Dilihat dari konteks ini, Nurcholis Madjid dan kawan-kawannya telah berhasil
mengajak sebagian besar kalangan Islam untuk meyakini kebenaran nilai-nilai
yang terkandung dalam Pancasila, dan tidak ragu-ragu lagi sebagai muslim
menerima Pancasila. Nurcholis mengkritik sikap-sikap yang formalistik dalam
mendekati ajaran Islam, karena itu dikatakan- nya ummat Islam mengalami
kejumudan, dan kehilangan "psychological striking force". Sebagaimana judul
makalahnya ...
Bacharuddin Jusuf Habibie, Simposium Nasional Cendekiawan Muslim
Indonesia. Perjalanan pers Islam sama jauh dan lamanya dengan perjuangan
anak negeri ini membebaskan dirinya dari predikat: inlanders. Sebelum
Indonesia Merdeka sudah ada pers Islam. Penerbitannya ada yang berasal dari
Indonesia maupun didatangkan dari luar negeri, huruf yang dipergunakan Arab
Melayu dan jikalau itu dicetak dalam huruf latin, bahasanya Melayu tempo
doeloe. Pers Islam ...
dapat tentang apa itu negara Islam, kriteria negara Islam menurut Masyumi dan
pelaksanaan Syari'at di Negara Pancasila. B. PANDANGAN CENDEKIAWAN MUSLIM TERHADAP PANCASILA 60 Pendapat Endang Saifuddin Anshari, dan
Notbnegoro mengenai Pancasila. Mengapa Notonegoro ... dari pada semua
pendapat ini? C. ARGUMENTASI CENDEKIAWAN MUSLIM TIDAK
MENYETUJUI P4 66 Alasan A. M. Fatwa, Tonny Ardie, dan Abdul Qadir Djaelani
tidak menyetujui P4.
PENDAHULUAN Masyarakat kita bersifat majemuk, juga dalam segi agama.
Sebagian besar memeluk agama Islam, sementara sebagian kecil memeluk agama-agama lain. Di antara mereka yang memeluk agama lain itu, tiga persen
dari rakyat kita memeluk agama kristen katolik. Sebagian dari mereka memang
hidup berdekatan dengan saudara-saudara seiman, terutama di pulau Flores
dan Timor Timur. Akan tetapi ada pula yang hidup berbaur dengan saudara-
saudara ...
Jika masing-masing sektor amal usaha itu memiliki strategi dasar dan
operasionalnya yang demikian, apalagi jika satu dengan yang lainnya
mengalami ketimpangan maka dapat dikatakan telah terjadi kesalahan dalam rekayasa sosial dalam pengelolaan amal usaha ... Urgensi dari pendekatan
filosofis tersebut dikaitkan pada Muhammadiyah dalam kedudukannya sebagai
gerakan Islam, Gerakan Tajdid, dan gerakan Da'wah Amar Ma'ruf Nahi Munkar
secara sebenar-benarnya.
Christ in Islam and Christianity is an analysis of the different Christian approaches to Jesus in the Qur'an and in the classical Muslim commentaries. The author presents controversial suggestions about the relevance of the Qur'anic representation of Jesus and Mary to Muhammad and his menage. Included are extensive translations of extracts from classical Muslim commentaries including Sunni, Mu'tazilite, Shia, and Sufi. Much of the Muslim material which the author translates has not previously been translated into English.
In the next stage 'there was a growing interest in historical accounts' and the use
of 'gospel materials and hagiography'. In time there developed a preference for '
punishment substitutionism' which envisaged the crucifixion of the betrayer or of
the person sent to arrest Jesus. Finally by the sixth/ twelfth century there was an
attempt 'to interpret the entire passage in one complete story'. Ayoub seems to be
right about the final stage. He is also correct when he points to the development
of ...