Sebanyak 14 item atau buku ditemukan

Gagasan Islam liberal di Indonesia

pemikiran neo-modernisme Nurcholis Madjid, Djohan Effendi, Ahmad Wahib dan Abdurrahman Wahid 1968-1980

Gagasan Islam Liberal Di Indonesia

Pemikiran Neo- Modernisme Nurcholish Madjid, Djohan Effendi, Ahmad Wahib, Dan Abdurrahman Wahid

Dari neomodernisme ke Islam liberal

Development of modern Islam in Indonesia.

Berdasarkan kenyataan itu, suatu kajian teologis yang lebih komprehensif, atau
analisis terhadap teologi di luar teologi aliran skolastik menjadi satu kemestian,
dan merupakan tantangan yang perlu dilakukan. Dengan adanya kajian teologi
semacam itu, anggapan bahwa teologi Islam kurang berkembang menjadi tidak
beralasan sebab dalam realitasnya usaha-usaha pembaruan teologi sudah
mulai dilakukan. B. Hipotesis Kritisisme pemikiran Fazlur Rahman, khususnya
dalam ...

Mempertemukan Jaringan Islam Liberal (JIL) dengan Majelis Tarjih PP Muhammadiyah

Role of Majelis Tarjih Muhammadiyah in managing the controversy between Jaringan Islam Liberal who support pluralistic ideas and anti JIL followers in Indonesia.

1. Bagi JIL, sudah seharusnya mereka menyadari bahwa isu liberalisme yang
dibawanya adalah wacana yang sangat kontroversial di bidang ideologi. Untuk
itu diperlukan kehati-hatian dalam proses penyampaian sebab wacana ini
berkaitan dengan masalah keyakinan. Pengalaman yang sudah-sudah
menunjukkan bahwa Ulil Abshar abdalla banyak dihujat karena bahasa yang
digunakan dalam tulisannya terlalu vulgar. 2. Sebaiknya JIL lebih memperjelas
konsep-konsep yang ...

Dekonstruksi pemikiran Islam liberal

kritik fenomena JIL

Thought of liberal Islam in Indonesia.

Berkaitan dengan argumen Ahli Kitab kaum liberal, Allah SWT menegaskan: "
Maka jika kamu telah mengetahui bahwa mereka (benar- benar) beriman maka
janganlah kamu kembalikan mereka kepada (suami-suami mereka) orang kafir.
Mereka tiada halal bagi orang-orang kafir itu dan orang-orang kafir tiada halal
pula bagi mereka. " (QS. al-Mumtahanah : 10) Berdasarkan firman di atas, Abu
Bakar Al-Jazairy dalam Minhajul Muslim berkesimpulan; "Tidak halal bagi
muslimah ...

Islam liberal

sejarah, konsepsi, penyimpangan, dan jawabannya

Arguing pro and con on Liberal Islam according to Indonesian Muslim intellectuals engaged with the issues of global modernity.

Dr. Harun Nasution, lulusan Mc Gill University Kanada, berhasil mempengaruhi
institusi lembaga Islam itu, setelah pada tahun 1973, bukunya Islam Ditinjau dari
Berbagai Aspeknya, ditetapkan sebagai buku utama mahasiswa IAIN se-
Indonesia. Buku yang diterbitkan pertama kali tahun 1974 itu, dijadikan bahan
bacaan pokok untuk mata kuliah "Pengantar Ilmu Agama Islam", melalui Rapat
Kerja Rektor IAIN se-Indonesia di Ciumbuluit, Bandung, Agustus 1973.28 Dalam
bukunya itu, ...

Islam liberal dan pluralisme agama

Liberal Islam and religious pluralism in Malaysia.

Liberal Islam and religious pluralism in Malaysia.

Islam liberal, pluralisme agama & diabolisme intelektual

Islamic fatwas against religious pluralism, liberalism, and secularism in Indonesia.

Islamic fatwas against religious pluralism, liberalism, and secularism in Indonesia.

Pengaruh Kristen-orientalis terhadap Islam liberal

dialog interaktif dengan aktivis Jaringan Islam Liberal

ciri Euro-centric world-view) sehingga istilah bahasa Arab modern 'ilmaniyyah itu
menjadi begitu terkenal dan kita ambil sepintas lalu. Saya pikir hal ini juga suatu
kekurangan kita yang tidak terlalu kritis menghadapi hegemoni peradaban Barat.
Saya cenderung menggunakan istilah sikulariyyah atau huna al-aaniyyah
sebagai kata yang ekuivalen. Kata sikulariyyah menunjukkan bahwa ide sekuler
adalah istilah asing yang kemudian dibahasa-Arabkan. Dalam sejarah filsafat
Islam, ...

Raport merah Hartono Ahmad Jaiz dkk. & Jaringan Islam Liberal

sebuah 'cara mel[i]hat' yang lain

Untukmulah agamamu, dan untukkulah, agamaku". (QS. al-Kafirun [109]: 1-6) 2.
Hadis Nabi s.a.w. : " Do'a adalah otak (inti) ibadah." (HR. Tirmizi). 3. Qa'idahfiqh: .
" Hukum asal dalam masalah ibadah adalah tauqif dan ittiba' (mengikuti petunjuk
dan contoh dari Nabi)." MEMPERHATIKAN : 1. Pendapat para ulama (lihat, a.l. :
Hasyiyatul Jamal Fathul Wahhab, juz V, h. 226; Hasyiyatul Jamal, juz II, h. 119;
Mughnil Muhtaj, juz I, h. 323; dan al-Majmu', juz V, h. 72 dan 66): 2. Rapat Komisi
 ...