konsep dasar strategi memahami ideologi pancasila dan karakter bangsa
Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang notabene bermeteraikan Pendidikan Moral Pancasila merupakan salah satu pelajaran yang “sangat Urgen”dipelajari oleh segenap warga negara Indonesia umumnya dan oleh generasi muda bangsa khususnya di samping “Pendidikan Agama” guna mengeliminasi riak-riak negatif yang berkontribusi mengusik “Persatuan dan Kesatuan Bagsa” yang sudah lama terbina. Kehadiran buku ini menawarkan alternativeuntuk menyembuhkan penyakit intoleransi dan inkonsistensi yang mengusik persatuan dan kesatuan bangsadengan memahami dan memaknai nilai-nilai Pancasila.Pancasila yang termuat dalam Alenia ke IV Pembukaan UUD 1945 merupakan pelajaran yang berfungsi menanamkan Ideology Negara dan nilai-nilai Karakter Bangsa. Pendidikan Pancasila dan UUD 1945mengemban misi membentuk warganegara Indonesia yang berakhlak mulia, cinta tanah air dan bangsa, menjadi warga negara yang baik serta bertanggung jawab.Pancasila merupakan jiwa seluruh rakyat Indonesia, yang memberi kekuatan hidup kepada bangsa Indonesia serta warta pembimbing dalam mengejar kehidupan yang lebih baik, demi menuju masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. Salah satu fungsi Pancasila sebagai dasar negara adalah sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib hukum. Pancasila digunakan sebagai petunjuk arah bagi semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan dalam berbangsa dan bernegara
Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang notabene bermeteraikan Pendidikan Moral Pancasila merupakan salah satu pelajaran yang “sangat Urgen”dipelajari oleh segenap warga negara Indonesia umumnya dan oleh generasi muda ...
Karakter, ciri atau identitas suatu bangsa terbentuk melalui proses yang panjang yang dialami oleh generasi yang mendiami suatu wilayah tertentu tempat mereka tinggal yang disebut bangsa. Kita sebagai manusia yang lahir, dibesarkan, dididik dan tinggal di hamparan bumi nusantara memiliki kebudayaan yang bersumber dari akal pikiran manusia yang telah mendahului kita. Hasil akal budi peninggalan para leluhur kita itulah yang menjadi salah satu identitas kita sebagai sebuah bangsa yang disebut bangsa Indonesia. Kita sebagai manusia yang dilahirkan di dunia fana ini, dibekali oleh akal dan budi sebagai modal untuk berkreasi dan berinovasi mengembang-kan dan mendayagunakan alam ini. Sebagai manusia yang dibekali oleh akal dan budi, menjadikan kita tidak hanya bisa berkreasi dan berinovasi tetapi kita juga bisa bertahan hidup dengan menyesuaikan kondisi dan lingkungan di sekitar kita sehingga kita masih bisa bertahan hidup dari zaman ke zaman sampai sekarang ini sebagai bangsa Indonesia.
Karakter, ciri atau identitas suatu bangsa terbentuk melalui proses yang panjang yang dialami oleh generasi yang mendiami suatu wilayah tertentu tempat mereka tinggal yang disebut bangsa.
Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan buku ajar yang berjudul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini dapat diselesaikan dengan baik. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak yang mengharapkan adanya buku ajar ini sebagai panduan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Buku yang tengah ada dihadapan pembaca saat ini adalah kumpulan materi-materi ajar, baik itu mata kuliah Pancasila maupun mata kuliah Kewarganegaraan. Disusunnya bahan ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini diharapkan dapat menjadi opsi referensi bagi para dosen/pendidik dan mahasiswa dan civitas academica yang ada di Universitas Sembilanbelas November Kolaka pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Tak lupa pula penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Akhirnya, harapan penulis sejak lama dapat terwujud dengan hadirnya buku ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini sebagai panduan perkuliahan mata kuliah PPKn. Sebagaimana penyusunan buku ajar yang lain, penulis menyadari bahwa buku ini belumlah sempurna baik dari materi dan susunannya. Dengan lapang dada dan kerendahan hati, penyusun bersedia untuk diberi saran dan kritik yang bersifat membangun guna memperbaiki buku ini agar lebih baik lagi.
Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan buku ajar yang berjudul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini dapat diselesaikan dengan baik.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dihadirkan guna membentuk peserta didik menjadi pribadi yang mengetahui tentang hak dan kewajiban dalam usaha pembelaan negara, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, serta memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air, sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Penyusunan buku ini disesuaikan dengan Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) dan inti pendidikan tinggi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang dilengkapi dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Pokok-pokok materi tersajikan secara sistematis, meliputi: Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan Pancasila sebagai Sistem Filsafat Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara Identitas Nasional dan Multikulturalisme Negara dan Konstitusi Peraturan Perundang-undangan Demokrasi Indonesia Negara Hukum, Rule of Law, dan HAM Hak dan Kewajiban Warga Negara Geopolitik Indonesia dan Wawasan Nusantara Geostrategi Indonesia dan Ketahananan Nasional Otonomi Daerah Korupsi di Indonesia Praksis Good dan Clean Governance Materi buku ini tersajikan sesuai landasan hukum yang disesuaikan dengan dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara. Melalui bahasa penyampaian yang lugas, ilmiah dan sistematis menjadikan buku ini mudah untuk dipahami. Buku ini sangat tepat digunakan rujukan oleh semua pihak baik guru, dosen, mahasiswa dan masyarakat umum.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dihadirkan guna membentuk peserta didik menjadi pribadi yang mengetahui tentang hak dan kewajiban dalam usaha pembelaan negara, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Bhinneka ...
Praktik Komputer Akuntansi dengan MYOB V.24 VS ABSS V.25 Penulis : Tiara Lintang Utami, SE., M.Si. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-96862-8-4 Terbit : April 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Buku modul “Praktik Komputer Akuntansi dengan MYOB V.24 VS ABSS V.25” (untuk siswa SMK/SMA/MA, mahasiswa dan umum) ini disusun berdasarkan kebutuhan para user dalam mengaplikasikan software akuntansi baik MYOB V.24 maupun ABSS V.25 dan tentunya sangat membantu pada saat proses pembelajaran online dalam masa pandemi Covid-19. Dengan hadirnya buku modul ini, diharapkan para user akan lebih mudah menguasai serta menyusun sebuah laporan keuangan dengan software komputerisasi akuntansi MYOB V.24 atau ABSS V.225. Penulis berusaha mengemas buku modul ini secara detail dan lengkap agar mudah dipelajari oleh siapa saja, baik siswa, mahasiwa atau umum. Buku modul ini juga dilengkapi dengan latihan soal berupa contoh kasus untuk menguji pemahaman terkait dengan berbagai materi transaksi keuangan yang terdapat dalam modul. Buku Modul ini disusun dalam sebuah project bersama para mahasiswa Akuntansi, dengan seorang editor yang merupakan seorang praktisi sebuah perusahaan swasta intrnasional dan berpengalaman di bidang akuntansi sekitar 10 tahun. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys
Praktik Komputer Akuntansi dengan MYOB V.24 VS ABSS V.25 Penulis : Tiara Lintang Utami, SE., M.Si. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-96862-8-4 Terbit : April 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Buku modul “Praktik Komputer Akuntansi dengan ...
Buku ini membahas tentang organisasi dan arsitektur komputer, evolusi dan kinerja komputer, sistem komputer, sistem interkoneksi terhadap kecepatan komputasi, sistem memori, sistem memori internal, memori eksternal pada sistem komputer, interaksi prosesor dengan perangkat input atau output, dukungan sistem operasi dan organisasi jaringan komputer, organisasi jaringan komputer, representasi data dan logika komputer, serta teknik ocr image dan text.
Buku ini membahas tentang organisasi dan arsitektur komputer, evolusi dan kinerja komputer, sistem komputer, sistem interkoneksi terhadap kecepatan komputasi, sistem memori, sistem memori internal, memori eksternal pada sistem komputer, ...
Arsitektur & Organisasi Komputer yaitu, Arsitektur Komputer mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0. Sedangkan Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional computer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.
Arsitektur & Organisasi Komputer yaitu, Arsitektur Komputer mempelajari atribut ‑ atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Jenis-jenis operasi computer, Perkembangan evolusi computer, metode dan teknologi transfer data antar komponen di dalam computer, Internal memory, Eksternal memory, Cara kerja peralatan input dan peralatan output, Dukungan sistem operasi dalam kinerja computer, Dasar perhitungan aritmatika dalam computer, Instruction Addressing dan format, CPU, RISC/Reduce instruction set, Proses paralel dan superscalar dalam operasional computer.
Jenis-jenis operasi computer, Perkembangan evolusi computer, metode dan teknologi transfer data antar komponen di dalam computer, Internal memory, Eksternal memory, Cara kerja peralatan input dan peralatan output, Dukungan sistem operasi ...
Buku ini memberikan praktik langsung dengan menggunakan program simulasi menggunakan bahasa rakitan atau lebih umum dikenal sebagai assembly language. Bahasa rakitan adalah bahasa pemrograman tingkat rendah yang digunakan dalam pemrograman komputer, mikroprosesor, pengendali mikro, dan perangkat lainnya yang dapat diprogram. Bahasa rakitan mengimplementasikan representasi atas kode mesin (assembler) dalam bentuk simbolsimbol yang secara relatif lebih dapat dipahami oleh manusia. Buku ini merupakan buku yang dibuat dari rangkuman materimateri perkuliah penulis selama mengajar mata organisasi arsitektur sistem komputer. Di dalam buku ini terdapat teori organisasi arsitektur sistem komputer dan praktik menggunakan program bahasa rakitan dengan TASM. Teori Organisasi Arsitektur Komputer & Praktik Assembler Untuk Pemula ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak
Buku Ajar ini digunakan untuk Mahasiswa sistem komputer, Universitas Sriwijaya yang mengambil mata kuliah Organisasi dan arsitektur Komputer (FSK-21416).
Buku Ajar ini digunakan untuk Mahasiswa sistem komputer, Universitas Sriwijaya yang mengambil mata kuliah Organisasi dan arsitektur Komputer (FSK-21416).