Sebanyak 1029 item atau buku ditemukan

Metodologi Studi Islam

Metode dalam mempelajari Islam perlu untuk dipelajari dan mendapat perhatian dari kaum Muslimin agar pemahamannya tentang Islam memiliki landasan yang kuat. Metode yang secara bahasa diartikan sebagai cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan perlu dipahami oleh siapa saja yang mempelajari Islam. Oleh karena itu, metodologi sebagai ilmu yang mempelajari tentang “cara” menjadi penting dalam rangka studi Islam. Buku ini menjadi pelengkap bagi khazanah keilmuan khususnya terkait dengan hal yang mendasar dalam studi Islam yaitu metodologinya. Kehadiran buku ini diperlukan untuk lebih memudahkan mahasiswa maupun masyarakat umum dalam mempelajari Islam. Di dalam buku ini, selain metodologi secara umum juga disampaikan beberapa metode yang sudah berkembang saat ini dalam rangka studi Islam beserta contoh-contohnya yang diambil dari hasil penelitian penulis. Dengan demikian, buku ini tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Fakultas Syariah saja, tetapi dapat bermanfaat juga bagi mahasiswa fakultas lainnya seperti Fakultas Hukum dan Ekonomi/Ekonomi Syariah, dan juga masyarakat umum. Buku ini diharapkan bermanfaat pula bagi para pengajar, dosen, mubalig dan mubaligah yang tugasnya menyampaikan ajaran Islam kepada masyarakat.

Oleh karena itu, metodologi sebagai ilmu yang mempelajari tentang “cara” menjadi penting dalam rangka studi Islam.

PENGANTAR STUDI ISLAM

Buku ini disusun dengan harapan untuk bisa dipergunakan di Perguruan Tinggi manapun khususnya Perguruan Tinggi Islam. Dengan harapan bisa memberikan tambahan wawasan kepada seluruh mahasiswa perguruan Tinggi sebagai mata kuliah dasar.

Buku ini disusun dengan harapan untuk bisa dipergunakan di Perguruan Tinggi manapun khususnya Perguruan Tinggi Islam. Dengan harapan bisa memberikan tambahan wawasan kepada seluruh mahasiswa perguruan Tinggi sebagai mata kuliah dasar.

Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Sebagian besar para ahli pendidikan sepakat, bahwa metodologi pembelajaran memegang peranan yang sangat strategis dalam mendukung keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan. Di kalangan para pelajar pondok pesantren (santri) misalnya terkenal ungkapan: al-thariqah ahammu min al-maaddah (metode pembelajaran adalah lebih utama dari materi). Ketersediaan sarana prasarana pendidikan dan lainnya yang serba lengkap, misalnya akan kurang ada artinya jika guru yang mengajar di dalam kelas tidak menguasai metodologi pembelajaran yang baik. Seiring dengan kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi digital, khususnya teknologi informasi (information technology), dalam berbagai bentuknya, seperti internet Facebook, Instagram, YouTube, dan lainnya menyebabkan berbagai informasi dari berbagai sumber dapat dengan mudah diakses. Demikian pula tuntutan masyarakat yang semakin ingin diperlukan secara demokratis dan semakin berkembangnya berbagai temuan para ahli dalam bidang psikologi berpengaruh besar terhadap perkembangan model pembelajaran; model pembelajaran yang semula banyak berpusat pada guru (teacher centered) misalnya kini bergeser menjadi berpusat pada peserta didik (student centered). Perkembangan hal tersebut selanjutnya berpengaruh pula pada perkembangan dalam metodologi pembelajaran. Perkembangan dalam metodologi pembelajaran tersebut menjadi sangat menarik dan perlu dikuasai oleh tenaga pendidik baik pada tataran teori maupun praktik. Namun demikian, mengingat berbagai teori metodologi pembelajaran tersebut berasal daripada ahli yang memiliki budaya dan motivasi yang berbeda-beda, maka perlu diadaptasikan lebih dahulu dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan Hadis sehingga menjadi lebih sesuai ketika berbagai metode pembelajaran tersebut akan diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Buku yang saat ini berada di tangan para pembaca yang budiman akan berupaya membantu Anda memahami perkembangan berbagai macam metodologi pembelajaran yang didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam, serta contoh penerapannya dalam pembelajaran pendidikan wgama Islam. Untuk itu penulis mengajak kepada para pendidik untuk terus mengembangkan, menguasai metodologi pembelajaran sehingga pendidikan agama Islam akan lebih menarik minat peserta didik khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Selamat membaca, semoga membawa berkah. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia

Namun demikian, mengingat berbagai teori metodologi pembelajaran tersebut berasal daripada ahli yang memiliki budaya dan motivasi yang berbeda-beda, maka perlu diadaptasikan lebih dahulu dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat di ...

Metodologi Studi AlQuran

"Semua umat beragama yang mendasarkan diri pada kitab suci sangat rentan terhadap kecenderungan untuk menempatkan teks dalam kedudukan yang begitu tinggi, hingga mengalahkan kenyataan hidup manusia yang terus berubah. ""Rezim teks"" akan selalu menjadi bayangbayang yang terus menghantui masyarakat pengagung kitab suci. Wujud modern dari kecenderungan itu adalah fundamentalisme dengan pemahaman agama yang bersifat literalis-skripturalistik dan bibliolatrik. Karena supremasi teks yang berlebihan, dimensi manusia (ghayab al-insan) hilang dari modus keberagamaan, dengan akibat pengasingan manusia dari pengalaman spiritualnya sendiri. Dalam konteks seperti itu, diperlukan pandangan yang lebih seimbang tentang teks wahyu yang hidup dalam konteks yang nyata, di mana masyarakat terlibat aktif dalam pemaknaan teks itu. Diperlukan metodologi yang menempatkan pengalaman manusia dan wahyu sebagai dua hal yang saling mengandaikan, tidak bisa dipisahkan, dan diperlakukan sebagai sesuatu yang memiliki status epistemologis yang sama dalam tindakan penafsiran. Buku ini adalah upaya untuk mencapai itu, yang tak pelak akan mendinamisasi cara kita memahami pesan kitab suci."

"Semua umat beragama yang mendasarkan diri pada kitab suci sangat rentan terhadap kecenderungan untuk menempatkan teks dalam kedudukan yang begitu tinggi, hingga mengalahkan kenyataan hidup manusia yang terus berubah.

METODOLOGI STUDI ISLAM

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan. Aspek-aspek sasaran studi Islam yaitu aspek keagamaan dan aspek keilmuwan. Dari sisi pengertian studi islam secara sederhana adalah usaha mendasar dan sistematis untuk mengetahui, memahami dan membahas secara mendalam seluk beluk yang berhubungan dengan agama Islam, baik ajaran maupun praktek pelaksanaannya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari sepanjang sejarah.

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan.

Etika & Konsep Manajemen Bisnis Islam

Naskah dengan judul Etika & Konsep Manajemen Bisnis Islam merupakan tema pokok yang mengkaji tentang bagaimana etika dalam menjalankan bisnis Islam serta konsep dan manajemen bisnis yang tidak keluar dari syariat Islam. Rasulullah SAW merupakan suri tauladan bagi kita dari segala aspek, dan diantaranya adalah aspek dalam berbisnis, sebagaimana beliau memberikan contoh yang konkret dalam sifat-sifat Rasulullah SAW tersebut, seperti: Shiddiq, Amanah, Tabligh dan Fathonah. Dengan kita mengimplementasikan sifat-sifat Rasulullah SAW tersebut dalam aspek berbisnis Insyaallah akan sejahtera, bahagia, sukses dan selamat dunia akhirat dalam menjalankan bisnis tersebut. Etika & Konsep Manajemen Bisnis Islam ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Naskah dengan judul Etika & Konsep Manajemen Bisnis Islam merupakan tema pokok yang mengkaji tentang bagaimana etika dalam menjalankan bisnis Islam serta konsep dan manajemen bisnis yang tidak keluar dari syariat Islam.

Ekonomi Makro Islam

Buku ini adalah sebuah usaha konstruktif merespons perkembangan kontribusi terhadap pengembangan konsep dan teori ekonomi bernuansa Islam, khususnya dalam bidang makroekonomi. Karenanya, tiga isu utama ekonomi makro (pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan pengangguran) akan menjadi fokus utama buku ini dan diuraikan dalam sembilan bab komprehensif. Tak kalah penting, buku ini menutup uraian pentingnya tentang bunga bank dan riba yang selalu menjadi bahan perbincangan menarik ketika orang berbicara tentang praktik ekonomi Islam. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini adalah sebuah usaha konstruktif merespons perkembangan kontribusi terhadap pengembangan konsep dan teori ekonomi bernuansa Islam, khususnya dalam bidang makroekonomi.

Pengantar Bimbingan dan Konseling Islam

Buku Pengantar Bimbingan dan Konseling Islam membahas tentang Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, meliputi: Sejarah bimbingan dan konseling, definisi bimbingan dan konseling, tujuan, prinsip-prinsip, asas-asas, kesalahan pahaman dalam memaknai bimbingan dan konseling, jenis-jenis layanan, bimbingan dan konseling Islam.

Career choice has been regarded historically as vocational-guidance a process of helping the client to choose, prepare for, and succed in a given occupation. This process was centered around counseling, which consisted largely of ...

Sintaksis Bahasa Arab

Analisis Frasa dalam Teks Alquran

Buku ini merupakan jenis buku teks atau bersifat referensi, yang berjudul: Sintaksis Bahasa Arab (Analisis Frasa dalam Teks Alquran). Buku ini diangkat dari hasil penelitian yang bertujuan untuk mengungkap hasil analisis bentuk Frasa dalam Alquran, khususnya Frasa Idhofah dalam kajian surah Ali Imran. Buku ini membahas tentang macam-macam bentuk frasa Idhofah yang menggambarkan bentuk keunikan tersendiri sebagai ciri khas frasa dalam Bahasa Arab, khususnya dalam bahasa Alquran. Keunikan bentuk frasa Bahasa Arab dapat terlihat dari ciri linguistik yang membangun unsur frasa tersebut. Uraian buku ini meliputi bentuk-bentuk Idhofah yang terungkap melalui proses penguraian dengan pengklasifikasian, berdasarkan ciri-ciri Idhofah., Ciri-ciri Idhofah dapat dilihat dari segi mudhofnya dan dari segi mudhof ilaihnya. Bentuk Frasa Idhofah, secara garis besar tergolong dalam dua macam, yaitu Idhofah Ma’nawiyah dan Idhofah Lafzhiyah. Di antara bentuk Idhofah Ma’nawiyah ialah Idhofah yang mudhof ilaihnya berkategori pemilik (aneksi posesif ) atau jika dilihat dari huruf jar yang di takdirkan, idhofah tersebut dinamakan Idhofah Lamiyyah. Idhofah Lafzhiyah ialah Idhofah yang mudhofnya terdiri dari : Isim Fa’il, Shifah musyabbahah biismil Fa’il dan mubalaghah dari Isim Fa’il. Selain itu, diuraikan pula jenis Idhofah yaitu Idhofah yang mudhofnya terdiri dari Isim Jamid Mahdhah, Isim Jamid Ma’na ( Masdar ), lafal-lafal yang selalu mudhof, baik yang merupakan zharaf maupun yang bukan zharaf, dan yang merupakan zharaf terbagi atas tiga macam, yaitu zharaf makan, zharaf zaman dan zharaf selain kedua zharaf tersebut. Zharaf zaman ada yang diidhofahkan pada lafal mufrad dan ada yang diidhofahkan pada jumlah ( kalimat ). Selain itu, frasa idhofah yang mudhofnya merupakan Isim Isyarah, Isim Makan, Isim Adad dan Isim Tafdhil. Kemudian frasa Idhofah yang bentuk mudhof ilaihnya berkategori : keseluruhan (partitif) ; pelaku, penyebab (subjektif); Sasaran perbuatan (objektif); tempat (lokatif); Asal (Ablatif); dan sifat (Astributif). Untuk Idhofah Lafzhiyah, mudhof ilaihnya hanya berkategori Sasaran perbuatan (Objektif).Sifat yang sandar pada Maushuf ditemukan pada Idhofah Ma’nawiyah dan Idhofah Lafzhiyah. Sebaliknya, Maushuf yang sandar pada sifat hanya ditemukan pada Idhofah Ma’nawiyah. Idhofah yang menakdirkan huruf jar, selain Idhofah Lamiyyah terdapat pula Idhofah Bayaniyyah, Idhofah Zharfiyyah,dan Idhofah Tasybihiyyah. Bentuk Idhofah yang menakdirkan huruf jar hanya terdapat pada Idhofah Ma’nawiyah. Selain bentuk-bentuk Idhofah tersebut di atas, ada pula bentuk Idhofah yang unsur kata pertamanya atau unsur Mudhofnya terbuang. Bagian akhir buku ini juga membahas tentang frasa Idhofah dalam struktur kalimat, yang mempunyai fungsi/kedudukan dan kategori dalam sebuah klausa atau kalimat berdasarkan kategori fungsi. Selanjutnya dilengkapi dengan analisis diagram pohon melalui beberapa contoh kalimat.

Buku ini merupakan jenis buku teks atau bersifat referensi, yang berjudul: Sintaksis Bahasa Arab (Analisis Frasa dalam Teks Alquran).

Arsitektur Akhlak dan Budi Pekerti dalam Interaksi Lintas Budaya

Manusia sebagai makhluk individu, sosial, dan budaya memiliki akhlak dan budi pekerti yang menempatkan dirinya pada kedudukan yang luhur dan terpuji, dan sekaligus dapat membedakannya dengan makhluk-makhluk lain dalam kehidupan alam semesta. Akhlak dan budi pekerti memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter manusia Indonesia. Akhlak dan budi pekerti, berorientasi pada nilai-nilai spiritual,nilai-nilai kemanusiaan dan kelestarian lingkungan hidupnya. Nilai-nilai itu selalu berada dan tidak pernah terpisahkan dari kehidupan manusia, karena ia merupakan makhluk yang terdiri dari dua unsur yang menyatu, yaitu fisik dan rohani. Nilai rohani merupakan nilai individual dan universial yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya, sedang nilai kemanusiaan merupakan nilai yang berada di tengah masyarakat sebagai realisasi dari sifat sosial yang ada pada diri manusia. Kehidupan manusia di tengah masyarakatnya akan lebih bermakna, apabila setiap individu memperhatikan tanggungjawab terhadap dirinya sendiri, terhadap masyarakat lingkungannya yang didasari oleh nilai-nilai akhlak dan budi pekerti. Perwujudan nilia-nilai itu harus dibuktikan dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat.

kepercayaan yang berbeda-beda, seperti Islam, Katolik, Kristen Protestan, Hindu, ... terhadap berbagai macam fenomena sosial, budaya, ekonomi, politik, ...