Sebanyak 2310 item atau buku ditemukan

TANTANGAN SOSIAL POLITIK ERA KEKINIAN

Kolaborasi Pemikiran Berbagai Perspektif

Selain tantangan menghadapi MEA, pasca reformasi Indonesia juga menghadapi tantangan dalam hal gerakan revivalisme Islam serta dalam hal stabilitas sistem kepartaian di Indonesia mulai dari tingkat lokal hingga nasional. Pasca reformasi, kran kebebasan bagi masyarakat Indonesia untuk berpolitik, berkumpul dan berpendapat dibuka seluas-luasnya, termasuk terhadap gerakan Islam. Sejak itu, berbagai gerakan Islam transnasional, partai politik, dan ajaran yang mengintegrasikan dengan budaya lokal muncul dan tumbuh pesat. Hanya saja dalam perkembangan terkini kondisi yang disebut sebagai revivalisme ini menghadapi banyak persoalan, termasuk kelemahan mereka dalam menawarkan berbagai solusi untuk mengatasi persoalan riil di tengah masyarakat. Bahkan tidak sedikit di antara aktivis Islam yang terjebak dengan tindakan-tindakan pragmatis yang jauh dari nilai-nilai Islam sebagaimana yang mereka suarakan. Dalam hal sistem kepartaian di Indonesia, sejumlah partai besar di Indonesia juga mengalami penurunan perolehan suara yang cukup signifikan. Realitas ketidakstabilan perolehan suara partai (electoral volatility) secara individual menunjukan bahwa sistem kepartaian Indonesia pasca Orde Baru hingga saat ini masih tidak stabil. Selain itu adanya pergeseran terkait konsep keamanan negara yang dulunya berfokus pada state security dan kini mengarah ke human security juga menimbulkan tantangan tersendiri. Konsep atau gagasan human security melahirkan banyak interpretasi yang akhirnya memunculkan perdebatan. Sejumlah artikel dalam buku ini mengupas berbagai tantangan tersebut dan berupaya untuk mendiskusikan solusi bagaimana tantangan Indonesia dalam bidang politik yang dikaji dalam sejumlah perspektif menarik dari sudut pandang keilmuan sosial, politik, pemerintahan, komunikasi dan juga perspektif hubungan internasional. Buku bunga rampai ini sejatinya adalah sebuah kolaborasi menarik dari sejumlah pemikir kajian sosial politik, komunikasi dan hubungan internasional yang mencoba untuk menelaah bagaimana seharusnya Indonesia bisa menempatkan posisinya sebagai negara yang tak terlepas dari tantangantantangan di era digitalisasi seperti saat ini. Tujuan buku ini adalah untuk mengelaborasi bagaimana posisi negara kita dan apa saja solusi yang ditawarkan untuk mencapai tujuan bersama kita mewujudkan Indonesia sebagai negara bermartabat, demi terciptanya Indonesia Berkemajuan.

Selain tantangan menghadapi MEA, pasca reformasi Indonesia juga menghadapi tantangan dalam hal gerakan revivalisme Islam serta dalam hal stabilitas sistem kepartaian di Indonesia mulai dari tingkat lokal hingga nasional.

Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Sebagian besar para ahli pendidikan sepakat, bahwa metodologi pembelajaran memegang peranan yang sangat strategis dalam mendukung keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan. Di kalangan para pelajar pondok pesantren (santri) misalnya terkenal ungkapan: al-thariqah ahammu min al-maaddah (metode pembelajaran adalah lebih utama dari materi). Ketersediaan sarana prasarana pendidikan dan lainnya yang serba lengkap, misalnya akan kurang ada artinya jika guru yang mengajar di dalam kelas tidak menguasai metodologi pembelajaran yang baik. Seiring dengan kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi digital, khususnya teknologi informasi (information technology), dalam berbagai bentuknya, seperti internet Facebook, Instagram, YouTube, dan lainnya menyebabkan berbagai informasi dari berbagai sumber dapat dengan mudah diakses. Demikian pula tuntutan masyarakat yang semakin ingin diperlukan secara demokratis dan semakin berkembangnya berbagai temuan para ahli dalam bidang psikologi berpengaruh besar terhadap perkembangan model pembelajaran; model pembelajaran yang semula banyak berpusat pada guru (teacher centered) misalnya kini bergeser menjadi berpusat pada peserta didik (student centered). Perkembangan hal tersebut selanjutnya berpengaruh pula pada perkembangan dalam metodologi pembelajaran. Perkembangan dalam metodologi pembelajaran tersebut menjadi sangat menarik dan perlu dikuasai oleh tenaga pendidik baik pada tataran teori maupun praktik. Namun demikian, mengingat berbagai teori metodologi pembelajaran tersebut berasal daripada ahli yang memiliki budaya dan motivasi yang berbeda-beda, maka perlu diadaptasikan lebih dahulu dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan Hadis sehingga menjadi lebih sesuai ketika berbagai metode pembelajaran tersebut akan diterapkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Buku yang saat ini berada di tangan para pembaca yang budiman akan berupaya membantu Anda memahami perkembangan berbagai macam metodologi pembelajaran yang didasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam, serta contoh penerapannya dalam pembelajaran pendidikan wgama Islam. Untuk itu penulis mengajak kepada para pendidik untuk terus mengembangkan, menguasai metodologi pembelajaran sehingga pendidikan agama Islam akan lebih menarik minat peserta didik khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Selamat membaca, semoga membawa berkah. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia

Namun demikian, mengingat berbagai teori metodologi pembelajaran tersebut berasal daripada ahli yang memiliki budaya dan motivasi yang berbeda-beda, maka perlu diadaptasikan lebih dahulu dengan nilai-nilai ajaran Islam yang terdapat di ...

METODOLOGI STUDI ISLAM RAGAM PENDEKATAN DAN DASAR-DASAR PENELITIAN

Studi Islam (Islamic Studies/Dirasat Islamiyyah) menjadi disiplin ilmu yang digandrungi tidak hanya oleh peneliti muslim dan akademisi timur, namun juga para ilmuwan barat. Tidak lain karena ilmu ini terus berkembang dan selalu urgen untuk merespon isu-isu kontemporer. Kemampuan menjadi mata bidik untuk setiap permasalahan global ditentukan oleh metode studi Islam sendiri yang terus akomodatif terhadap perkembangan riset-riset terkini. Metode studi Islam bukan teknik yang stagnan, namun dinamis karena memadukan dimensi normatif dan historis, doktrin keislaman dan sains mutakhir. Buku ini merangkum sejumlah pendekatan yang lazim digunakan dalam studi Islam ditambah dengan pendekatan-pendekatan komtemporer. Kehadiran buku ini layak untuk menjadi pegangan penelitian studi Islam.

Studi Islam (Islamic Studies/Dirasat Islamiyyah) menjadi disiplin ilmu yang digandrungi tidak hanya oleh peneliti muslim dan akademisi timur, namun juga para ilmuwan barat.

METODOLOGI STUDI ISLAM

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan. Aspek-aspek sasaran studi Islam yaitu aspek keagamaan dan aspek keilmuwan. Dari sisi pengertian studi islam secara sederhana adalah usaha mendasar dan sistematis untuk mengetahui, memahami dan membahas secara mendalam seluk beluk yang berhubungan dengan agama Islam, baik ajaran maupun praktek pelaksanaannya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari sepanjang sejarah.

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan.