Sebanyak 96 item atau buku ditemukan

Masa Depan Hukum Bisnis Islam di Indonesia ; Telaah Kritis Berdasarkan Metode Ijtihad Yusuf Al-Qaradawi

Yûsuf Al-Qaraḏâwi adalah sosok ulama yang sangat unik. Ia terlahir sebagai seorang Ikhwân al-Muslimîn, namun belakangan pemikirannya jauh ke depan sehingga sering kali dianggap sebagai salah satu penyokong pemikiran liberal Islam. Buku ini menelaah pemikiran Yûsuf Al-Qaraḏâwi dalam bidang ushul fiqh, khususnya mengenai metode ijtihadnya yang direlevansikan dengan pengembangan hukum bisnis Islam di Indonesia.

Yûsuf Al-Qaraḏâwi adalah sosok ulama yang sangat unik.

DUNIA MISTIK ORANG JAWA

Mistik, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah hal- hal gaib yang tidak terjangkau oleh akal manusia, tetapi ada dan nyata. Para antropolog atau sosiolog mengartikan mistik sebagai subsistem yang ada pada hampir semua sistem religi untuk memenuhi hasrat manusia mengalami dan merasakan bersatu dengan Tuhan. Mistik merupakan keyakinan yang hidup dalam alam pikiran kolektif masyarakat. Alam pikiran kolektif akan abadi, meskipun masyarakat telah berganti generasi (kecuali kalau masyarakat tersebut lenyap). Demikian pula dengan dunia mistik orang Jawa. Keyakinan ini telah hidup bersamaan dengan lahirnya masyarakat Jawa, diturunkan dari generasi ke generasi hingga kini. Dunia mistik orang Jawa yang dituliskan dalam buku ini hidup dalam alam pikiran orang Jawa pada sekitar tahun 1920-an yang direkam oleh Van Hien, seorang ahli Javanologi Belanda. Meskipun kehidupan alam pikiran orang Jawa kini telah berubah, perubahan tersebut tidak signifikan. Berbagai keyakinan terhadap hantu, tempat keramat, azimat, dan santet masih terus mengisi alam pikiran orang Jawa hingga kini.

Terlepas bahwa kata pluralisme dimunculkan pertama kali oleh Barat, sejatinya
nilai-nilai itu memiliki akar yang cukup kuat dalam ajaran Islam. Sebagaimana
disebut di atas, ayat-ayat dalam al-Quran dan Sunnah Rasul mengajarkan
dengan ...

Arkeologi Sejarah-Pemikiran Arab-Islam Vol. 4

Wacana keislaman hingga saat ini boleh dikatakan masih berkutat pada persoalan bagaimana Islam harus dipandang setelah agama tersebut berjalan lebih dari lima belas abad lamanya semenjak ia dilahirkan, dan sekarang ia sedang dihadapkan pada prestasi “pihak lain” dengan berbagai ke- ajaiban modernitasnya. Pandangan terhadap hal tersebut sangatlah penting, terutama di era belakangan ini. Sebagai sebuah komunitas, umat Islam memiliki keyakinan bahwa mereka adalah umat terbaik (khair al-ummah). Akan tetapi, pada saat yang sama mereka sedang berada dalam posisi “tidak ber- daya” menghadapi apa saja yang diluncurkan dari pihak lain yang oleh sebagian besar di antara mereka dianggap sebagai “musuh” yang tidak boleh didekati, dah bahkan justru harus diperangi dan dimusnahkan.

... dari bagaimana masing-masing kelompok tersebut memosisikan, menafsirkan,
memahami, dan mendudukkan teks dasar keagamaan Islam (Al-Qur'an dan as-
Sunnah) serta tradisi keagamaan Islam dalam kehidupan modern sekarang ini.

Butir-butir hikmah sufi

Ketika datang waktu shalat, Syaikh Abdul Aziz bermaksud mengambil air wudhu,
maka dia lepaskan jubahnya yang hitam lalu dicantelkan pada satu gantungan
pakaian. Pada saat dia mengambil air wudhu, seorang pejabat bermaksud
mencandainya, lalu jubah itu digambarinya dengan kepala keledai dengan
kapur tulis. Setelah Syaikh selesai mengambil air wudhu dan melihat gambar itu,
dia menoleh kepada para hadirin dan bertanya: "Siapa yang telah menempelkan
mukanya ...

Percik pemikiran para kiai

Thoughts of Indonesian Muslim scholars on Islam and its practices.

Nabi Muhammad adalah nabi dan rasul yang diangkat oleh Allah dan mendapat
wahyu dari-Nya. Umat Islam tinggal mengikutinya. Sekarang, setelah ia wafat,
apakah umat tidak perlu dipimpin? Tentu saja harus dipimpin. Nabi Muhammad,
dalam riwayat al-Bukhari dan Muslim, pernah mengatakan, "Bani Israil itu dahulu
dipimpin oleh nabi-nabi. Setiap seorang nabi meninggal, diganti oleh nabi yang
lain. Akan tetapi, sesudah saya, tidak akan ada lagi nabi, dan yang ada
sesudahku ...

Historiografi haji Indonesia

Historiography of pilgrimage to Mecca by Indonesian Muslims.

Dalam historiografi Islam Nusantara, setiap tahap dalam proses itu dianggap
sebagai masuknya agama Islam ke Nusantara. Selain itu, kedarangan Islam ke
Nusantara — lebih tepatnya ke salah satu daerahnya — juga dianggap oleh
beberapa penulis Islam, sebagai masuknya Islam ke Indonesia. Pendapat ini
dipelopori oleh HAMKA dan diperkuat oleh seminar tentang masuknya Islam ke
Indonesia pada tahun 1963 di Medan. Tahap penerimaan Islam dipahami oleh
penulis ...

Kiai Husein membela perempuan

Boleh jadi gerakan perempuan di negara- negara Islam merupakan pengaruh
dari gerakan perempuan (feminisme) di dunia Barat, meskipun hal ini sama
sekali bukan mengabaikan adanya dinamika internal perempuan muslim sendiri.
Secara konseptual, ide kesetaraan laki-laki dan perempuan telah ada dalam
sistem etika Islam. Bahkan praksis gerakan perempuan juga telah muncul pada
masa awal Islam. Pada masa awal Islam perempuan dapat melakukan
aktivitasnya Tahrirul ...

Ibn Thufail

... itu hidup, tumbuh, dan dibesarkan.1 Pada abad pertengahan, Islam pernah
mencapai kejayaan di dunia Barat, yakni ketika kekuasaan Islam berpusat di
Cordova, Spanyol. Cordova merupakan pusat peradaban yang telah melahirkan
tokoh-tokoh besar Islam, seperti Ibn Lihat, Nashr Hamid Abu Zaid, Mafhum an-
Nashsh: Dirasat fi 'UICim Al- Our'an, (Beirut: al-Markaz ats-Tsaqafi al-'Arabi, 1996
), hlm. 9. Rusyd, Ibn Bajjah, Ibn Masarrah, Ibn 'Arabi, Ibn Hazm, asy-Syathibi, 21
Babll ...

Teologi buruh

Labor issue in Indonesia from Islamic religious aspects.

Pendidikan dasar dan menengahnya ditempuh di Madrasah Qudsiyyah Kudus.
Setelah menamatkan pendidikan Aliyah di MA Qudsiyyah, dia melanjutkan studi
ke Fak. Syari'ah, Institut Agama Islam Ibrahimy Situbondo, Jawa Timur, dan
kemudian dia juga masuk pada program Pascasarjana (S2) Ma'had Aly lil Ulum
Islamiyyah di Situbondo dengan konsentrasi Ushul Fiqh. Setelah itu, Abdul Jalil
mengambil Program Pascasarjana (S2) di IAIN Sunan Ampel Surabaya,
konsentrasi ...

Ideologi politik PKS

dari masjid kampus ke gedung parlemen

Political platforms and ideology of Partai Keadilan Sejahtera, an Islamic political party in Indonesia.

B. Pengkaderan Berbasis Tarbiyah Sebagaimana disampaikan pada bab
terdahulu bahwa sistem pengkaderan Tarbiyah PKS merupakan adopsi dan
pengembangan dari model pengkaderan Tarbiyah Ikhwanul Muslimin. Pola
Tarbiyah PKS bisa dikatakan mengadopsi prinsip-prinsip dasar dan struktur
umum Tarbiyah Ikhwanul Muslimin. Hal ini meliputi landasan filosofis, ideologis,
dan mabdd (prinsip) keagamaan, tujuan dan target pendidikan, manhaj (metode)
dan pentahapan, ...