Sebanyak 78902 item atau buku ditemukan

Jadi Guru yang Jago Penelitian Tindakan Kelas

  • ISBN 13 : 9789792920628
  • Judul : Jadi Guru yang Jago Penelitian Tindakan Kelas
  • Pengarang : Medi Yanto, S. Sos,  
  • Penerbit : Andi
  • Klasifikasi : 001.4
  • Call Number : 001.4 MED j
  • Bahasa : Indonesia
  • Edisi : Pertama
  • Tahun : 2013
  • Halaman : 0
  • Ketersediaan :
    2018-37017-0011
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2016-33461-0010
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2016-33461-0009
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2016-33461-0008
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2016-33461-0007
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2016-33461-0006
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2016-33461-0005
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2016-33461-0004
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2016-33461-0003
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2016-33461-0002
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
    2016-33461-0001
    Tersedia di Pustaka Kubang Putih - UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Buku dan perpustakaan meningkatkan kualitas manusia

Kepala Desa/Kelurahan sebagai penanggung-jawab Perpusta- kaanDesa/
Kelurahan wajib selalu berkonsultasi dengan Camat sebagai Pembina Umum
Perpustakaan Desa/Kelurahan, Instansi-instansi Teknis, Dinas-dinas dan
Lembaga-lembaga Non Departemen; 3. Dalam memajukan dan mengelola
Perpustakaan Desa/Kelurahan harus selalu mengadakan koordinasi dengan
Pengurus Perpustakaan Desa/Kelurahan; 4. Hubungan koordinasi dalam arti
saling menunjang, ...

Memanusiakan manusia

menata jiwa membangun bangsa

Biography of Kusumanto Setyonegoro, a psychiatrist who developed the psychiatry and mental health services in Indonesia.

Indonesia adalah satu negara kepulauan yang kaya dengan beragam suku
bangsa dan kebudayaan. Hal ini sangat disadari oleh Kusumanto sehingga
pendekatan yang selalu diajarkan kepada anak didiknya adalah kesehatan jiwa
holistik, ...

Manusia

teka-teki yang mencari solusi : hommage untuk Prof. Dr. M. Sastrapratedja

Comprehensive thought on philosophy about man; festschrift in honor of Michael Sastrapratedja who dedicates his life in education and philosophy in Indonesia.

Wewenang pengelolaan sumberdaya air di negeri ini telah terlanjur dikapling-
kapling menurut masing-masing lembaga yang menanganinya. Air permukaan
merupakan obyek pengelolaan Departemen Pekerjaan Umum, air tanah berada
di ...

Budaya dan manusia Indonesia

Three articles on Indonesian cultural systems and the development f Indonesian national culture and personality.

27/A/Krb/ll/1970/GBl/1970 serta Penjelasannya mengenai Pasal 7 dan 9
Keputusan Bersama tersebut -d- lnstruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
R l No. 8/M/1972 tanggal 5 Agustus 1972 tentang Pengamanan Benda-benda ...

Citra manusia budaya timur dan barat

Comparative study of eastern and western civilization.

Manusia adalah makhluk berbudaya Kebudayaan itu berpautan dengan pribadi
manusia. Melalui kebudayaan, manusia dapat menghumanisasikan dirinya
sendiri. Manusia dari kodratnya adalah makhluk berbudaya. Dalam berbagai
bidang ...

Hakikat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa bagi kehidupan sesama manusia

Aliran Kebatinan "Perjalanan", 1980, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,
Direktorat Jendral Kebudayaan, Proyek Inventarisasi Kepercayaan Terhadap
Tuhan Yang Maha Esa, Jakarta. 2. Arymurthy, S.E., 1983, "Mengenal hati nurani"
 ...

Dialog manusia, falsafah, budaya dan pembangunan

rangka memelihara pertumbuhan negara kebangsaannya dan mengembangkan
kebudayaan bangsa. Sekolah sebagai lembaga pendidikan generasi muda
bangsa telah mantab dalam berbagai masyarakat bangsa- bangsa pada abad
dua ...

Dimensi-Dimensi Manusia

Buku yang berada di tangan pembaca ini merupakan lanjutan dari pembahasan pada buku pertama yang berjudul Kenali Dirimu: Upaya Memahami Manusia dalam al-Qur’an, yang diterbitkan oleh Deepublish Yogyakarta. Pada buku yang pertama, penulis membahas manusia dalam berbagai perspektif, konsep manusia dalam Alquran, dan peranan hidup manusia baik dalam konteks ibadah maupun khalifah. Ketika buku selesai diterbitkan, dalam benak penulis terasa masih ada kekurangan untuk membedah komponen, struktur, dan dimensi-dimensi manusia. Oleh karena itu, buku ini akan membahas tentang berbagai komponen yang ada dalam diri manusia, walaupun masih dalam uraian yang sederhana. Buku ini memuat 9 bagian. Bagian pertama menguraikan tentang hakikat manusia. Dalam bagian ini, dibahas tentang berbagai terma mengenai manusia dan berbagai aliran yang membahas manusia. Bagian kedua membahas tentang manusia dalam pandangan Alquran, baik dalam konteks pemerian terma insan, nas, basyar, dan dzuriyah Adam, juga membahas tentang karakteristiknya. Bagian ketiga membahas tentang komponen jasad vii manusia dan upaya pemeliharaannya. Bagian keempat menguraikan hakikat ruh manusia dan pendidikan ruh. Bagian kelima menguraikan nafs (jiwa) manusia, nafs menurut Alquran, nafs dalam pandangan para ahli, dan jiwa yang tenang. Hati (qalb) diuraikan pada bagian keenam. Makna kalbu, kalbu sebagai piranti mengenal Tuhan, dan membersihkan hati menjadi poin penting pada bagian keenam ini. Selanjutnya, salah satu yang membedakan manusia dengan yang lainnya adalah fitrah. Fitrah merupakan potensi bawaan atau sifat tertentu yang mana setiap yang maujud disifati dengannya pada awal masa penciptaannya, atau sifat pembawaan manusia (yang ada sejak lahir), atau agama. Pemahaman tentang fitrah diungkap pada bagian ketujuh. Apakah akal itu sama dengan otak, atau berbeda? Pembahasan ini cukup menarik untuk dikemukakan. Pada bagian kedelapan pada buku ini, akan dipaparkan tentang otak manusia, makna akal, paparan Alquran tentang akal, fungsi akal, dan pendidikan akal perspektif Islam. Islam dengan syariat yang diturunkan oleh Allah bertujuan untuk membentuk dan mewujudkan pembangunan masyarakat yang memiliki akhlak yang mulia. Secara ideal pelaksanaan pembangunan di suatu daerah, baik infrastruktur maupun masyarakat tidak akan berhasil optimal, jika tidak diimbangi oleh tabiat, karakter, dan akhlak subjek yang melaksanakan pembangunan yang mengacu pada prinsip etika dan akhlak yang mulia. Akhlak merupakan bagian dari keseluruhan sistem syariat Islam. Dalam banyak hal, akhlak selalu menjadi tolak ukur yang bisa mengukur keberagaman seseorang. Sabda Rasulullah saw.: ‚Sebaik-baiknya iman seseorang adalah yang paling bagus akhlaknya‛. Bahkan, misi utama dan pertama yang diemban Rasulullah saw. diutus oleh Allah ke muka bumi ini adalah dalam viii rangka menyempurnakan akhlak umat manusia. Komponen akhlak dalam kehidupan manusia dipaparkan pada bagian kesembilan dengan poin pembahasan yang meliputi: pentingnya pendidikan akhlak, tujuan dan proses pendidikan akhlak, pandangan ulama tentang pendidikan akhlak, fungsi akal dan kalbu dalam pendidikan akhlak, dan cara mengubah akhlak menjadi baik. Buku ini diharapkan dapat melengkapi beberapa buku yang pernah membahas tema manusia. Oleh karenanya, posisinya penting dalam kerangka bangunan pemahaman manusia dalam perspektif Islam. Semoga coretan buku ini memberikan ‚air segar‛ bagi para pembaca yang fokus pada kajian kemanusiaan dalam perspektif Islam, baik mahasiswa, dosen, juga personal lainnya, terutama untuk kajian filsafat manusia, metodologi studi Islam, teologi pendidikan, dan filsafat dalam perspektif Islam. Penulis mengucapkan terima kasih kepada setiap orang yang mendukung penulisan buku ini, khususnya untuk istriku, Irma Mardiyah M.Ag, kedua orangtua, dan semua guru penulis yang jasanya tiada tara, juga personal lain yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Anakku, Maulida Farah Diba, kupersembahkan pula buku ini untukmu, semoga engkau dapat mengarungi kehidupan ini dengan pancaran hidayah-Nya.

Menimbulkan inovasi baru; mengantarkan murid untuk kreatif.348 Bagian
Kesembilan Akhlak A. Pentingnya Pendidikan Akhlak Kata akhlaq dalam Bahasa
Arab. 348 Abd al-Shaid al-Zintany, Usus al-Tarbiyah fi al-Sunnah al-Nabawiyyah,
 ...

Budaya, masyarakat, dan manusia Indonesia

himpunan "catatan kebudayaan" Mochtar Lubis dalam majalah Horison

Cultural aspects of the Indonesian society; collected articles, previously published in the magazine Horizon.

Jejaknya mudah diikuti, karena tanah di hutan lembab sekali. Mata mereka yang
pandai membaca jejak dapat melihat, bahwa harimau itu amat besar sekali.
Jarak dari jejak kaki belakangnya ke kaki depannya lebih dari enam langkah, ...