Sebanyak 2080 item atau buku ditemukan

Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan

Penelitian dalam bidang sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan memiliki puluhan tawaran metodologis. Namun demikian, tidak dapat dielakkan adanya pengaruh kuat dari pendekatan dalam penelitian kuantitaif atau kualitatif. Dalam penelitian ilmu sosial, pendekatan kuantitatif dan kualitatif sudah berkembang sekitar tahun 1960-an sehingga para pakar tidak lagi mempersoalkannya. Bahkan, terdapat kecenderungan adanya kesesuaian metodologis terhadap topik penelitian meskipun tidak dimungkiri sebagian pakar khususnya di Indonesia masih terpetak-petak dalam kubu kuantitaif dan kubu kualitatif. Sering kali pakar kuantitatif dalam bidang ilmu-ilmu sosial menjadi fanatik dan bertolak belakang dengan kubu kualitatif yang menganggap pendekatan kualitatif sebagai penelitian yang tidak obyektif, subyektif, tidak representatif, dan tidak reliable. Buku yang terdiri atas delapan bab ini akan mengajak pembaca memahami seluk beluk metodologi penelitian kualitatif dalam ranah pendidikan, sosial, kebudyaan dan keagamaan. Buku ini akan lebih jauh mengulas metode penelitian kualitatif sebagai salah satu tipe penelitian yang tidak kalah populer dan kredibel dengan tipe kuantitatif.

Penelitian dalam bidang sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan memiliki puluhan tawaran metodologis.

Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus

Penelitian kualitatif mencakup penggunaan subjek yang ditelaah dan pengelompokkan berbagai data empiris yang menggambarkan makna keseharian serta problematis dalam kehidupan seseorang. Aspek penting yang perlu dipahami dalam lingkup penelitian kualitatif. Antara lain: karakteristik; tipe; etika dan generalisasi; perbedaan; menggabungkan penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif; metode pengumpulan data; langkah-langkah; analisis dan interpetasi data; validitas, reliabilitas dan objektivitas; menginterpretasikan hasil temuan, dan teknik pemeriksaan keabsahan data. Lima keragaman penelitian kualitatif adalah penelitian naratif, penelitian fenomenlogis, penelitian grounded theory, penelitian etnografis dan penelitian studi kasus. Salah satu metode penelitian dalam ilmu-ilmu sosial yang cocok digunakan jika pertanyaan penelitian yang akan dijawab berkenaan dengan how atau why adalah studi kasus.

Penelitian kualitatif mencakup penggunaan subjek yang ditelaah dan pengelompokkan berbagai data empiris yang menggambarkan makna keseharian serta problematis dalam kehidupan seseorang.

Metodologi penelitian kualitatif

Metodologi penelitian ialah ilmu yang mengupas tentang metode-metode penelitian ilmu tentang alat-alat dalam penelitian. Metodologi penelitian membahas konsep teoretis dari berbagai metode, baik dari segi kelebihan maupun kekurangan, yang dalam karya tulis ilmiah itu nantinya dilanjutkan dengan pemilihan metode yang akan digunakan. Metodologi penelitian dibagi menjadi dua cabang, yaitu metodologi penelitian kuantitatif dan metodologi penelitian kualitatif. Dalam buku ini memfokuskan dalam metodologi penelitian kualitatif, yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) di mana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitaif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Karena metode penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik, dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Metode penelitian kualitatif muncul karena terjadi perubahan paradigma dalam memandang suatu fenomena atau realitas atau gejala. Dalam penggunaan metode penelitian kualitatif, maka perlu untuk memahami tentang metode tersebut.

Metodologi penelitian dibagi menjadi dua cabang, yaitu metodologi penelitian kuantitatif dan metodologi penelitian kualitatif.

Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach

Menurut Nasir (2002 : 61) Metode deskriptif adalah suatu metode dalam penelitian status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat seta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Ciri-ciri deskriptif bukan hanya menggambarkan mengenai situasi atau kejadian, tetapi juga menerangkan hubungan, menguji, hipotesa-hipotesa, membuat prediksi serta mendapatkan arti dan implikasi dari suatu masalah yang ingin dipecahkan. Dalam mengumpulkan data digunakan teknik wawancara, dengan menggunakan beberapa pertanyaan tertulis yang telah disiapkan maupun interview guide. Berdasarkan pendapat Nazir tersebut di atas, maka penulis berpendapat jenis penelitian deskriptif adalah penelitian yang berusaha menggambarkan fenomena yang terjadi secara nyata, realistik, aktual, nyata dan pada saat ini, karena penelitian ini untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.

Buku Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Metodologi Penelitian Kuantitatif Perspektif Sistem

Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian

Anak judul buku ini adalah “Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”, sengaja dipilih mengingat begitu sangat pentingnya kedua hal tersebut. Perancangan proposal penelitian untuk hibah kompetisi menyaratkan hal tersebut jika ingin mendapat pendanaan, baik yang berskala nasional dan lebih-lebih yang berskala internasional. Demikian halnya dengan proposal untuk disertasi, sedangkan untuk proposal tesis dan skripsi diharapkan mahasiswa mampu untuk mencapai hal tersebut. Di sisi lain, luaran hasil penelitian berupa manuskrip atau naskah yang akan diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi. Manuskrip yang berpeluang besar bisa terbit menjadi artikel di jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi sangat dituntut memiliki novelty yang tinggi dan ditulis dari hasil penelitian yang valid. Buku ini mengulas secara sederhana dan mudah dipahami tentang “Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”. Sehingga dapat digunakan sebagai rujukan untuk kegiatan penelitian dan dapat digunakan sebagai pegangan untuk perkuliahan metodologi penelitian, pada jenjang program S1 dan lebih-lebih pada program S2 dan S3 di berbagai bidang keilmuan.

Anak judul buku ini adalah “Mengungkap Novelty dan Memenuhi Validitas Penelitian”, sengaja dipilih mengingat begitu sangat pentingnya kedua hal tersebut.

BUKU AJAR SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM

Buku Ajar Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam ini merupakan impian pribadi penulis dan mahasiswa karena kurangnya referensi yang berkaitan dengan materi ini. Sementara pada sisi lain khazanah intelektual yang berkaitan dengan pemikir pemikir ekonomi ini perlu untuk tetap diketahui dan ditransformasikan dari satu generasi ke generasi lainnya agar mahasiswa mengetahui bahwa dunia Islam pernah memiliki generasi emas pada beberapa abad yang lalu dengan pemikiran ekonominya yang sangat brillian.

Buku Ajar Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam ini merupakan impian pribadi penulis dan mahasiswa karena kurangnya referensi yang berkaitan dengan materi ini.

Metode riset bisnis dan konsumen edisi revisi

Buku ini dapat digunakan sebagai buku teks untuk memberikan pemahaman yang jelas mengenai prinsip-prinsip melakukan riset bisnis dan konsumen. Buku ini juga memberikan panduan praktis bagaimana melakukan tahap-tahap riset bisnis dan konsumen. Buku ini juga memberikan pedoman bagaimana menulis tinjauan kritis sebuah tesis dan disertasi, serta menulis ringkasan dari tesis dan disertasi tersebut.

Buku ini dapat digunakan sebagai buku teks untuk memberikan pemahaman yang jelas mengenai prinsip-prinsip melakukan riset bisnis dan konsumen.

Metode Penelitian Hukum: Normatif dan Empiris

Pada umumnya mahasiswa akhir ini kesulitan dalam menyelesaikan skripsi maupun tesis. Meskipun sebelumnya mereka telah menerima mata kuliah Metode Penulisan dan Penelitian Hukum. Pada matakuliah tersebut sebenarnya diajarkan secara terperinci tentang menyusun skripsi atau tesis. Akan tetapi, jeda materi kuliah dengan penyusunan skripsi dan tesis relatif jauh (biasanya ada yang sampai satu tahun), maka mahasiswa “lupa”terhadap cara penyusunan skripsi atau tesis.Untuk itu, buku ini hadir sebagai salah satu upaya mempermudah mahasiswa dalam menyusun skripsi atau tesis. Buku ini memang dibuat sesederhana mungkin dengan menghindari bahasa-bahasa penelitianyang dipersepsikan sulit. Sehingga buku ini bisa dianggap buku ilmiah populer. Harapan penulis, semoga kehadiran buku Metode Penelitian Hukum: Normatif dan Empiris ini menjadi bahan ajar yang dapat membantu mahasiswa menyelesaikan tugas akhirnya. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMedia

Sehingga buku ini bisa dianggap buku ilmiah populer. Harapan penulis, semoga kehadiran buku Metode Penelitian Hukum: Normatif dan Empiris ini menjadi bahan ajar yang dapat membantu mahasiswa menyelesaikan tugas akhirnya.

Metode pendidikan keluarga

Tujuan umum penulisan buku ini adalah menjelaskan proses metode penelitian pada Ilmu Keluarga. Adapun tujuan khusus penulisan buku adalah (1) menjelaskan proses dan sejarah penelitian Ilmu Keluarga, (2) menjelaskan kaitan judul, tujuan, dan kerangka pemikiran; metode penarikan contoh; proses pengukuran variabel; desain penelitian; manajemen data; serta pengujian validitas dan reliabilitas, (3) menguraikan analisis dan interpretasi data serta penggunaan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dalam studi Keluarga, dan (4) memberi contoh instrumen Bidang Ilmu Keluarga.

Adapun tujuan khusus penulisan buku adalah (1) menjelaskan proses dan sejarah penelitian Ilmu Keluarga, (2) menjelaskan kaitan judul, tujuan, dan kerangka pemikiran; metode penarikan contoh; proses pengukuran variabel; desain penelitian; ...

Metode Penelitian

Menjadi seorang peneliti pastinya harus paham benar bagaimana metode-metode untuk meneliti dan melakukan sebuah penelitian. Seorang peneliti, terutama peneliti pemula seringkali merasa bingung tentang apa yang ia lakukan pada tahap tertentu. Buku ini menawarkan sebuah panduan yang cukup komprehensif, mulai dari awal memulai penelitian hingga praktik teknis penulisan. Buku ini disiapkan untuk membantu para peneliti, baik pemula maupun senior dalam mempermudah perumusan, pengonsepan, perencanaan, hingga penulisan laporan penelitian, tentunya tak hanya menjurus penelitian-penelitian berbasis ilmiah akademik, metode penelitian ini juga disiapkan untuk penelitian-penelitian untuk cakupan ilmu yang lebih luas. Maka, dengan adanya buku ini, penelitian Anda akan lebih baik dan berkualitas.

Buku ini disiapkan untuk membantu para peneliti, baik pemula maupun senior dalam mempermudah perumusan, pengonsepan, perencanaan, hingga penulisan laporan penelitian, tentunya tak hanya menjurus penelitian-penelitian berbasis ilmiah ...