafah Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, UUD 1945 dan GBHN dan Pembentukan Karakter Sehingga dapat diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari. Pada akhirnya atas selesainya penulisan buku ini penulis mengucapkan terimakasih kepada suami/istri tercinta yang banyak memberikan supor dalam penyelesaian buku ini. dan demikian pula ucapan terimakasih kepada teman-teman lain yang tidak mungkin penuliskan sebutkan satu persatu disini telah membantu penulisan dalam penyelesaian buku ini.

Sunaryati Hartono, Pembinaan Hukum Nasional Dalam Globalisasi Masyarakat
Dunia, Pidato Pengukuhan Jabatan ... Ubaedillah & Abdul Rozak,Pancasila,
Demokrasi,HAM,dan Masyarakat Madani,(Jakarta:ICCE UIN Syarif Hidayatullah
 ...

Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum

Negara Indonesia adalah negara yang berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa serta mayoritas penduduk di Indonesia adalah beragama Islam. Namun pendidikan agama (juga Pendidikan Agama Islam) di lembaga pendidikan umum termasuk pada Perguruan Tinggi Umum belum terdapat posisi yang diharapkan oleh sebagian kalangan. Hal ini terutama dalam sistem pembelajarannya, legitimasi dari lingkungan kampus, dan porsi jam mata kuliahnya. Walaupun tak dipungkiri adakala ditemui fasilitas dan berbagai kegiatan keagamaan Islam di kampus PTU. Misalnya tersedianya Masjid, laboratorium PAI, buku bernuansa agama Islam, ekstrakurikuler (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang bernuansa Islam, dan diadakan kegiatan keagamaan seperti pengajian. Ataupun bentuk kegiatan ilmiah dan formal yang bernuansa Islam, salah satu contohnya diadakan pembekalan keagamaan bagi mahasiswa baru saat dilaksanakan proses orientasi (OSPEK).

Hal ini tentu sebagai bentuk agar mahasiswa Islam terhindar dari faham
sekuler31 dan supaya mampu dalam pengantisipasian terhadap fenomena-
fenomena arus modernisme pada dua dekade di akhir abad 20. b. Didasarkan
Aspek ...

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multietnik

Buku ini memaparkan tentang keunikan kondisi suatu sekolah dengan keragaman etnik dan budaya, namun dibalut dengan toleransi yang tinggi terhadap seluruh anggota warga sekolah sehingga menghasilkan proses pendidikan yang nyaman dan lingkungan yang harmonis serta keberhasilan dalam pendidikan agama Islam yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. #Pembelajaran #Pendidikan #Agama #Islam #Berbasis #Multietnik #Mahfud #Abdul #Mujib #Agus #Kurniawan #Yuyun #Yunita #Deepublish

#Pembelajaran #Pendidikan #Agama #Islam #Berbasis #Multietnik #Mahfud #Abdul #Mujib #Agus #Kurniawan #Yuyun #Yunita #Deepublish

Islamic Learning : In English Academic Purpose

  • ISBN 13 : 9786027985193
  • Judul : Islamic Learning : In English Academic Purpose
  • Pengarang : Ahwy Oktradiksa,M.Pd.I,  
  • Penerbit : Pustaka setia
  • Klasifikasi : 2x6
  • Call Number : 2x6 AHW i
  • Bahasa : id
  • Penaklikan : viii,154hlm,13.5x20.5cm
  • Tahun : 2013
  • Halaman : 0
  • Ketersediaan :
    2015-32618-0010
    Tersedia di Pustaka Pasca Sarjana - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2015-32618-0009
    Tersedia di Pustaka Pasca Sarjana - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2015-32618-0008
    Tersedia di Pustaka Pasca Sarjana - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2015-32618-0007
    Tersedia di Pustaka Pasca Sarjana - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2015-32618-0006
    Tersedia di Pustaka Pasca Sarjana - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2014-19-3-5
    Tersedia di Pustaka Pasca Sarjana - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2014-19-3-4
    Tersedia di Pustaka Pasca Sarjana - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2014-19-3-3
    Tersedia di Pustaka Pasca Sarjana - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2014-19-3-2
    Tersedia di Pustaka Pasca Sarjana - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2014-19-3-1
    Tersedia di Pustaka Pasca Sarjana - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi