Sebanyak 849 item atau buku ditemukan

Sketsa Pemikiran Politik Islam

Sistem politik saat ini sangat didominasi oleh sistem politik Barat. Konsep nation state seakan menjadi sistem politik mainstream, dominan dan tak tergoyahkan. Padahal sistem ini baru muncul setelah Barat mencapai masa kebangkitan (aukflarung) pada sekitar abad ke-17 Masehi dan established setelah Turki mengalami kekalahan pada Perang Dunia I (1918). Sejarah tidak bisa menutup mata bahwa sebelumnya terdapat sistem politik yang mendominasi dunia selama kurang lebih 13 Abad lamanya (630-1924). Sistem politik tersebut adalah politik Islam. Islam sebagai kekuatan politik telah menjadi penguasa Dunia (super power) terlama dalam sejarah perpolitikan manusia. Di samping itu, Islam juga telah mewariskan pemikiran (filsafat) politik yang tak ternilai harganya. Warisan pemikiran politik Islam kalau disederhanakan bisa dibagi menjadi tiga klasifikasi. Pertama, pemikiran yang menganggap bahwa agama dan negara tidak bisa dipisahkan, Islam adalah akidah, ibadah, muamalah, dan semua aspek kehidupan manusia termasuk di dalamnya masalah politik. Tokoh yang mewakili kelompok ini adalah seperti al- Maududi, Hasan al-Banna dan lain sebagainya. Kedua, pemikiran yang menganggap bahwa agama harus terpisah atau tidak memiliki hubungan dengan politik.

Zusiana Elly Triantini Pendahuluan Islam memiliki peradaban yang diakui dunia
sebagai peradaban yang kuat dan tegar. Terdapat beberapa fakta yang
menjadikan peradaban Islam dianggap sebagai peradaban yang kuat dan tegar.

Pendidikan Islam Tantangan & Peluang di Era Globalisasi

Di buku yang berada di hadapan pembaca ini, Pendidikan Islam Tantangan & Peluang di Era Globalisasi, pada Bab I, penulis menggambarkan latar belakang mengapa penulis menulis buku ini. Bab II, penulis membahas bagaimana sesungguhnya doktrin Islam yang secara global menggambarkan tentang Ekonomi, Politik, Sosial-Budaya dan IPTEK. Pada Bab III, penulis mendeskripsikan tentang Globalisasi dari persfektif Ekonomi, Politik, Sosial-Budaya serta IPTEK yang tengah mengancam atau mempengaruhi berbagai bidang tersebut, di tengah-tengah bangsa Indonesia dan bagaimana sebaiknya tanggapan umat Islam. Pada Bab IV, penulis menggambarkan tentang realitas yang dihadapi oleh umat Islam sebagai bagian terbesar dari bangsa ini yang berkaitan dengan masalah-masalah tersebut. Pada Bab V, penulis memberikan catatan guna membangkitkan kembali bangsa yang tengah terpuruk diberbagai bidang dan menghadapi era globalisasi yang penuh tantangan. Umat Islam diharapkan membenahi pandangan-pandangan hidupnya; membangun etos ekonomi dan membangun pranata ekonomi; mengarahkan konsentrasi membangun masyarakat Islam bukan membentuk negara Islam. Pada Bab VI, penulis membedah institusi pendidikan Islam sebagai wahana yang strategis untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing di dalam era global. Pendidikan Islam dalam menghadapi globalisasi diharapkan dapat memproduksi lulusan dengan pengetahuan agama yang mendalam, pengetahuan umum yang tinggi, menguasai teknologi, memiliki keterampilan atau keahlian dan berjiwa kewirausahaan serta memiliki moralitas yang kokoh dan konsisten; begitu pula pendidikan di masyarakat harus memiliki semangat yang sama. Pada Bab VII penulis mengambil berbagai kesimpulan.

Perkawinan antara teknologi transmisi mutakhir ini dengan komputer telah
melahirkan sebuah era baru, yaitu era informasi. Suatu era dimana manusia bisa
saling berhubungah dari ujung bumi yang satu ke ujung lainnya dalam
kecepatan nano-second. Era dimana pengiriman data lintas batas wilayah,
konferensi jarak jauh, pengiriman melalui faximile dan cetak jarak jauh bukan
lagi suatu khayalan. Era di mana program televisi dari satu Negara dapat
ditonton secara serentak oleh ...

Pengantar Pasar Modal dengan Pendekatan Statistika

Buku dengan Judul ”Pengantar Pasar Modal dengan Pendekatan Statistika” ini merupakan buku yang sangat penting untuk dipelajari dan dipahami oleh semua kalangan profesi, karena buku ini membahas secara komprehensip apa itu pasar modal dan permasalahaannya. Alat yang digunakan untuk analisis Pasar Modal dalam buku ini adalah pendekatan Statistika. Pendekatan dengan menggunakan Statistika dalam Pasar Modal, memang sangat tepat untuk digunakan, tidak hanya pada saat ini, tetapi juga pada saat yang akan datang, karena Statistika merupakan suatu metode yang dapat memprediksi suatu parameter (model) dimana terdapat unsur ketidakpastian dan variasi. Dalam pembahasan tentang Pasar Modal, tentunya sangat terkait dengan aspek ketidakpastian, dan bagaimana menyelesaikan ketidakpastian tersebut dengan baik dan optimal. Untuk tujuan ini, sesorang dituntut mampu memiliki konsep dan pengetahuan yang baik tentang suatu cara melakukan prediksi (forecasting) dalam suatu aktifitas Pasar Modal. Hasil prediksi yang tepat akan sangat berguna dalam upaya melakukan perencanaan yang baik terhadap aktifitas Ekonomi dan Bisnis. Buku ini pada dasarnya memuat 2 (dua) komponen utama yaitu (1). Pengetahuan tentang Pasar Modal dan Pemasalahaannya, serta (2). Bagaimana menyelesaikan persoalan yang ada pada Pasar Modal menggunakan pendekatan Statistika. Kedua komponen ini dibahas secara rinci dan detail dalam 13 (tigabelas) bab. Materi yang dibahas dalam buku ini disajikan dengan cara yang sangat sederhana, untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas agar dapat memahami teori tentang Pasar Modal dan Statistika dengan mudah. Secara khusus uraian detail yang menyangkut tentang Pasar Modal, Instrumen Pasar Modal, Indikator Pasar Modal, Analisis Investasi dan Indeks harga saham diberikan dan disajikan dengan menggunakan bahasa yang sederhana agar para pembaca tertarik mempelajari materi-materi tentang Pasar Modal dan Statistika.

Buku dengan Judul ”Pengantar Pasar Modal dengan Pendekatan Statistika” ini merupakan buku yang sangat penting untuk dipelajari dan dipahami oleh semua kalangan profesi, karena buku ini membahas secara komprehensip apa itu pasar modal ...

Api Tauhid

cahaya keagungan cinta sang mujaddid : novel sejarah pembangunan jiwa

  • ISBN 13 : 9786028997959
  • ISBN 10 : 6028997951
  • Judul : Api Tauhid
  • Sub Judul : cahaya keagungan cinta sang mujaddid : novel sejarah pembangunan jiwa
  • Pengarang : habiburrahman el shirazy,  
  • Penerbit : Republika
  • Klasifikasi : 813
  • Call Number : 813 HAB a
  • Bahasa : Indonesia
  • Penaklikan : xxxvi, 588hlm; 21cm
  • Tahun : 2015
  • Halaman : 573
  • Halaman : 573
  • Google Book : http://books.google.co.id/books?id=ReO6rQEACAAJ&dq=isbn:9786028997959&hl=&source=gbs_api
  • Ketersediaan :
    2020-38901-0011
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-34864-0010
    (PNJ-pustaka02-00189491) Dipinjam sampai 06-11-2025 pada Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-34864-0009
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33796-0008
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33796-0007
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33796-0006
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33796-0005
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33796-0004
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33796-0003
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33796-0002
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33796-0001
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Situs-situs dalam Alquran

Dari banjir Nuh hingga bukit Thursina

  • ISBN 13 : 9789791102773
  • Judul : Situs-situs dalam Alquran
  • Sub Judul : Dari banjir Nuh hingga bukit Thursina
  • Pengarang : Syahruddin El-Fikri,  
  • Penerbit : Republika
  • Klasifikasi : 2x1.1
  • Call Number : 2x1.1 SYA s
  • Bahasa : Indonesia
  • Tahun : 2010
  • Halaman : 300
  • Halaman : 300
  • Ketersediaan :
    2017-33781-0010
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33781-0009
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33781-0008
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33781-0007
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33781-0006
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33781-0005
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33781-0004
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33781-0003
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33781-0002
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2017-33781-0001
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Pendidikan & Pertumbuhan Ekonomi versus Kemiskinan Penduduk

Pendidikan adalah investasi masa depan. Kemanfaatan yang diperoleh sebagai kontraprestasi atas hasil dari sebuah keluaran pendidikan akan dinikmati pada beberapa tahun kemudian. Besaran kemanfaatan yang dinikmati oleh penduduk akan bervariasi, tergantung kepada tingginya level pendidikan yang diperoleh. Makin tinggi pendidikan, makin tinggi kualitas, makin tinggi pula produktivitas, maka pendapatan yang diperolehpun ikut meningkat. Kenyataan menunjukkan bahwa tidak semua output keluaran pendidikan terserap oleh pasar kerja; maka pengangguran masih akan ada sampai kapanpun. Perekonomian (pertumbuhan ekonomi) tidak adak mampu menyerap semua angkatan kerja. Salah satu penyebabnya adalah permintaan dan penawaran tenaga kerja tumbuh tidak seimbang. Jumlah penawaran cenderung lebih besar dari permintaan tenaga kerja, maka pengangguran tidak akan terelakan dalam sebuah perekonomian, dan menimbulkan kemiskinan penduduk.

Pendidikan adalah investasi masa depan.

Pendidikan Gratis Sekolah Menengah Pertama:

Antara Harapan dan Kenyataan

Pro dan kontra tentang program pendidikan gratis telah banyak dibahas di berbagai media dan ranah publik lainnya. Para ahli pendidikan banyak yang berpendapat bahwa program pendidikan gratis merupakan kobohongan publik dan menyesatkan, seolah pendidikan dianggap komoditas. Di sisi lain masyarakat kelas bawah merasa diringankan dalam pembiayaan pendidikan bagi para anak-anaknya dengan tidak perlu pusing untuk membayar SPP atau iuran kepada sekolah, meskipun pembiayaan pendidikan bukan hanya membayar iuran sekolah. Paradoks juga terjadi di dalam peraturan perundangundangan, konstitusi UUD 1945 yang telah mengalami amandemen sebanyak empat kali, di dalamnya memberi amanat yang sangat jelas dan terukur, bahwa negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari APBN dan APBD untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional, sehingga upaya peningkatan mutu dan perluasan kesempatan memperoleh pendidikan sangat terbuka, khususnya pendidikan dasar dan menengah menjadi skala prioritas. Hal tersebut diperkuat pula dengan disahkannya UU tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjamin terelenggaranya wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun tanpa memungut biaya. Peraturan lain menyebutkan bahwa pendanaan pendidikan menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat, yang diantaranya melalui program manajemen berbasis sekolah (MBS). Buku ini sengaja disusun sebagai sumbangsih penulis dalam mengurai pro kontra dan paradoks sumber pembiayaan pendidikan. Dengan tulisan ini, kiranya bisa membantu para pemangku kepentingan khususnya para kepala sekolah yang menerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebagai rintisan program pendidikan gratis dalam rangka wajib belajar sembilan tahun yang bermutu

PENDIDIKAN. SEBAGAI. INVESTASI. A. LANDASAN FILOSOFIS Landasan
filosofis yang mendasari penelitian ini adalah filsafat pragmatisme. Aliran filsafat
pragmatisme dilatar belakangi oleh adanya pemisahan antara teori dan praktek.

Pengantar Industri Pariwisata

Pariwisata telah menjadi industri terbesar dan memperlihatkan pertumbuhan yang konsisten dari tahun ke tahun. World Tourism Organization memperkirakan bahwa pada tahun 2020 akan terjadi peningkatan sebesar 200% terhadap angka kunjungan wisatawan dunia saat ini. Pariwisata modern saat ini juga dipercepat oleh proses globalisasi dunia sehingga menyebabkan terjadinya interkoneksi antar bidang, antar bangsa, dan antar individu yang hidup di dunia ini. Perkembangan teknologi informasi juga mempercepat dinamika globalisasi dunia, termasuk juga didalamnya perkembangan dunia hiburan, rekreasi dan pariwisata.

Pariwisata telah menjadi industri terbesar dan memperlihatkan pertumbuhan yang konsisten dari tahun ke tahun.

Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah

Dalam pengadaan dan menggunakan sarana dan prasarana di sekolah dibutuhkan suatu proses, yaitu mulai dari perencanaan, pengadaan, pengaturan, penggunaan, dan penghapusan. Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan proses perancangan upaya pembelian, penyewaan, peminjaman, penukaran, daur ulang, rekondisi/rehabilitasi, distribusi atau pembuatan peralatan dan pelengkapan yang sesuai dengan kebutuhan. Melalui tulisan ringan ini diharapkan akan tercipta insan-insan yang mampu memanajemen sarana dan prasarana sekolah dengan efektif dan efisien sesuai dengan situasi dan kondisi. Oleh karena itu, perencanaan dalam sarana dan prasarana harus dilakukan dengan sebaik-baiknya agar semua sarana dan prasarana dapat digunakan sebagai penunjang dalam proses belajar mengajar

Proses dilakukan dalam rangka mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan
sebelumnya, yang dalam hal ini meliputi tujuan yang bersifat umum (skala tujuan
umum) dan yang diemban oleh tiap-tiap organisasi pendidikan (skala tujuan ...