Sebanyak 30239 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian untuk Studi Islam Panduan Praktis dan Diskusi Isu

Buku ini disusun untuk memenuhi keinginan mahasiswa akan adanya tuntunan praktis, khususnya dalam penyusunan proposal penelitian. Penulis merasa banyak menimba pengetahuan dari mahasiswa, terutama kesulitan-kesulitan yang dihadapi mereka ketika akan menyusun proposal untuk skripsi dalam mata kuliah Metodologi Penelitian dan ketika akan menyusun proposal penelitian untuk memperoleh hibah. Berdasarkan kesulitan-kesulitan tersebut, kemudian secara bertahap penulis dapat menemukan cara termudah dan praktis. Untuk lebih memudahkan pemahaman, maka dalam setiap unsur proposal disertai dengan contoh-contoh dan tips. Tentu, sepraktis apapun sebuah buku, pada akhirnya kembali kepada para calon peneliti. Peneliti tetap dituntut untuk memiliki ide dan kreasi, motivasi, dan kepekaan dalam proses penyusunan proposal. Peneliti dituntut juga untuk selalu berpikir sistemik dalam menyusun proposal. Artinya, ketika sudah punya ide tentang tema tertentu, maka peneliti harus memikirkan semua unsur dalam proposal, mulai masalah penelitian latar belakang masalah, rumusan masalahnya, tujuan dan manfaat penelitian, landasan teori dan tinjauan pustaka serta metode penelitiannya.

Buku ini disusun untuk memenuhi keinginan mahasiswa akan adanya tuntunan praktis, khususnya dalam penyusunan proposal penelitian.

Filsafat pendidikan : Islam teori dan metodologi

Seorang pendidik berkewajiban membimbing, mengarahkan, mengantarkan, dan mengembangkan potensi peserta didik seoptimal mungkin. Tentu saja, pekerjaan ini tidak mudah bagi seorang pendidik, sebab ia harus mampu menggali atau menampakkan potensi peserta didik yang masih tersembunyi (hidden talent) menjadi potensi yang tumbuh dan berkembang ke permukaan. Sebuah layanan yang bukan saja membutuhkan waktu, akan tetapi membutuhkan pula proses layanan pendidikan Islam yang tepat dan benar. Dengan landasan di atas, seorang pendidik perlu pandangan yang luas, sehingga memiliki pemahaman yang mendalam terkait dengan berbagai konsep filsafat pendidikan Islam. Peristiwa memilah, memilih, dan menerapkan beragam teori filsafat pendidikan Islam menjadi bagian yang kerap dilakukan oleh seorang pendidik. Selain itu, mengkaji dan menentukan keberpihakan pada beragam aliran dari beberapa tokoh pendahulu juga merupakan bagian yang senantiasa dilakukan oleh seorang pendidik yang berkeinginan memberikan layanan yang terbaik bagi peserta didiknya. Semua yang disebutkan di atas menjadi perhatian utama dan serius. Penyusunan bab demi bab telah disesuaikan dengan kebutuhan bahan ajar Filsafat Pendidikan Islam, sehingga aneka materi yang disajikan mudah dipahami. Dengan demikian tidak hanya kalangan pendidik yang dapat mengambil manfaat, melainkan juga masyarakat yang peduli pendidikan mampu mendapatkan gambaran dan kandungan pengetahuan yang ada di dalamnya.

Seorang pendidik berkewajiban membimbing, mengarahkan, mengantarkan, dan mengembangkan potensi peserta didik seoptimal mungkin.

Metodologi Studi AlQuran

"Semua umat beragama yang mendasarkan diri pada kitab suci sangat rentan terhadap kecenderungan untuk menempatkan teks dalam kedudukan yang begitu tinggi, hingga mengalahkan kenyataan hidup manusia yang terus berubah. ""Rezim teks"" akan selalu menjadi bayangbayang yang terus menghantui masyarakat pengagung kitab suci. Wujud modern dari kecenderungan itu adalah fundamentalisme dengan pemahaman agama yang bersifat literalis-skripturalistik dan bibliolatrik. Karena supremasi teks yang berlebihan, dimensi manusia (ghayab al-insan) hilang dari modus keberagamaan, dengan akibat pengasingan manusia dari pengalaman spiritualnya sendiri. Dalam konteks seperti itu, diperlukan pandangan yang lebih seimbang tentang teks wahyu yang hidup dalam konteks yang nyata, di mana masyarakat terlibat aktif dalam pemaknaan teks itu. Diperlukan metodologi yang menempatkan pengalaman manusia dan wahyu sebagai dua hal yang saling mengandaikan, tidak bisa dipisahkan, dan diperlakukan sebagai sesuatu yang memiliki status epistemologis yang sama dalam tindakan penafsiran. Buku ini adalah upaya untuk mencapai itu, yang tak pelak akan mendinamisasi cara kita memahami pesan kitab suci."

"Semua umat beragama yang mendasarkan diri pada kitab suci sangat rentan terhadap kecenderungan untuk menempatkan teks dalam kedudukan yang begitu tinggi, hingga mengalahkan kenyataan hidup manusia yang terus berubah.

Metodologi Studi Islam

Buku ini disusun berdasarkan kebutuhan yang ada dalam pembahasan metodologi studi Islam dan sebagai upaya untuk meningkatkan serta mengembangkan literasi Islam. Hadirnya buku ini diharapkan dapat mengarahkan umat Islam untuk mengadakan usaha pembaruan dalam pemikiran ajaran Islam agar mampu beradaptasi dan menjawab tantangan serta tuntutan zaman modern dengan tetap berpegang teguh pada sumber agama Islam yang pokok, yakni Al-Qur’an dan hadis. Dengan nilai-nilai dasar yang bersifat universal dan sistem budaya yang tinggi, agama Islam dapat memberikan arah dan tujuan hidup yang seimbang dan adil antara kebutuhan manusia terhadap teknologi, interaksi sosial, dan hal yang bersifat spiritual. Buku ini juga membahas secara spesifik mengenai efek globalisasi pada studi keagamaan, termasuk kajian agama pada era teknologi digital.

Buku ini disusun berdasarkan kebutuhan yang ada dalam pembahasan metodologi studi Islam dan sebagai upaya untuk meningkatkan serta mengembangkan literasi Islam.

METODOLOGI STUDI ISLAM

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan. Aspek-aspek sasaran studi Islam yaitu aspek keagamaan dan aspek keilmuwan. Dari sisi pengertian studi islam secara sederhana adalah usaha mendasar dan sistematis untuk mengetahui, memahami dan membahas secara mendalam seluk beluk yang berhubungan dengan agama Islam, baik ajaran maupun praktek pelaksanaannya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari sepanjang sejarah.

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan.

Sejarah sosial dalam studi Islam

teori, metodologi, dan implementasi

Social history in Islamic studies in Indonesia.

Social history in Islamic studies in Indonesia.

Dinamika pemikiran sarjana Muslim tentang metodologi studi agama di Indonesia

kajian terhadap literatur terpublikasi tahun 1964-2012

Methodology of teaching of Islamic studies in Indonesia.

Mencandra Metodologi Buku Sumber Ajar Mata Kuliah Pengantar Studi Islam di Perguruan Tinggi Agama Islam

Fokus utama yang menjadi permasalahan utama atau mayor dalam buku ini adalah bagaimana metodologi buku sumber ajar mata kuliah Pengantar Studi Islam. Hal tersebut ditengarai dari adanya ketidaktepatan kajian dalam Buku Pengantar Studi Islam yang dijadikan pegangan oleh beberapa Perguruan Tinggi Islam. Adapun pertanyaan turunan atau permasalahan minor dari pertanyaan utama tersebut adalah bagaimana kecenderungan paradigma metodologi pada pengajaran agama Islam, bagaimana kecenderungan paradigma metodologi pada pendidikan agama Islam dan bagaimana ketidaktepatan pada kajian Bahan Ajar pengantar Studi Islam Kontemporer.

Fokus utama yang menjadi permasalahan utama atau mayor dalam buku ini adalah bagaimana metodologi buku sumber ajar mata kuliah Pengantar Studi Islam.

Wacana studi hadis kontemporer

... politik , ekonomi , hukum , agama dan kependudukan , umat Islam dituntut untuk melaku- kan kontekstualisasi hadis - hadis ... sosial yang bisa disaksikan di Indonesia dewasa ini tidak dapat dilepaskan ... sosial - ekonomi mereka ...